Apa itu RAM Dual Channel ?

apa-itu-ram-dual-channel
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Apa itu RAM Dual Channel secara lengkap sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Apa itu RAM ?

RAM atau selengkapnya adalah Random Access Memory alias Memori yang Mengakses secara Acak dan juga sering disebut dengan nama Memory saja, adalah perangkat keras yang memungkinkan informasi disimpan dan diambil pada suatu perangkat komputer.

Fungsi RAM

RAM sangat diperlukan untuk membantu dan mempercepat kinerja komputer di sebagian besar proses yang dikerjakan, yang mana semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin baik pula performa dari komputer, PC, laptop, ataupun ponsel Anda.

Jika komputer tidak memiliki cukup RAM untuk menjalankan sistem operasi dan program perangkat lunak yang digunakan, itu akan menghasilkan kinerja yang lebih lambat.

Fungsi RAM yang paling penting adalah, semakin banyak RAM yang dimiliki komputer, semakin banyak informasi dan perangkat lunak yang dapat dimuat dan diproses dengan cepat pada waktu yang bersamaan.

Apa itu RAM Dual Channel ?

cara-memasang-ram

Dual-channel RAM adalah salah satu versi dari memori multi-channel. Semua versi multi-channel RAM akan dapat meningkatkan kecepatan transfer data dengan menambahkan lebih banyak saluran komunikasi antara memori dan pengontrol memori.

Selain dual channel, beberapa jenis lainnya dari saluran RAM adalah single channel, triple channel (tiga channel), quad channel (empat channel) dan bahkan ada pula motherboard yang mampu menangani hingga enam sampai delapan channel.

Untuk arsitektur dual-channel, awalnya manufaktur menggabungkan dua bus 64-bit menjadi 128-bit bus tunggal, yang kemudian disebut model geng (ganged model). Namun ternyata ditemukan bahwa peningkatan kinerja tidak cukup.

Manufaktur akhirnya menemukan bahwa dua bus yang independen akan dapat meningkatkan kinerja lebih banyak, sehingga model yang tidak bergantungan (unganged) biasanya disetel secara default pada sebagian besar prosesor modern.

Untuk memanfaatkan memori multi-channel, prosesor dan motherboard harus memiliki pengontrol memori yang mendukung arsitektur multi-channel.

Selain itu, modul RAM harus dicocokkan sebagai kelompok yang sesuai dengan tingkat arsitektur multi-saluran, misalnya, dual channel membutuhkan dua buah modul RAM, quad channel memerlukan empat modul RAM, dan sebagainya.

Motherboard yang mendukung arsitektur multi-saluran umumnya akan memiliki slot memori dengan kode warna berbeda untuk membantu memastikan bahwa modul yang cocok lah yang dimasukkan.

Sebagian besar produsen DRAM akan menjual memori dalam “kit” untuk memastikan bahwa modul memori cocok dengan kapasitas, kecepatan, latensi, jumlah chip dan sisi, dan ukuran baris dan kolom.

Karenanya, akan lebih baik untuk membeli RAM dalam kit yang kompatibel dengan motherboard dan prosesor Anda jika ingin memanfaatkan memori multi-channel. Jika modul memori yang tidak cocok dimasukkan, mereka biasanya akan berfungsi, tetapi kecepatan dan kinerjanya akan turun dan sangat tidak maksimal.

Baca artikel kami lainnya:

Artikel Lainnya

2 Responses

  1. Ping-balik: Cara Memasang RAM Dual Channel yang Benar | Computory
  2. Ping-balik: Cara Memasang RAM 4 Slot yang Benar | Computory

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *