PanduanSoftwareWindows

12 Cara Mengatasi Copy Paste Tidak Berfungsi di Windows 10

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Memperbaiki Copy dan Paste Tidak Berfungsi di Windows 10 supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Copy dan Paste adalah salah satu pintasan yang paling sering digunakan di Windows 10 dan juga versi Windows lainnya.

Metode ini sangat membantu secara drastis untuk mengurangi waktu yang seharusnya Anda habiskan untuk memproduksi materi saat melakukan banyak pemrosesan kata, penyusunan ulang, dan pemformatan dokumen di komputer Anda.

Biasanya, kita cukup menggunakan Ctrl + C untuk menyalin (copy) dan Ctrl + V untuk menempelkan (paste). Atau, Anda dapat menggunakan metode mouse dengan menyorot teks, gambar, atau area yang ingin Anda salin, lalu klik kanan mouse atau trackpad Anda dan pilih “Copy” dan kemudian “Paste”.

Karenanya, bisa dibayangkan apabila Copy dan Paste tidak berfungsi, pastinya akan sangat merepotkan pekerjaan kita.

Maka dari itu, pada artikel kali ini Computory akan memberikan panduan mengenai bagaimana cara mengatasi Copy dan Paste tidak berfungsi di Windows 10, supaya produktivitas Anda bisa kembali berjalan normal.

Cara 1: Reboot atau Restart PC/Laptop

Seperti kebanyakan masalah Windows 10, salah satu cara tercepat untuk memperbaiki masalah Copy dan Paste adalah dengan melakukan restart atau reboot komputer Anda. Memang tidak selalu berhasil, tetapi terkadang cara ini bisa sementara memperbaiki fungsi yang tiba-tiba tidak bisa digunakan, termasuk Copy-Paste.

Cara 2: Coba Copy-Paste di Program Lain

Opsi lainnya adalah untuk melihat apakah Copy dan Paste berfungsi di aplikasi atau program lain. Jika berfungsi di browser Anda tetapi tidak bisa digunakan di Microsoft Office, coba perbarui aplikasi yang bermasalah atau hapus aplikasi dan lakukan instal ulang.

Cara 3: Scan dengan Antivirus

Ketiga, jalankan pemindaian/scanning virus menggunakan Antivirus, karena bisa saja kendala Copy-Paste tidak berfungsi itu dikarenakan virus yang bertujuan mematikan fungsi-fungsi dasar.

Cara 4: Perbarui Windows

Gangguan sistem tertentu dapat menyebabkan fitur Copy-Paste tidak berfungsi. Anda dapat memperbaikinya dengan memperbarui Windows, karena Microsoft terus-menerus menambahkan pembaruan baru yang datang dengan tambalan penting. Untuk melakukan ini:

  1. Klik Start dan pilih “Settings -> Update & Security”.
  2. Klik “Periksa pembaruan” atau “Check for Updates”. Windows akan memeriksa pembaruan yang tersedia dan mengunduh serta menginstalnya setelah Anda memulai ulang komputer.

Cara 5: Nonaktifkan Perangkat Lunak Antivirus untuk Sementara

Meskipun di atas disebutkan untuk melakukan scanning, tetapi terkadang justru kendala berasal dari Antivirus itu sendiri. Bisa jadi Antivirus yang digunakan mengalami konflik dengan fitur-fitur dasar Windows, sehingga Copy-Paste tidak berfungsi, dan karenanya, mematikan sementara Antivirus bisa menjadi solusi yang tepat pada kasus tertentu.

Cara 6: Jalankan Check Disk Utility

Program atau file sistem yang rusak dapat menyebabkan copy dan paste tidak berfungsi. Pemindaian chkdsk dapat membantu menyelesaikan masalah Copy dan Paste. Untuk melakukan ini:

  1. Buka File Explorer dan pilih “PC Ini” atau “This PC”.
  2. Klik kanan hard drive Anda dan pilih “Properties”.
  3. Buka tab “Tools”.
  4. Klik “Check” di bawah “Error Checking”.

Sebagai alternatif, Anda dapat menjalankan Check Disk dari Command Prompt. Untuk melakukan ini:

  1. Klik kanan Start dan pilih “Windows PowerShell (Admin)”.
  2. Masukkan perintah berikut (tanpa kutip): “chkdsk X: /f”
  3. Ganti X dengan huruf yang mewakili drive sistem Anda – biasanya C secara default.
  4. Saat diminta untuk menjadwalkan pemindaian, tekan “Y.”
  5. Restart komputer Anda dan periksa apakah masalahnya sudah hilang.

Cara 7: Jalankan rdpclip.exe

Untuk memperbaiki masalah Copy dan Paste di Windows, Anda mungkin perlu mengakhiri proses rdpclicp.exe dan memulai ulang. Untuk melakukan ini:

  1. Tekan Ctrl + Shift + ESC untuk memulai Task Manager.
  2. Buka tab “Detail”.
  3. Klik kanan proses “rdpclip.exe”.
  4. Pilih “End Task”.
  5. Buka folder Windows / system32.
  6. Cari “rdpclip.exe” dan jalankan.

Cara 8: System Restore

Jika pembaruan atau aplikasi yang Anda instal baru-baru ini menyebabkan masalah pada komputer atau laptop, Anda dapat memulihkan Windows kembali ke titik pemulihan (restore point). Meskipun Pemulihan Sistem (System Restore) tidak akan mengubah file pribadi yang disimpan setelah titik, namun dapat menghapus driver, pembaruan, dan aplikasi yang baru-baru ini diinstal.

System Restore akan mengembalikan komputer Anda kembali ke titik waktu sebelumnya ketika fungsi Copy-Paste bekerja secara normal. Titik pemulihan dibuat setiap kali Anda menginstal driver baru, aplikasi, atau pembaruan Windows, atau saat Anda buat secara manual.

Untuk melakukan pemulihan sistem, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Control Panel.
  2. Di kotak pencarian, ketik “Recovery” dan tekan Enter.
  3. Pilih “Recovery”.
  4. Pilih “Open System Restore -> Next”.
  5. Pilih titik pemulihan yang terkait dengan driver masalah, aplikasi, atau pembaruan.
  6. Pilih “Next -> Finish”.

Catatan: jika tidak ada titik pemulihan, perlindungan sistem mungkin dimatikan. Untuk mengaktifkannya (menyalakannya), lakukan langkah-langkah ini:

  1. Buka Control Panel dan cari “Recovery”.
  2. Pilih “Recovery -> Configure System Restore -> Configure.”.
  3. Pilih kotak “Turn on system protection”.

Cara 9: Pindai File Sistem yang Rusak

File sistem yang rusak mendatangkan malapetaka dengan cara kerja Windows 10. Cara lain untuk memperbaiki masalah Copy-Paste adalah dengan menjalankan dua utilitas Windows bawaan: System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM).

Mulailah dengan SFC, dan jika itu tidak membantu, jalankan DISM. Anda harus menggunakan command prompt atau PowerShell untuk keduanya.

Cara 10: Buat Profil Pengguna Baru

Profil pengguna yang rusak dapat menyebabkan fungsi Copy-Paste tidak berfungsi di Windows. Anda dapat membuat profil pengguna baru dan melihat apakah itu membantu memulihkan kedua fungsi tersebut. Untuk menyiapkan profil pengguna baru, lakukan hal berikut:

  1. Klik Start dan pilih Settings.
  2. Pilih Account.
  3. Klik “Family & Other People”.
  4. Klik “Add Someone else to this PC”.
  5. Ketikkan nama pengguna, kata sandi, dan petunjuk kata sandi.
  6. Pilih Next.

Jika masalah tetap ada dengan profil pengguna baru, coba solusi berikutnya.

Cara 11: Nonaktifkan Add-on Send to Bluetooth

Add-on ini terkait dengan Microsoft Office dan dapat ditemukan di menu Add-on pada perangkat lunak Office. Periksa setiap tool yang diinstal untuk add-on ini dan nonaktifkan di setiap tool Office.

Cara 12: Nonaktifkan Shared Clipboard di Virtualbox

Virtualbox membantu Anda menjalankan mesin virtual di komputer Anda, tetapi beberapa fiturnya dapat mengganggu sistem, seperti clipboard bersama alias “shared clipboard’. Untuk memperbaiki masalah yang disebabkan hal ini, nonaktifkan fitur shared clipboard dan coba fungsi Copy dan Paste lagi.

Kesimpulan

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan fungsi Copy dan Paste tidak berfungsi sebagaimana mestinya pada saat kita menggunakan Windows. Namun, beberapa cara di atas bisa Anda coba lakukan supaya fungsi tersebut kembali normal kembali.

Senoga penjelasan yang kami berikan terkait cara mengatasi Copy Paste tidak berfungsi di Windows 10 kali ini bisa menjadi referensi dan juga panduan untuk mengatasi masalah tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock