Apa fungsi Power Supply (PSU) pada Komputer ?

fungsi-power-supply-psu
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai apa fungsi Power Supply (PSU) secara mendalam sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Fungsi Power Supply (PSU) pada Komputer

Power Supply (PSU) adalah singkatan untuk catu daya atau unit catu daya (Power Supply Unit).

Power Supply atau Catu daya adalah komponen perangkat keras dari komputer yang memasok listrik ke semua komponen di komputer.

Power Supply mengubah AC 110-115 atau 220-230 volt (arus bolak-balik) menjadi tegangan rendah DC (arus searah) yang stabil yang dapat digunakan oleh komputer dan dinilai berdasarkan jumlah watt yang dihasilkannya.

Di sebagian besar komputer, catu daya terletak di bagian belakang komputer. Dalam kasing komputer menara, catu daya biasanya terletak di bagian belakang atas atau bawah kasing. Dalam kasing komputer desktop, catu daya terletak di bagian kiri belakang atau kanan kasing.

Segala sesuatu yang terkandung dalam sasis komputer ditenagai oleh PSU. Misalnya, motherboard, RAM, CPU, hard drive, dan drive disk semuanya mengambil daya dari PSU.

Beberapa kartu VGA kelas atas mengambil daya langsung dari PSU juga, sementara perangkat dan periferal eksternal lainnya, seperti monitor komputer dan printer, memiliki sumber listrik sendiri.

Semoga penjelasan kami mengenai apa fungsi Power Supply (PSU) akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami berikan pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan