Apa Fungsi Thermal Paste pada Processor ?

fungsi-thermal-paste
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini Computory akan menjelaskan mengenai Apa Fungsi Thermal Paste pada Processor ? secara lengkap sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Fungsi Thermal Paste

Thermal Paste adalah perekat konduktif panas sangat tinggi yang digunakan dalam peralatan elektronik berkinerja tinggi guna meningkatkan konduksi atas panas.

Thermal Paste ini membantu mengisi celah mikroskopis, terutama pada heat sink, yang memerangkap udara di dalamnya, sehingga meningkatkan konduksi panas.

Dengan membantu menyediakan antarmuka yang andal dan tahan lama melalui manajemen panas yang efisien, Thermal Paste juga memastikan kinerja peralatan elektronik yang lebih baik dan lebih lama.

Thermal Paste juga dikenal dengan berbagai istilah, termasuk Thermal Compound, pelumas termal, gel termal, bahan antarmuka termal, pasta heat sink, pasta panas dan senyawa heat sink.

Thermal Paste membantu mengelola panas berlebih pada perangkat elektronik, terutama heat sink yang digunakan di komputer pribadi dan laptop.

Thermal Paste dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis: tidak konduktif dan konduktif.

Contoh dari yang pertama meliputi keramik dan yang berbasis silikon seperti senyawa termal seng.

Contoh yang terakhir termasuk yang berbasis logam seperti tembaga, aluminium dan senyawa termal perak.

Thermal Paste konduktif memberikan kinerja terbaik karena adanya partikel logam, yang menawarkan konduktivitas tinggi serta konduktivitas listrik.

Thermal Paste berbasis keramik dan silikon tidak menghantarkan listrik dan berfungsi di sebagian besar kondisi di mana senyawa termal logam tidak dapat digunakan.

Thermal Paste yang digunakan terlalu berlebihan justru dapat menghambat proses pendinginan untuk perangkat.

Thermal Paste membantu menyediakan antarmuka penghantar panas yang lebih baik untuk peralatan listrik. Senyawa termal yang baik menawarkan garis ikatan yang rendah, resistansi termal yang rendah, dan konduktivitas termal yang tinggi, serta kinerja yang panjang dan andal.

Sekali lagi, mereka memastikan garis ikatan rendah dan menghilangkan udara, yang merupakan konduktor yang buruk dari antarmuka.

Thermal Paste harus mampu memberikan kekuatan mekanik yang sangat dibutuhkan antara dua permukaan untuk konduksi panas, baik permukaannya logam atau non-logam.

Thermal Paste sebagian besar digunakan antara mikroprosesor dan pendingin di komputer pribadi dan laptop, dan juga digunakan dalam menarik panas dari komponen seperti semikonduktor, sirkuit terpadu, transistor dan amplifier.

Semoga penjelasan kami mengenai Apa Fungsi Thermal Paste pada Processor akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami berikan pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan