DesktopHardwareMonitor

5 Penyebab Layar Komputer Rusak

Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja penyebab layar komputer rusak sehingga dapat dihindari guna menjaga keawetannya.

Layar komputer atau yang juga umum disebut monitor adalah alat elektronik yang mungkin digunakan oleh sebagian besar dari Anda untuk menunjang aktivitas sehari-hari Anda di depan komputer/PC. Karenanya layar komputer diharapkan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Demi menjaga keawetannya, Anda harus bisa merawatnya dengan baik.

Secara umum, layar komputer dibagi menjadi dua model. Model pertama adalah model lama (tabung/CRT) seperti yang sering digunakan pada televisi zaman dulu, dan yang kedua adalah model terbaru dengan layar datar (LCD, LED). Namun, apapun model monitor komputer yang Anda gunakan, ada baiknya Anda hindari beberapa penyebab layar komputer rusak sebagai berikut.

Pengaruh Medan Magnet Terhadap Layar Komputer

Bukan rahasia lagi bila magnet bisa merusak barang-barang elektronik, begitu juga terhadap layar komputer Anda. Ada baiknya jauhkan bentuk magnet apa pun dari layar komputer Anda. Karena medan magnet yang terpancar akan dapat menyebabkan radiasi pada layar komputer. Paparan medan magnet ini bila berlangsung pada waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan permanen pada layar komputer Anda.

Membiarkan Debu dan Kotoran Menempel Terlalu Lama

Sudah berapa lama semenjak terakhir kali Anda membersihkan layar komputer Anda? Jangan-jangan sudah cukup lama sampai-sampai banyak debu yang menempel di layar Anda? Ada baiknya Anda selalu menjaga kebersihan layar komputer Anda agar bebas dari debu.

Bila memungkinkan, letakkan komputer dan layarnya di tempat yang bersih dan bebas dari debu.  Layar komputer sangat rawan terhadap debu, jika layar komputer terkena debu berlebihan, hal ini bisa membuat layar komputer Anda lebih cepat rusak.

Terkena AIr Tetesan AC

Ada kalanya Anda tidak sadar kalau AC ruangan Anda bocor dan sering meneteskan air. Tetesan air ini tentu saja berbahaya bila langsung mengenai layar komputer Anda. Tetesan air bisa menyebabkan terjadinya arus pendek pada layar komputer Anda.

Ada baiknya Anda perhatikan kembali tempat untuk meletakkan komputer Anda. Jangan letakkan komputer tepat dibawah AC untuk menghindari terkenanya tetesan air.

Menekan Layar

Jangan pernah menekan kuat-kuat layar komputer Anda. Apalagi kalau layar komputer Anda bermodel flat panel. Dikarenakan lapisan layar komputer terbuat dari plastik dan tidak terbuat dari kaca, penekanan yang berlebihan akan membuat layar komputer rusak.

Membersihkan Layar Dengan Cara yang Tidak Tepat

Bila layar komputer Anda kotor, bersihkanlah menggunakan permukaan yang lembut, seperti handuk atau tisu. Hindari penggunaan pembersih atau pun cairan yang basah. Cairan dari pembersih yang Anda gunakan bisa saja masuk kedalam sela-sela layar komputer sehingga menyebabkan masalah pada layar komputer Anda.

Anda juga dianjurkan untuk menggunakan kemoceng bila membersihkan layar agar terbebas dari debu. Atau bisa juga menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu yang menempel di layar komputer Anda.

Semakin baik perawatan Anda terhadap layar komputer, maka semakin lama Anda bisa menggunakan layar komputer tersebut.

Demikianlah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab layar komputer rusak yang perlu untuk Anda ketahui, terutama bagi yang rutin menggunakan PC pada aktivitas sehari-hari.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock