Apa Spesifikasi Komputer untuk Video Editing ?

spek-komputer-editing-video
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Apa spek atau spesifikasi komputer untuk video editing sehingga dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan mudah? Berikut ini akan kami berikan penjelasan selengkapnya.

Dalam melakukan kegiatan video editing, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan komputer atau laptop tanpa memiliki spesifikasi hardware yang mumpuni. Hal ini dikarenakan editing video membutuhkan kinerja yang terbilang cukup berat sehingga spek komputer Anda juga harus dapat memenuhinya.

Pada proses mengedit video, Anda akan memproses potongan-potongan (atau satu) klip video yang umumnya ukuran filenya besar, terutama apabila durasinya cukup panjang, dan kemudian akan ada proses mengedit, memotong, menambahkan efek, dan rendering video yang sangat memakan sumber daya.

Minimal sekali Anda harus memilki kapasitas RAM yang besar, CPU dengan spek yang baik, dan juga kartu grafis, yang akan sangat membantu dalam melakukan proses rendering video tersebut. Belum lagi apabila Anda ingin mengedit video dengan format HD atau 4K yang juga akan membutuhkan spek yang tinggi.

Berikut ini akan Computory jelaskan mengapa setiap komponen tersebut penting beserta rekomendasinya, dan juga akan diberikan spek-spek untuk beberapa rentang harga yang diharapkan bisa membantu Anda dalam memilih mana yang sesuai dengan anggaran Anda.

CPU

CPU adalah fondasi utama dari pengeditan video pada PC. Jumlah dan kecepatan dari core prosesor  akan menentukan seberapa cepat Anda dapat menyelesaikan tugas pengeditan.

Jika PC Anda tidak memiliki prosesor yang kuat, meskipun Anda memiliki RAM yang besar, motherboard kelas atas, ataupun VGA card yang baik, maka proses pengeditan tetap akan berjalan lambat.

Perangkat lunak pengeditan modern seperti Adobe Premiere, Sony Vegas, dan Final Cut Pro akan memanfaatkan banyak core CPU dan hyperthreading, sehingga berinvestasi dalam CPU yang baik sangat penting ketika membangun PC untuk video editing.

Secara umum, CPU adalah tempat Anda harus menginvestasikan jumlah terbesar dari anggaran Anda. Pembangun serius harus mempertimbangkan CPU 6-core minimal.

Untuk pembuatan anggaran, kami merekomendasikan AMD Ryzen 5 1600 AF atau AMD Ryzen 5 2600 untuk spek minimum, atau bisa juga memilih AMD Ryzen 5 3600 atau Ryzen seri 7 dan bahkan Ryzen 9 apabila memiliki anggaran yang lebih tinggi.

Apabila Anda penggemar intel, Anda bisa mencoba intel i5-9600 atau seri i7 apapun meskipun bisa dibilang teknologinya akan tertinggal dari Ryzen seri 3000-an.

Kasarnya, semakin banyak core pada CPU maka umumnya akan semakin meningkatkan performa editing video yang Anda lakukan.

RAM

Memiliki cukup RAM sangatlah penting untuk pengeditan video yang efisien. Jika Anda mengedit video pada 1080p, kami sarankan untuk memasang minimal 8 GB RAM. Untuk 4K, kami sarankan setidaknya 16 GB. Dalam kedua kasus, lebih banyak RAM lebih baik, meskipun prioritas lebih rendah daripada mendapatkan CPU yang baik dan kartu grafis yang layak. Pengeditan video adalah salah satu dari sedikit aplikasi yang dapat memanfaatkan RAM dalam jumlah besar, jadi investasikan sebanyak yang Anda rasa nyaman. 32GB, 64GB, atau bahkan lebih.

VGA Card / Kartu Grafis

Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi kartu grafis merupakan komponen yang kurang penting dalam hal pengeditan video apabila dibandingkan dengan CPU.

Pengecualian untuk aturan ini adalah apabila Anda mengedit dengan software DaVinci Resolve. Jika Anda berencana untuk mengedit dengan Resolve, Anda benar-benar memerlukan kartu grafis yang kuat, karena perangkat lunak itu didukung terutama oleh GPU, bukan CPU.

Bahkan, Anda tidak mutlak perlu memiliki kartu grafis di PC editing video Anda saat menggunakan sebagian besar software pengeditan. Namun begitu, software pengeditan video modern memanfaatkan kartu grafis melalui akselerasi perangkat keras untuk encoding dan rendering, dan memiliki kartu grafis yang cukup kuat akan membuat perbedaan besar.

Apabila Anda tetap ingin menggunakan kartu grafis, bisa mencoba RX 570 atau GTX 1650 Super untuk anggaran yang minim, atau apabila ingin mengedit video 4K maka bisa mencoba GTX 1660 atau RTX 2070 (tentunya anggarannya akan membengkak).

Lainnya

Di samping beberapa perangkat di atas, Anda juga perlu memastikan komponen lainnya juga tidak asal pilih, meskipun kontribusinya terhadap proses editing minim, tapi akan membantu kinerja perangkat-perangkat di atas secara keseluruhan.

Misalnya memilih antara SSD atau HDD, akan lebih cepat dan lebih baik menggunakan SSD minimal pada lokasi instalasi software editing Anda karena kecepatannya dibanding HDD.

Lalu motherboard yang baik serta PSU yang berkualitas juga akan dapat menjadikan proses editing akan semakin berjalan dengan lancar dan cepat.

Kesimpulan

Intinya, utamakan investasi atau alokasi anggaran Anda pada processor yang berkualitas dengan jumlah core yang banyak, setelahnya sematkan RAM minimal 8-16 GB untuk mendukung kinerja CPU, dan barulah anggaran Anda dialokasikan kepada SSD/HDD, motherboard, dan kartu grafis.

Artikel Lainnya

One Response

  1. Ping-balik: Apa Pengaruh Banyaknya RAM pada PC? | Computory

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *