Apa fungsi CPU pada Komputer dan Laptop ?

fungsi-cpu
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Telah dilbaca sebanyak: 693 views

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Apa fungsi CPU pada komputer dan laptop secara lengkap sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Fungsi CPU

Central processing unit (CPU) adalah unit yang melakukan sebagian besar pemrosesan di dalam komputer. Untuk mengontrol instruksi dan aliran data ke dan dari bagian lain komputer, CPU sangat bergantung pada chipset, yang merupakan kelompok microchip yang terletak di motherboard.

CPU memiliki dua komponen:

  • Control Unit: mengekstrak instruksi dari memori dan menerjemahkan dan mengeksekusinya
  • Arithmetic Logic Unit (ALU): menangani operasi aritmatika dan logis

Agar berfungsi dengan benar, CPU mengandalkan jam sistem, memori, penyimpanan sekunder, dan data dan bus alamat.

CPU ini juga dikenal sebagai processor, mikroprosesor atau chip.

CPU adalah jantung dan otak komputer. Ia menerima input data, menjalankan instruksi, dan memproses informasi. Ini berkomunikasi dengan perangkat input / output (I / O), yang mengirim dan menerima data ke dan dari CPU.

Selain itu, CPU memiliki bus internal untuk komunikasi dengan memori cache internal, yang disebut bus belakang. Bus utama untuk transfer data ke dan dari CPU, memori, chipset, dan soket AGP disebut bus sisi depan.

CPU berisi unit memori internal, yang disebut register. Register ini berisi data, instruksi, penghitung dan alamat yang digunakan dalam pemrosesan informasi ALU.

Beberapa komputer menggunakan dua prosesor atau lebih. Ini terdiri dari CPU fisik terpisah yang terletak berdampingan di papan yang sama atau di papan terpisah.

Setiap CPU memiliki antarmuka independen, cache terpisah, dan jalur individual ke bus sisi depan sistem. Beberapa prosesor ideal untuk tugas paralel intensif yang membutuhkan multitasking. CPU Multicore juga umum, di mana satu chip berisi banyak CPU.

BACA JUGA  Dapatkah PC Bersaing Dengan Playstation 5 dan Xbox Series X ?

Semoga penjelasan kami mengenai Apa fungsi CPU pada komputer dan laptop ini akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami berikan pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

7 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Cara Memasang RAM pada Komputer dengan benar Apa fungsi CPU pada Komputer dan Laptop ? Merakit PC Gaming yang setara dengan Playstation 4 Pro Apa Fungsi Thermal Paste pada Processor ? […]

trackback

[…] atau Processor merupakan komponen terpenting pada PC/Komputer, yang meskipun tertanam pada motherboard kita juga […]

trackback

[…] CPU adalah fondasi utama dari pengeditan video pada PC. Jumlah dan kecepatan dari core prosesor  akan menentukan seberapa cepat Anda dapat menyelesaikan tugas pengeditan. […]

trackback

[…] Card. Karena dampaknya terkadang bisa mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan, terutama apabila CPU atau Motherboard kita tidak memiliki grafis terintegrasi di […]

trackback

[…] CPU tersebut adalah AMD Ryzen 5 3600XT, AMD Ryzen 7 3800XT dan AMD Ryzen 9 […]

trackback

[…] CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit alias Unit Pemroses Sentral, yang berfungsi sebagai “otak” dari suatu perangkat. […]

trackback

[…] Ryzen 9 3950X, dengan 16 core dan 32 thread, membawa kinerja CPU kelas HEDT ke motherboard standar. Dan meskipun harganya terbilang tinggi, jauh lebih tinggi […]