17 Langkah Cara Memasang VGA Card pada Motherboard

cara-pasang-vga-card
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Memasang VGA Card pada Motherboard secara rinci sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Memasang VGA Card / GPU / kartu grafis baru yang lebih kuat dapat membuat perbedaan besar dalam hal bermain game di PC. Dan karena Anda tidak sepenuhnya membangun kembali PC, ini bukanlah pekerjaan yang terbilang rumit.

Namun, bagi Anda yang belum pernah membuka casing PC sebelumnya, tentunya hal ini bisa dibilang agak “menegangkan”. Untungnya, dengan sedikit bantuan, alat yang tepat, dan waktu luang 10 menit, Anda dapat kembali bermain dalam waktu singkat.

Bagian utama dari tugas ini melibatkan casing dan slot PCIe pada motherboard. Sebagian besar GPU yang dijual saat ini terhubung ke PC melalui slot PCIe ini.

Motherboard dapat memiliki lebih dari satu slot, tetapi untuk VGA Card umumnya menggunakan slot pertama (x16), yang biasanya memiliki bandwidth paling banyak. Slot x4 lebih pendek dan dapat digunakan untuk kartu ekspansi lainnya (kartu Wi-Fi atau Ethernet, misalnya), dan slot x16 sekunder biasanya disediakan untuk VGA Card tambahan atau kartu ekspansi.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang VGA Card

Sebelum mulai melakukan pemasangan (dan bahkan pembelian) VGA card, Anda perlu untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut supaya proses pemasangan akan dapat berjalan dengan lancar, diantaranya:

  1. Ruang Casing. Pastikan ada ruang yang cukup pada casing untuk memasang VGA card yang ingin dibeli, terutama apabila ingin menggunakan VGA Card kelas atas yang ukurannya besar, terutama pada panjang dan lebarnya.
  2. Slot VGA Card. Pastikan slot VGA card yang tersedia pada motherboard sudah sesuai dengan VGA card yang ingin dibeli, apakah PCI, atau PCIe
  3. Power Supply (PSU). Pastikan juga power supply anda sudah mencukupi untuk “mengangkat” VGA card tersebut, terutama untuk kartu VGA kelas atas,

Ketiga faktor di atas sangatlah penting untuk diperhatikan. Bagi yang masih awam dalam mengganti VGA card sangat mungkin untuk mengabaikan ketiga hal tersebut, yang berujung pada VGA card yang dibeli tidak muat ke dalam casing (minimal sekali casing tidak bisa ditutup karena VGA terlalu lebar), kemudian VGA tidak mau menyala karena asupan daya dari PSU kurang.

BACA JUGA  Lebih Baik Mana? RAM 1 Keping atau 2 Keping ?

Untuk masalah slot sih sebenarnya tidak perlu khawatir, selama motherboard memiliki slot PCI Express x16, baik yang versi 2.0 ataupun 3.0 (VGA dengan versi 3.0 bisa dipasang pada slot VGA versi 2.0).

Catatan tambahan adalah terkadang VGA kelas atas membutuhkan 2 baris back-plate di belakang casing, jadi itu juga perlu untuk diperhatikan terutama bagi pemilik casing yang ukurannya di bawah full tower.

Backplate pada casing

Untuk alat-alat yang diperlukan, umumnya Anda hanya perlu menyiapkan obeng yang sesuai dengan ukuran sekrup-sekrup casing, terutama di bagian-bagian yang akan dibongkar, dan kemungkinan besar Anda juga perlu menyediakan sekrup-sekrup yang dibutuhkan (ukurannya tergantung tipe casing, tapi umumnya adalah sekrup yang kepalanya besar).

Cara Memasang VGA Card

Setelah hal-hal yang kami sebutkan di atas sudah tidak mengalami kendala, selanjutnya adalah bagaimana cara memasang VGA card itu sendiri pada Motherboard Anda. Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap langkah-langkahnya.

  1. Matikan PC Anda, dan matikan pula tombol power yang ada di Power Supply (PSU)
  2. Untuk lebih amannya, lepaskan pula kabel yang tercolok di PSU
  3. Buka sisi penutup casing bagian kanan (dari arah casing, bukan dari arah anda), biasanya akan ada 2 sekrup yang perlu dibuka di bagian belakangnya, model sekrup tergantung jenis casing,
  4. Pastikan ketersediaan slot PCI Express x16, gampangnya adalah slot ini umumnya memiliki semacam “ekor” di bagian belakangnya. Pada gambar di bawah slot tersebut adalah yang kedua dan keempat apabila dihitung dari atas,

    Slot PCI pada Motherboard
  5. Pada slot tersebut, tarik bagian “ekor” atau klip nya (untuk beberapa jenis motherboard ada yang tidak memiliki fungsi klip seperti ini)
  6. Apabila sebelumnya sudah ada VGA Card, silahkan buka sekrup pengaman VGA card yang ada di casing bagian dalam (di ujung dari VGA card tersebut),
  7. Buka backplate casing yang sejajar dengan slot VGA card apabila memang belum terbuka, caranya bisa dengan didorong ke arah luar atau dibuka sekrup penahannya (tergantung tipe casing), lihat juga apakah VGA card membutuhkan 1 atau 2 backplate untuk dilepas,
  8. Tarik VGA card yang lama secara perlahan apabila sudah terpasang VGA card sebelumnya dan letakkan di tempat terpisah,
  9. Bersihkan area slot VGA card, terutama kalau ini adalah PC yang sudah lama,
  10. Ambil VGA Card yang baru dan arahkan pada slot yan ingin dipasan, pastikan posisinya sudah sesuai dengan slot nya (slot pendek dan panjang)
  11. Dorong VGA card ke dalam slot, apabila kesulitan coba dorong perlahan bagian depan terlebih dahulu (lubang slot yang lebih pendek) dan baru dorong bagian belakangnya sampai keseluruhan VGA card tertanam dengan sempurna,
  12. Dorong bagian “ekor” atau klip pengaman hingga penuh. Apabia tidak bisa jangan dipaksakan, ini berarti VGA card belum tertanam dengan baik, jadi perlu Anda coba memasang ulang VGA card nya,
  13. Pasang sekrup penahan VGA card yang ada di bagian belakangnya (lihat poin 6 di atas),
  14. Pastikan VGA Card sudah tertanam dengan kokoh, tidak “oglek” atau goyang,
  15. Colokkan kabel-kabel PSU dan kabel lain yang dibutuhkan, misalnya kabel untuk kipas pendingin VGA, (apabila perlu, terutama pada VGA Card kelas atas).
  16. Tutup panel samping dari casing, atau Anda bisa mencoba memasang kabel HDMI / DVI yang terhubung dengan monitor ke bagian belakang VGA card terlebih dahulu untuk menguji apakah tampilan layar sudah muncul atau belum,
  17. Selesai

Sebagai catatan, jangan pernah sekali-kali melakukan pemasangan VGA card dengan cara dipaksa dan selalu lakukan dengan perlahan supaya terhindar dari kerusakan. Semoga panduan ini dapat membantu dan selamat mencoba.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan