Apa Pengaruh Banyaknya RAM pada PC?

pengaruh-jumlah-ram-pada-kinerja-komputer
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Apa pengaruh banyaknya RAM pada PC? Apakah akan menjadikan PC semakin cepat? Berikut ini Computory akan berikan penjelasannya.

Kalau Anda penasaran atas jawaban dari pertanyaan “jelaskan apa pengaruh besar memori komputer pada kecepatan komputer?”, atau misalnya pertanyaan “apa pengaruh ram pada game pc?” sebenarnya jawabannya cukup sederhana.

Semakin banyak RAM, maka akan menjadikan kapasitas penyimpanan sementara yang biasanya digunakan oleh setiap aplikasi semakin besar, sehingga akan lebih mudah dan nyaman pada saat menjalankan banyak program pada saat yang bersamaan.

Masalahnya adalah pada besaran memori yang dibutuhkan oleh masing-masing aplikasi tersebut, yang tentunya berbeda-beda antara membuka browser, editing video, ataupun brmain game.

Sebelum melanjutkan, untuk Anda yang masih awam mengenai RAM itu sendiri, baca dulu artikel Computory mengenai apa fungsi RAM dan bagaimana cara memasang RAM pada komputer

Aktivitas yang sering dilakukan di Komputer

Kembali soal pengaruh jumlah RAM terhadap kinerja komputer, jumlah RAM yang dibutuhkan itu akan sangat bergantung pada program atau pekerjaan yang Anda lakukan di PC.

1. Membuka Banyak Tab pada Browser

Misalnya pada saat membuka browser, besarnya RAM akan menetukan seberapa banyak tab yang bisa Anda buka bersamaan. Belum lagi kalau di masing-masing tab Anda membuka website yang melakukan streaming video, seperti misalnya Youtube, dengan resolusi yang tinggi seperti 4K, maka Anda akan memerlukan jumlah RAM yang sangat besar untuk terhindar dari crash.

Sistem operasi yang digunakan juga akan menentukan. Misalnya kalau Anda menggunakan Linux, kapasitas RAM yang dibutuhkan untuk membuka banyak tab akan lebih kecil apabila dibandingkan menggunakan Windows 10 (tergantung distro linux nya juga).

Untuk kebutuhan membuka banyak tab pada browser menggunakan sistem operasi Windows 10, Computory sarankan minimal 8GB RAM untuk bisa menggunakan dengan nyaman.

2. Bermain Game

Untuk bermain game, biasanya masing-masing game akan memberikan informasi mengenai spek minimum dan spek rekomendasi yang dibutuhkan. Game-game PC terbaru saat ini umumnya membutuhkan minimal 6-8 GB RAM dan merekomendasikan 16 GB RAM untuk dapat menjalankan permainan, jadi sangat penting untuk ANda perhatikan.

Ini di luar dari kebutuhan CPU dan VGA Card yang disarankan oleh para pembuat game ya.

Dan, biasanya spek minimum dan rekomendasi dari suatu game itu pada kenyataannya tidak terlalu akurat, dan terutama Anda sudah menginstall banyak aplikasi yang berjalan pada background , yang tentunya juga akan memakan RAM. Jadi, ya, dikira-kira saja.

3. Editing Video

Seperti yang Computory jelaskan pada artikel mengenai spek komputer untuk video editing, CPU adalah prioritas utama yang perlu untuk diperhatikan apabila ingin melakukan editing dengan lancar, dan yang kedua adalah RAM (catatan: VGA Card tidak ada pengaruhnya).

RAM akan sangat berguna terutama apabila Anda ingin mengedit video dengan resolusi yang tinggi.

Misalnya pada Adobe Premiere terbaru, RAM 4GB tidak akan bisa digunakan untuk mengedit, bahkan untuk potongan klip durasi pendek sekalipun. Minimal sekali adalah 8GB RAM, itupun apabila Anda hanya ingin mengedit video 1080p.

Untuk resolusi di atas itu, jumlah RAM yang disarankan adaah 16GB ke atas supaya waktu render menjadi lebih cepat.

Belum lagi kalau Anda ingin membuka banyak aplikasi sekaligus ya, misalnya mengedit foto di Photoshop sambil mengedit video di Premiere, mengetik di Word, mengerjakan laporan di Excel, lalu sambil membuka banyak tab pada Google Chrome dan juga sambil bermain game FPS, maka tidak disarankan menggunakan RAM di bawah 32 GB.

4. Untuk Arsitektur, Engineer dan Peneliti

Apabila Anda masuk ke dalam kategori pekerjaan-pekerjaan tersebut yang mengandalkan banyaknya data untuk diolah, maka umumnya software yang dibutuhkan akan membutuhkan RAM yang sangat-sangat besar, bahkan hingga 256 GB.

Selain itu, perhatikan juga tipe RAM yang digunakan, mulai dari generasinya (saat ini umumnya yang digunakan adalah DDR4), kemudian kecepatannya (berapa MHz nya, yang mana saat ini kecepatan yang cukup tinggi adalah 2133MHz dan bahkan 4866 MHz), serta apakah RAM mendukung Dual Channel atau Quad Channel, atau hanya Single Channel.

Pahami soal Bottleneck pada RAM, CPU, dan VGA Card

Semua penjelasan di atas jadi tidak berguna apabila Anda menggunakan CPU yang kecepatannya buruk, dan untuk bermain game, VGA Card yang kurang mumpuni.

Bottleneck adalah suatu kondisi di mana akibat spesifikasi satu komponen kurang baik, maka akan mempengaruhi (menurunkan) kinerja komponen lainnya yang memiliki spek tinggi.

Biasanya komponen-komponen yang akan saling mempengaruhi adalah antara CPU, VGA Card, dan terkadang RAM, dan ini terutama pada saat bermain game.

Jadi misalnya anda memiliki CPU dan VGA Card kelas dewa, tapi RAM hanya 4-8 GB maka kemungkinan besar Anda akan kesulitan dalam bermain game secara lancar, terutama apabila Anda membuka banyak aplikasi lain seperti Chrome dsb pada saat bersamaan.

Kasarnya, jumlah RAM yang tinggi akan berpengaruh terhadap kegiatan multi-tasking (melakukan banyak aktivitas bersamaan pada PC), dan juga besarnya RAM yang dibutuhkan untuk masing-masing program akan berbeda-beda.

Baca juga:

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *