Cara Menggunakan 2 Monitor pada 1 PC

cara-menggunakan-dua-monitor-pc
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Bagaimana cara menggunakan 2 monitor pada 1 PC? Berikut akan Computory berikan panduan bagaimana cara melakukannya.

Untuk Anda yang “senang” membuka banyak jendela pada saat menggunakan PC/Komputer, tentunya hal itu akan merepotkan apabila hanya menggunakan 1 layar monitor saja, dan akan terasa lebih baik apabila ada monitor tambahan untuk memudahkan.

Bahkan monitor ukuran 24 inci dapat terasa sempit, dan akan jauh lebih buruk jika Anda menggunakan laptop. Untungnya, cara menggunakan 2 monitor pada 1 PC itu sangatlah mudah. Berikut ini akan Computory jelaskan bagaimana caranya.

Setiap desktop atau PC dan juga laptop modern umumnya sudah memiliki kemampuan grafis untuk menjalankan tampilan ganda. Yang diperlukan hanyalah monitor kedua.

Monitor saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan beberapa kombinasi port VGA, DVI, HDMI, dan DisplayPort. Dengan kata lain, Anda akan memiliki beberapa opsi untuk bagaimana menghubungkan monitor ke PC Anda. Walaupun umumnya kabel VGA dan DVI disertakan dengan monitor, Anda mungkin harus membeli kabel HDMI atau DisplayPort secara terpisah.

Anda juga dapat menggunakan televisi Anda apabila tidak ada monitor kedua (selama port nya sesuai dengan yang ada pada PC).

Cara Memasang Monitor Kedua pada Windows

Langkah 1: Bagian ini mudah. Cukup sambungkan monitor kedua Anda ke outlet listrik dan port yang tersedia di PC Anda.

Langkah 2: Selanjutnya klik kanan pada area desktop dan pilih Resolusi layar / Screen Resolution (Windows 7 dan Windows 8) atau Pengaturan Tampilan / Display Setting (Windows 10).

sumber: pcworld

Untuk Windows 7 dan 8, pilih “Extend these displays” pada drop down yang ada pada bagian “Multiple Displays.

sumber: pcworld

Sementara pada Windows 10, klik pada “identify” atau “detect” dan pastikan muncul layar kedua seperti pada gambar di atas, dan pilih juga “Extended Displays” pada bagian “Multiple Displays”.

Langkah 3: Pilih urutan monitor. Anda dapat memberi tahu Windows monitor mana yang ada di kiri atau kanan dengan menyeret ikon layar di bagian atas kotak dialog.

Langkah 4: Pilih Primary Display. Opsi “Make this my main display” mengontrol monitor mana yang mendapatkan bilah tugas (taskbar) dan tombol Start. Jika Anda tidak melihat opsi itu, monitor yang saat ini dipilih sudah menjadi yang utama.

Cara Memasang Monitor Kedua pada Linux (Ubuntu)

Untuk memasang monitor tambahan, sambungkan monitor kedua ke komputer Anda. Jika sistem Anda tidak segera mengenalinya, atau Anda ingin menyesuaikan pengaturan:

  1. Buka Activities Overview dan mulai mengetikkan Display.
  2. Klik Display untuk membuka panel.
  3. Dalam diagram pengaturan tampilan, seret display Anda ke posisi relatif yang Anda inginkan.
  4. Angka-angka pada diagram diperlihatkan di kiri atas setiap tampilan ketika panel Active Screen.
  5. Klik Primary Display untuk memilih Primary Display Anda.
  6. Primary Display adalah tampilan dengan bilah atas, dan tempat ikhtisar Activities ditampilkan.
  7. Pilih orientasi, resolusi atau skala, dan kecepatan refresh.
  8. Klik Apply. Pengaturan baru akan diterapkan selama 20 detik sebelum kembali. Dengan begitu, jika Anda tidak dapat melihat apa pun dengan pengaturan baru, pengaturan lama Anda akan secara otomatis dikembalikan. Jika Anda puas dengan pengaturan baru, klik Keep Changes.

Cara Memasang Monitor Kedua pada Mac

Untuk memasang monitor tambahan pada perangkat Mac, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Hubungkan monitor kedua pada port yang tersedia di perangkat Mac,
  2. Apabila monitor tidak terdeteksi, buka Apple menu  > System Preferences, klik Displays, lalu klik Display, Klik tombol Detect Display (Anda mungkin perlu menekan tombol Option untuk melihat tombol Detect Display.)
  3. Setelah monitor terdeteksi, pilih menu Apple> System Preferences, klik Display, lalu klik Arrangement.
  4. Ikuti instruksi pada layar.

Pastikan port kosong tersedia pada PC atau Mac anda, yang sesuai dengn port yang digunakan oleh monitor, musalnya DVI, atau HDMI supaya dapat menyambungkan monitor ke-2..

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *