Cara Memasang RAM Dual Channel yang Benar

cara-memasang-ram-dual-channel
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Memasang RAM Dual Channel secara lengkap sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Apa itu RAM ?

RAM atau selengkapnya adalah Random Access Memory alias Memori yang Mengakses secara Acak dan juga sering disebut dengan nama Memory saja, adalah perangkat keras yang memungkinkan informasi disimpan dan diambil pada suatu perangkat komputer.

Fungsi RAM

RAM sangat diperlukan untuk membantu dan mempercepat kinerja komputer di sebagian besar proses yang dikerjakan, yang mana semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin baik pula performa dari komputer, PC, laptop, ataupun ponsel Anda.

Jika komputer tidak memiliki cukup RAM untuk menjalankan sistem operasi dan program perangkat lunak yang digunakan, itu akan menghasilkan kinerja yang lebih lambat.

Fungsi RAM yang paling penting adalah, semakin banyak RAM yang dimiliki komputer, semakin banyak informasi dan perangkat lunak yang dapat dimuat dan diproses dengan cepat pada waktu yang bersamaan.

Apa itu RAM Dual Channel ?

Dual-channel RAM adalah salah satu versi dari memori multi-channel. Semua versi multi-channel RAM akan dapat meningkatkan kecepatan transfer data dengan menambahkan lebih banyak saluran komunikasi antara memori dan pengontrol memori.

Selain dual channel, beberapa jenis lainnya dari saluran RAM adalah single channel, triple channel (tiga channel), quad channel (empat channel) dan bahkan ada pula motherboard yang mampu menangani hingga enam sampai delapan channel.

Untuk arsitektur dual-channel, awalnya manufaktur menggabungkan dua bus 64-bit menjadi 128-bit bus tunggal, yang kemudian disebut model geng (ganged model). Namun ternyata ditemukan bahwa peningkatan kinerja tidak cukup.

Manufaktur akhirnya menemukan bahwa dua bus yang independen akan dapat meningkatkan kinerja lebih banyak, sehingga model yang tidak bergantungan (unganged) biasanya disetel secara default pada sebagian besar prosesor modern.

Untuk memanfaatkan memori multi-channel, prosesor dan motherboard harus memiliki pengontrol memori yang mendukung arsitektur multi-channel.

Silahkan baca artikel kami berikut untuk mengetahui selengkapnya mengenai RAM Dual Channel :

Apa itu RAM Dual Channel ?

Cara Memasang RAM Dual Channel

Dalam memasang RAM Dual Channel, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan supaya RAM terpasang dengan baik dan kinerja dua channel dapat berjalan dengan lancar, yaitu sebagai berikut:

1. Pastikan sepasang RAM yang Anda miliki Kompatibel

Anda harus pastikan bahwa sepasang RAM yang Anda beli atau miliki tersebut memang kompatibel satu sama lain, dan memang memiliki spesifikasi dual channel, karena kalau tidak maka performanya akan buruk dan atau tidak terlalu berpengaruh.

Biasanya akan lebih memudahkan apabila Anda memang membeli paket memory kit yang memang dijual sepasang dari satu produsen yang sama misalnya Corsair, G.SKILL, Kingston, V-GEN, dan lain sebagainya.

2. Lihat Warna Slot RAM pada Motherboard

dual-channel-motherboard

Selanjutnya, lihat warna slot RAM pada Motherboard, seperti pada contoh gambar Motherboard Intel di atas, yang memiliki 4 slot RAM dengan kombinasi warna hitam-biru-hitam-biru.

Pasang RAM pada warna yang sama dan dalam contoh motherboard tersebut berarti Anda tidak memasangnya bersebelahan, melainkan selisih satu slot, entah di slot yang warnanya sama-sama hitam atau sama-sama biru.

3. Pasang RAM dengan benar

cara-memasang-ram-02

Pasang RAM dengan benar, yaitu dengan membuka kunci/penjepitnya terlebih dahulu (yang berwarna putih), dengan menarik perlahan ke arah luar pada kedua sisinya (yang segaris dengan slot), selipkan RAM hingga berbunyi “klik”, yang apabila dilakukan secara benar maka kunci/penjepit akan ikut menutup, kemudian tekan ke arah dalam kunci/penjepit tersebut.

Lebih jelasnya silahkan baca artikel kami mengenai Cara Memasang RAM yang pernah kami bahas sebelumnya.

Cara Mengetahui Apakah Dual Channel RAM telah Bekerja dengan Baik atau Tidak

Apabila Anda ingin mengetahui apakah RAM Anda sudah memiliki teknologi dual channel (atau lebih) atau tidak, Anda dapat menginstal CPU-Z yang bisa diunduh di sini:

CPU-Z Versi 1.91 untuk Windows / PC

Nantinya setelah terinstall, silahkan buka aplikasi kemudian pilih Tab Memory, kemudian pada kolom berjudul Channels # Anda bisa melihat apakah RAM Anda hanya support Single, Dual, ataupun lebih.

Cara ini juga bisa digunakan untuk melihat apakah sepasang RAM yang sudah Anda gunakan telah mengaplikasikan fungsi dual channel atau tidak, dan bahkan menggunakan CPU-Z Anda dapat melihat spesifikasi dari hardware lainnya seperti Processor dan Motherboard.

Baca juga artikel kami lainnya:

Artikel Lainnya

2 Responses

  1. Ping-balik: Cara Memasang RAM 4 Slot yang Benar | Computory
  2. Ping-balik: 10 Penyebab Wifi tidak Terdeteksi pada PC / Laptop | Computory

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *