Cara Memasang RAM 4 Slot yang Benar

cara-memasang-ram-4-slot
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Memasang RAM 4 slot secara lengkap dan sejelas mungkin sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Apa itu RAM ?

RAM atau Random Access Memory (Memori yang Mengakses secara Acak) atau sering disebut dengan nama Memory saja, adalah perangkat keras yang memungkinkan informasi disimpan dan diambil pada suatu perangkat komputer.

Fungsi RAM

RAM sangat diperlukan untuk membantu dan mempercepat kinerja komputer di sebagian besar proses yang dikerjakan, yang mana semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin baik pula performa dari komputer, PC, laptop, ataupun ponsel Anda.

Jika komputer tidak memiliki cukup RAM untuk menjalankan sistem operasi dan program perangkat lunak yang digunakan, itu akan menghasilkan kinerja yang lebih lambat.

Fungsi RAM yang paling penting adalah, semakin banyak RAM yang dimiliki komputer, semakin banyak informasi dan perangkat lunak yang dapat dimuat dan diproses dengan cepat pada waktu yang bersamaan.

Cara Memasang RAM 4 Slot dengan Benar

Sebelum mulai memasang 4 buah RAM pada Motherboard Anda, alangkah baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan slot RAM pada Motherboard sudah sesuai dengan keempat RAM yang akan Anda pasang (DDR3 harus dipasang pada slot DDR3, DDR4 dengan DDR4, dsb).
  • Pastikan total kapasitas RAM yang akan Anda pasang sudah sesuai dengan spek Motherboard, misalnya Motherboard hanya mendukung pemasangan max. 16 GB RAM, maka memasang 32 GB RAM akan percuma karena hanya nilai maksimal yang terbaca dan digunakan.
  • Gunakan RAM yang memiliki merk, jenis, dan spesifikasi yang sama, mulai dari jumlah kapasitas (sekian GB) dan juga kecepatan (sekian MHz).
  • Sebaiknya membeli sepaket RAM yang tergabung dalam satu module kit yang sangat umum ditawarkan oleh para produsen RAM, misalnya beli 4x1GB Kit RAM (empat buah RAM ukuran 1 GB), atau 4x4GB, dan lain sebagainya.
  • Namun pastikan juga apabila membeli module kit RAM, apakah Motherboard Anda mendukung dual channel (untuk sepasang RAM) ataupun quad channel (untuk 2 pasang RAM).

Selengkapnya mengenai RAM Dual Channel bisa Anda baca di sini:

Apa itu RAM Dual Channel ?

Selanjutnya, saat memasang RAM, ada beberapa metode yang bisa dilakukan, antara lain sebagai berikut:

  • Apabila 4 buah RAM Anda memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan dari produsen berbeda, silahkan langsung pasangkan saja keempatnya untuk mengecek kompatibilitasnya, dan apabila ada masalah silahkan lepas satu persatu diselingi dengan restart komputer (maksudnya adalah: lepas satu RAM -> restart, apabila bermasalah lepas lagi salah satunya -> restart, dan seterusnya).
  • Apabila Anda memiliki 2 pasang RAM dual channel dengan kapasitas yang berbeda (misalnya 2x4GB dan 2x8GB), pasang secara selang seling, dan tempatkan kapasitas yang sama pada slot dengan warna yang sama.
  • Apabila Anda memiliki 4 buah RAM quad channel silahkan pasang keempatnya, kemungkinan besar apabila ada masalah adalah pada motherboard yang tidak mendukung konfigurasi quad channel tersebut.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara memasang RAM Dual Channel, Anda bisa membaca artikel berikut ini:

Cara Memasang RAM Dual Channel yang Benar

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai cara memasang RAM 4 slot yang benar, yang diharapkan akan dapat membantu Anda dalam melakukannya. Pastikan juga Anda membaca pertimbangan-pertimbangan yang kami berikan di atas mengenai apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang 4 buah RAM.

Baca juga artikel kami lainnya:

Artikel Lainnya