Panduan Lengkap Cara Merawat PC supaya Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

cara-merawat-pc-small
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan kami berikan panduan mengenai cara merawat PC atau komputer desktop secara mendalam sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Supaya perangkat PC atau komputer yang anda gunakan selalu awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak, tentunya anda perlu untuk melakukan melakukan perawatan PC yang baik, tepat, dan benar, guna terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan tentunya supaya umur komputer bisa tetap tahan lama.

Untuk itu, anda perlu untuk mengerti, memahami, dan mengetahui bagaimana cara melakukan pemeliharaan komputer yang tepat, karena banyaknya komponen perangkat yang sensitif dan mudah rusak apabila perawatan dilakukan secara asal atau sembarang.

Karenanya kali ini Computory akan memberikan panduan lengkap mengenai bagaimana prosedur perawatan komputer yang baik dan benar untuk masing-masing komponen, sehingga diharapkan akan membuat anda menjadi semakin paham mengenai cara melakukannya.

1. Tips Merawat Monitor Komputer

fungsi-monitor

Untuk merawat monitor komputer, ada beberapa tips yang bisa anda coba guna menjaga keawetannya, antara lain adalah sebagai berikut:

1.1. Menggunakan stavo (Stabilizer Volt)

Karena monitor termasuk perangkat elektronik yang sensitif, sebaiknya tidak langsung mencolokkan moniitor ke stop kontak, tapi gunakan alat seperti stavo supaya terhindar dari arus pendek yang berbahaya. Ini juga berlaku untuk semua perangkat elektronik, termasuk perangkat komputer (PC).

1.2. Jangan terlalu sering mematikan

Walaupun beberapa mengira mematikan monitor dengan mencabut colokannya bisa menghemat listrik, tapi kalau terlalu sering justru akan menjadikan monitor menjadi tidak awet. Sebaiknya biarkan monitor tetap tercolok dengan listrik dan gunakan mode standby.

1.3. Pastikan monitor terpasang dengan benar

Kabel yang bengkok atau tidak tercolok dengan sempurna, entah di bagian monitor atau di bagian komputer bisa dapat menyebabkan korosi dan kerusakan, jadi anda perlu pastikan kerapihan kabel, tidak melilit, dan sudah tercolok dengan baik.

1.4. Jangan menaruh minuman di dekat monitor

Untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, sangat disarankan untuk tidak menaruh minuman ataupun cairan apapun di dekat monitor, karena apabila sampai terjatuh dan terkena layar maka akan sangat mungkin menimbulkan kerusakan.

Ini berlaku juga pada saat membersihkan layar monitor, jangan pernah sekalipun menyemprotkan cairan langsung ke arah layar, melainkan semprotkan cairan tersebut ke kain yang lembut terlebih dahulu sebelum kemudian mengelapnya ke layar.

BACA JUGA  Apa fungsi Mouse pada Komputer dan Laptop ?

Akan lebih baik apabila menggunakan cairan khusus untuk membersihkan layar monitor dan menggunakan kain lap yang bahannya seperti kain pembersih kacamata.

2. Tips Merawat Keyboard dan Mouse

fungsi-keyboard

Keyboard dan Mouse merupakan perangkat komputer yang sangat rentan terkena debu dan kotoran, yang apabila dibiarkan maka akan dapat menyebabkan kerusakan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda coba untuk merawat kedua perangkat tersebut:

2.1. Bersihkan dengan rutin

Salah satu cara yang paling baik adalah dengan rutin membersihkan keduanya, terutama dari debu yang umumnya akan berkumpul pada sela-sela keyboard atau pada bagian bawah mouse.

Untuk membersihkan sela-sela keyboard anda bisa membeli tabung kompresor udara yang khusus untuk membersihkan debu, sementara untuk membersihkan mouse dan permukaan keyboard anda bisa gunakan kain lap bersih yang sudah dibaluri dengan cairan alkohol.

2.2. Bersihkan dengan posisi terbalik

Khususnya untuk keyboard, sebelum menggunakan kompresor angin atau menggunakan kain lap, coba lepas semua colokan keyboard dan angkat kemudian balikkan keyboard tersebut, lalu goyang perlahan hingga semua debu yang bertumpuk jatuh.

3. Tips Merawat CPU / Processor

fungsi-core-cpu

CPU atau Processor merupakan komponen terpenting pada PC/Komputer, yang meskipun tertanam pada motherboard kita juga perlu menjaga dan melakukan langkah-langkah supaya komponen yang satu ini tidak mudah rusak. Beberapa tips merawat CPU atau processor adalah sebagai berikut:

3.1. Jangan matikan komputer menggunakan tombol

Hindari mematikan komputer Anda menggunakan tombol power dan biasakan menggunakan fitur shut down yang ada pada sistem operasi yang anda gunakan.

3.2. Monitor suhu CPU

Anda juga sebaiknya selalu memantau atau memonitor suhu CPU menggunakan software seperti CoreTemp dan sejenisnya, untuk mengetahui apakah CPU mengalami overheat atau tidak.

3.2. Rutin mengganti Thermal Paste

Setiap CPU yang dipasang akan selalu dilapisi dengan Thermal Paste alias pasta termal sebelum ditimpa dengan pendingin. Sebaiknya anda melapisi ulang CPU dengan pasta yang baru setiap 1-3 tahun sekali supaya CPU tetap awet.

Catatan, jangan main timpa CPU dengan thermal paste yang baru, tetapi sebaiknya permukaan CPU harus anda bersihkan terlebih dahulu hingga tidak ada lagi sisa-sisa pasta yang lama. Bersihkan permukaan dengan cotton bud ataupun kain halus yang sudah dicampur dengan alkohol.

3.3. Bersihkan debu pada kipas pendingin

Kipas pendingin CPU akan sangat rentan mengumpulkan debu, terutama apabila anda tidak menggunakan casing komputer yang ventilasinya baik, sehingga sangat perlu untuk membersihkan kipas tersebut secara rutin.

Hal ini berlaku juga untuk kipas lainnya yang ada di bagian dalam casing ya.

3.4. Hindari melakukan Overclock

Overclock merupakan suatu prosedur untuk meningkatkan kemampuan CPU lebih dari bawaan pabriknya, yang konsekuensinya juga akan meningkatkan suhu CPU karena digunakan lebih berat dari semestinya. Karenanya sebaiknya hindari melakukan Overclock (OC) ini kecuali kalau Anda sudah memiliki kipas pendingin yang baik dan juga CPU anda memang dikhususkan atau memiliki fitur yang memungkinkan OC.

BACA JUGA  Apa fungsi Monitor Komputer

3.5. Gunakan Power Supply (PSU) yang berkualitas

Tips ini tidak hanya berlaku untuk CPU saja tetapi kepada semua komponen yang ada di dalam komputer, karena menggunakan sembarang Power Supply akan bisa membahayakan kestabilan arus listrik ke masing-masing komponen yang akan dapat mengakibatkan kerusakan atau berkurangnya masa pakai.

4. Tips Merawat Hard Disk

fungsi-hard-disk

Hard disk merupakan media penyimpanan data yang tentunya sangat krusial bagi komputer/PC anda, dan karenanya anda perlu mengetahui bagaimana cara melakukan perawatan yang baik sehingga akan meminimalisir kerusakan. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba:

4.1. Rutin melakukan defragmentasi

Hard disk bekerja keras untuk memungkinkan komputer menjalankan fungsinya, dan karenanya Hard disk merupakan komponen yang bekerja paling sering dan berat.

Defragmentasi merupakan suatu proses untuk membuang file-file yang tidak dibutuhkan dan memastikan ruang Hard disk digunakan dengan optimal, sehingga menjadikan proses ini penting untuk menjaga hard disk supaya tetap dalam kondisi yang baik. Disarankan untuk melakukan defragmentasi ini setiap minggu.

4.2. Rutin membersihkan Hard disk

Membersihkan fisik hard disk juga sangat perlu dilakukan secara rutin, terutama kalau casing PC anda rentan terhadap penumpukan debu. Bersihkan permukaannya dengan menggunakan lap bersih dan hindari menyentuh bagian cakram magnetisnya (untuk hard disk non-SSD).

4.3. Gunakan PSU yang baik dilengkapi dengan Stavo dan UPS

Seperti telah dijelaskan pada bagian CPU, memilih Power Supply yang berkualitas akan dapat menjaga komponen supaya tidak mudah rusak, begitu juga dengan menggunakan Stavo. Untuk hard disk, akan lebih aman lagi apabila anda juga menggunakan UPS supaya PC tidak langsung mati apabila terjadi arus pendek ataupun pemadaman, sehingga anda akan memiliki waktu untuk mematikannya dengan cara normal.

5. Tips Merawat RAM

fungsi-ram-pada-komputer

Memory atau RAM juga merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga performa PC/Komputer anda, sehingga sangat perlu untuk dijaga kebersihannya.

Untuk membersihkan RAM, anda perlu untuk mematikan dan memutus semua arus listrik terlebih dahulu, kemudian lepaskan pin penahan dan cabut RAM secara perlahan dari slot nya. Usapkan permukan RAM menggunakan kain lap lembut dan cotton bud tanpa dibaluri cairan apapun.

Anda juga perlu secara rutin untuk membersihkan slot RAM dengan menggunakan cotton bud sehingga tidak ada debu yang bertumpuk dan mengakibatkan kerusakan pada RAM. Debu yang menumpuk pada slot akan menyebabkan RAM tidak terbaca atau bahkan RAM kadang terbaca dan kadang tidak, yang akan meningkatkan risiko kerusakan.

Semoga panduan yang kami berikan mengenai cara merawat PC ini bisa dapat membantu anda untuk semakin memahami dan dapat mencobanya sendiri pada perangkat komputer yang ada di rumah anda.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan