7 Ciri-Ciri VGA Card yang sudah Rusak

ciri-vga-card-rusak
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Ciri-ciri VGA Card rusak itu apa saja? Berikut ini akan Computory berikan penjelasan selengkapnya mengenai hal tersebut.

Salah satu komponen yang bisa sangat mengganggu apabila mengalami kerusakan adalah kartu VGA / GPU/ kartu grafis / VGA Card. Karena dampaknya terkadang bisa mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan, terutama apabila CPU atau Motherboard kita tidak memiliki grafis terintegrasi di dalamnya.

Gejalanya pun bermacam-macam, tapi yang paling umum adalah munculnya distorsi pada layar atau yang biasa disebut dengan artefak, atau bahkan bisa terjadi BSOD (Blue Screen of Death), crash, restart sendiri, atau freeze/hang.

Namun terkadang beberapa gejala yang muncul itu tidak serta merta dikarenakan kerusakan pada VGA card, dan bisa jadi akibat ulah komponen lainnya seperti Hard disk, Motherboard, CPU, RAM, ataupun Power Supply (PSU).

Ciri-ciri Hard disk yang Sudah Rusak

Ciri-ciri Motherboard yang Sudah Rusak

Lalu bagaimana cara membedakannya kalau begitu? Berikut ini akan Computory coba jelaskan mengenai beberapa penanda yang sudah hampir pasti dialami apabila terjadi kerusakan pada VGA Card / GPU / Kartu Grafis.

Gejala Kerusakan VGA Card

Beberapa gejala atau tanda adanya kerusakan pada VGA card umumnya akan bisa Anda lihat langsung pada layar monitor, namun ada pula yang tidak demikian. Berikut ini beberapa ciri VGA Card rusak untuk anda ketahui:

1. Freeze / Hang

Salah satu ciri VGA card rusak adalah apabila anda sering mengalami hang / freeze pada saat mengoperasikan PC atau komputer. Namun kalau hanya ini yang terjadi masih ada kemungkinan kerusakan bukanlah pada VGA melainkan pada RAM ataupun Hard disk.

2. Sering Berkedip

Apabila layar sering berkedip-kedip pada saat menggunakan PC ada kemungkinan VGA card Anda mengalami keruskan, tapi sebelumnya pastikan apakah kabel VGA atau HDMI yang Anda gunakan masih berfungsi dengan sempurna atau tidak kendor pada bagian port nya.

3. Muncul Artifak

Artifak adalah munculnya garis-garis atau warna-warna yang tidak semestinya ada pada layar dan biasanya akan bertahan atau bisa juga hilang setelah restart untuk kemudian muncul kembali. Ini terkadang bisa juga terjadi kerusakan pada layar monitor, jadi sebaiknya coba diuji terlebih dahulu apakah monitor masih normal atau tidak.

4. Layar Gelap

Layar gelap alias tidak muncul gambar apa-apa sama sekali juga termasuk ke dalam gejala kerusakan pada VGA card, namun sebelumnya pastikan slot VGA tidak berdebu, kartu VGA disematkan dengan sempurna, serta tidak ada masalah pada kabel konektor.

5. BSOD

BSOD ini bisa disebabkan karena berbagai hal, dan tidak juga berarti ada kerusakan pada komponen hardware manapun. Tapi kalau ini terjadi pada saat melakukan aktivitas yang membutuhkan kinerja grafios tinggi (seperti bermain game) sementara tadinya tidak ada masalah, kemungkinan besar kerusakan pada VGA card perlu dipertimbangkan.

6. Restart Sendiri

Komputer yang sering restart sendiri tidak serta merta berarti ada masalah pada VGA Card, namun tidak bisa dikesampingkan juga. Sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah komputer mengandung virus, malware, atau ada kerusakan pada komponen lainnya.

7. Suara kipas yang lebih berisik

Suara kipas VGA yang berisik bisa berarti VGA card sudah terlalu berdebu, atau memang sudah terjadi kerusakan fisik yang menyebabkan VGA menjadi overheat. Debu yang menumpuk sebenarnya adalah yang paling mungkin menjadi biang keladi utama, jadi pastikan periksa hal itu terlebih dahulu sebelum mengambil kesimpulan bahwa VGA card atau komponen lainnya sudah perlu diganti.

Artikel Lainnya

One Response

  1. Ping-balik: Apa Pengaruh Banyaknya RAM pada PC? | Computory

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *