Cara Memasang Processor pada Motherboard

cara-memasang-cpu
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Memasang Processor pada Motherboard secara lengkap sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Cara Memasang Processor pada Motherboard

Cara memasang Processor atau CPU pada Motherboard bukanlah hal yang sulit, tetapi tetap diperlukan kehati-hatian terutama pada bagian gerigi pin yang ada di bawah processor tersebut dikarenakan rentan patah dan menimbulkan kerusakan.

Sekedar mengingatkan kembali, fungsi CPU adalah sebagai otak dan jantung dari komputer anda, yang mana akan menerima input data, menjalankan instruksi, dan memproses informasi. Processor akan berkomunikasi dengan perangkat input / output (I / O), yang mengirim dan menerima data ke dan dari processor.

Langkah-langkah memasang processor adalah sebagai berikut:

1. Buka kunci processor pada Motherboard

Pertama-tama, anda perlu membuka kunci processor yang ada pada motherboard, yang berfungsi sebagai pengunci processor supaya tidak mudah lepas, goyang, ataupun jatuh.

Bentuknya akan berbeda pada Motherboard untuk processor AMD dengan Motherboard untuk processor Intel, yang kurang lebih akan kami tunjukkan pada gambar berikut:

pelindung-cpu-intel
Kunci CPU untuk Intel
pelindung-cpu-amd
Kunci CPU untuk AMD

Catatan: Gambar di atas akan berbeda tergantung pada jenis dan generasi processor serta motherboard yang anda gunakan.

Oh ya, perhatikan juga pada saat membeli Motherboard, apakah socket yang tersedia sudah sesuai dengan processor yang anda punya atau akan anda beli.

Umumnya yang digunakan untuk AMD saat ini (pada saat artikel ditulis) adalah socket AM3+, AM4 ataupun socket FM2, sementara pada intel lebih variatif antara socket LGA 1150, LGA 1151, atau bahkan seri lama seperti LGA 2011, LGA 1155 atau bahkan LGA 775 yang jauh lebih uzur lagi.

Biasanya keterangan socket ini akan ada pada dus pembelian atau anda bisa tanyakan kepada penjualnya, atau meminta toko komputer untuk menyediakan yang sesuai.

Untuk membuka kunci, pada pelindung yang tertutup semacam intel anda bisa melepas kunci yang mengait ke rumah processor pada Motherboard, sementara untuk model kunci CPU AMD seperti gambar di atas, anda bisa menekan batangan besi ke bawah, lalu menggesernya ke kanan untuk membukanya.

2. Masukkan processor ke dalam Tray

memasang-cpu-ke-motherboard
perhatikan anak panah yang ada pada bagian kiri bawah CPU

Untuk memasang processor pada socket tersebut, anda memerlukan kehati-hatian supaya gerigi pin pada processor tidak rusak.

Biasanya pada setiap processor akan ada semacam tanda panah di bagian kiri bawahnya seperti pada gambar di atas, yang mana posisi processor nantinya akan persis seperti itu pada motherboard AMD.

Sementara pada motherboard intel atau yang sejenisnya yang memiliki pelindung, bagian atas processor nantinya akan persis berada pada area di mana engsel pelindung berada seperti pada gambar cover atau gambar berikut:

cara-memasang-cpu

Cara memasangnya adalah dengan memegang processor pada posisi yang benar sebelum diletakkan, kemudian tempatkan dengan hati-hati pada socket processor yang ada di Motherboard.

Apabila benar, nantinya processor akan menempel dengan nyaman pada socket, tetapi apabila tidak benar, jangan dipaksakan, melainkan angkat kembali processor dan perbaiki posisinya, kemudian letakkan kembali dengan hati-hati.

3. Kunci Kembali Kunci Socket processor

Selanjutnya anda bisa mengunci kembali socket processor tersebut seperti pada saat anda membukanya dan pastikan kunci processor terkunci dengan benar dan rapat sehingga processor tidak goyang dan bergeser.

4. Oleskan Thermal Paste

Selanjutnya anda bisa mengoleskan sedikit saja Thermal Paste pada permukaan processor, tetapi jangan terlalu banyak melainkan hanya segumpal kecil saja.

mengoleskan-thermal-paste-pada-cpu

Bahkan pada gambar di atas, Thermal Paste yang dioleskan masih terlalu banyak, jadi anda bisa bayangkan sendiri berapa kira-kira tepatnya Thermal Paste yang harus anda oleskan ke permukaan processor tersebut.

Fungsi Thermal Paste pada Processor sendiri adalah untuk membantu mengisi celah mikroskopis, terutama pada heat sink, yang memerangkap udara di dalamnya, sehingga meningkatkan konduksi panas, alias menjaga suhu processor tetap dingin.

5. Pasang Kipas Processor

Selanjutnya anda bisa menempatkan kipas processor bawaan ataupun custom ke atas processor, kemudian kunci kipas processor tersebut pada socket atau slot yang tersedia di sekitar area socket processor yang ada di Motherboard.

fungsi-kipas-cpu

6. Colokkan Kabel Kipas Processor

Terakhir, colokkan kabel kipas processor pada colokan yang berada di sekitar area socket processor berada pada Motherboard, yang bentuknya kurang lebih seperti ini:

cara-pasang-kabel-kipas-cpu

Selesai, anda telah berhasil memasang processor pada Motherboard, selamat mencoba dan pastikan hati-hati saat menempatkan processor pada socket ya.

Semoga penjelasan kami mengenai Cara Memasang Processor pada Motherboard akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami bahas pada artikel kali ini.

Artikel ini merupakan kanonikal dari artikel Cara Memasang CPU

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan