Cara Memasang RAM pada Komputer dengan benar

cara-memasang-ram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Memasang RAM secara lengkap sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Apa itu RAM ?

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat perangkat keras yang memungkinkan informasi disimpan dan diambil di komputer. RAM biasanya dikaitkan dengan DRAM, yang merupakan jenis modul memori.

Fungsi RAM

Kecepatan dan kinerja komputer sebagian besar disebabkan oleh jumlah memori di komputer. Jika komputer tidak memiliki cukup RAM untuk menjalankan sistem operasi dan program perangkat lunak yang digunakan, itu akan menghasilkan kinerja yang lebih lambat.

Fungsi RAM yang paling penting adalah, semakin banyak RAM yang dimiliki komputer, semakin banyak informasi dan perangkat lunak yang dapat dimuat dan diproses dengan cepat.

Cara Memasang RAM Komputer

cara-memasang-ram-02
bagian sayap adalah bagian klip penjepit berwarna putih di ujung-ujung RAM

Langkah 1:

Lepaskan koneksi kabel daya dari sistem Anda dan jika perlu, cabut kabel panel belakang lainnya.

Langkah 2:

Lepaskan panel samping (biasanya kiri) untuk memberi Anda akses penuh ke interior komputer dan temukan slot RAM.

Umumnya slot tersebut ditemukan di sebelah prosesor. Jika sudah ada RAM di sistem Anda, keluarkan dengan menekan ke atas (dan bawah) sayap pada ujung slot. Stik memori akan menyembul dan Anda dapat menariknya perlahan.

Langkah 3:

Untuk memasang RAM baru, sejajarkan takik di bagian bawah RAM dengan celah di slot pada motherboard.

Masukkan RAM dengan cara mencondongkannya ke depan, masukkan bagian terlebih dahulu, baru perlahan dorong bagian bawah ke dalam slot secara perlahan.

Ketika Anda yakin RAM sudah terpasang dengan benar, tekan dengan kuat dan merata di bagian atas RAM pada kedua ujungnya sampai berbunyi klik pada tempatnya.

Nantinya, bagian sayap pada slot akan menjepit dan menahan RAM dengan aman. Klik pada sayap bagian atas dan bawah untuk memastikan RAM terkunci

Langkah 4:

Setelah RAM terpasang pada tempatnya, konfirmasikan bahwa klip sayap terkunci rapat dan RAM sudah terpasang dengan kokoh lalu kemudian tutup kembali casing PC.

Sambungkan kembali semua kabel dan coba boot sistem.

Apabila pemasangan belum benar, nantinya anda akan mendengar bunyi beep pada saat komputer dinyalakan.

Alasan RAM tidak Berfungsi

Jika itu yang terjadi, kemungkinannya adalah:

  1. RAM tidak terpasang dengan benar,
  2. RAM terpasang pada slot yang salah (biasanya pada saat memasang dua buah RAM), pindahkan salah satu RAM ke slot lainnya untuk memperbaiki ini,
  3. RAM sudah rusak atau sudah tidak berfungsi
  4. Slot RAM pada Motherboard mengalami kerusakan
  5. Motherboard sudah rusak dan perlu diganti.

Semoga penjelasan kami mengenai Cara Memasang RAM akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami bahas pada artikel kali ini.

Baca artikel kami lainnya:

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan