Apa fungsi Core pada CPU ?

fungsi-core-cpu
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini Computory akan menjelaskan mengenai Apa fungsi Core pada CPU secara mendalam sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Fungsi Core pada CPU

Core atau Inti adalah bagian dari CPU yang menerima instruksi dan melakukan perhitungan, atau tindakan, berdasarkan instruksi tersebut. Serangkaian instruksi dapat memungkinkan program perangkat lunak melakukan fungsi tertentu.

Prosesor dapat memiliki satu inti atau beberapa inti. Sebuah prosesor dengan dua core disebut prosesor dual-core, empat core disebut quad-core, dll. hingga delapan core (yang umum disebut dengan octa-core).

Semakin banyak core yang dimiliki prosesor, semakin banyak set instruksi yang dapat diterima dan diproses prosesor pada saat bersamaan, yang membuat komputer lebih cepat.

Sebagian besar prosesor dapat menggunakan proses yang disebut multithreading simultan atau, jika merupakan prosesor Intel, Hyper-threading (dua istilah berarti hal yang sama) untuk memecah inti menjadi inti virtual, yang disebut thread.

Misalnya, CPU AMD dengan empat inti menggunakan multithreading simultan untuk menyediakan delapan thread, dan sebagian besar CPU Intel dengan dua inti menggunakan Hyper-threading untuk menyediakan empat thread.

Banyaknya Core pada suatu processor/CPU tidak akan berguna apabila digunakan pada program yang mengandalkan “Clock Speed” dari Core tunggal, misalnya pada game lawas yang belum mendukung multithread atau hyperthread dan tidak membutuhkan banyak Core.

Clock Speed itu akan berpengaruh pada seberapa cepat suatu program menyelesaikan suatu tugas, yang mana semakin tinggi akan semakin baik.

Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan, karena misalnya jumlah core banyak tapi masing-masing clock speed nya rendah akan lebih buruk saat digunakan pada program yang tidak dioptimalkan untuk banyak core, yang akan lebih baik menggunakan CPU dengan jumlah core sedikit tapi Clock Speed-nya tinggi.

Catatan: Intel juga menggunakan istilah “Core” untuk menamai beberapa seri prosesor mereka (cth: Intel Core i7-7500U processor), namun bukan berarti seri prosesor intel yang tidak menggunakan “Core” pada penamaannya itu tidak memiliki Core ya, karena pastinya tetap ada.

BACA JUGA  Apa Perbedaan Cold Booting dengan Warm Booting?

Semoga penjelasan kami mengenai Apa fungsi Core pada CPU akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami berikan pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

3 Responses

  1. Ping-balik: 2 Cara Memasang Hard Disk pada Komputer atau PC
  2. Ping-balik: Cara Memasang RAM 4 Slot yang Benar | Computory
  3. Ping-balik: Apa Fungsi Clock Speed pada Processor ? | Computory

Tinggalkan Balasan