Apa fungsi RAM pada Komputer ?

fungsi-ram-pada-komputer
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini Computory akan menjelaskan mengenai Apa fungsi RAM secara rinci sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Apa fungsi RAM

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat perangkat keras yang memungkinkan informasi disimpan dan diambil di komputer. RAM biasanya dikaitkan dengan DRAM, yang merupakan jenis modul memori.

Karena informasi diakses secara acak alih-alih seperti pada CD atau hard drive, komputer dapat mengakses data lebih cepat. Namun, tidak seperti ROM atau hard drive, RAM adalah memori yang tidak stabil dan membutuhkan daya untuk menjaga agar data dapat diakses. Jika komputer dimatikan, semua data yang terkandung dalam RAM hilang.

RAM sering disebut juga sebagai Memory.

Selama evolusi komputer ada variasi RAM yang berbeda. Beberapa contoh yang lebih umum adalah DIMM, RIMM, SIMM, SO-DIMM, dan SOO-RIMM. Di bawah ini adalah contoh gambar modul memori komputer DIMM 512 MB, sepotong RAM yang ditemukan di komputer desktop. Modul memori ini akan dipasang ke salah satu slot memori pada motherboard.

Saat komputer melakukan boot, bagian-bagian dari sistem operasi dan driver dimuat ke dalam memori, yang memungkinkan CPU untuk memproses instruksi lebih cepat dan mempercepat proses booting. Setelah sistem operasi dimuat, setiap program yang Anda buka, seperti browser yang Anda gunakan untuk melihat halaman ini, dimuat ke dalam memori saat sedang berjalan. Jika terlalu banyak program terbuka, komputer akan menukar data dalam memori antara RAM dan hard disk drive.

Kecepatan dan kinerja komputer sebagian besar disebabkan oleh jumlah memori di komputer. Jika komputer tidak memiliki cukup memori untuk menjalankan sistem operasi dan program perangkat lunak yang digunakan, itu akan menghasilkan kinerja yang lebih lambat. Semakin banyak memori yang dimiliki komputer, semakin banyak informasi dan perangkat lunak yang dapat dimuat dan diproses dengan cepat.

Semoga penjelasan kami mengenai Apa fungsi RAM akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami berikan pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan