HardwareRAMTanya Jawab

Apakah Laptop bisa Dual Channel RAM ?

Penasaran apakah laptop bisa dual channel RAM ? Berikut akan Computory berikan penjelasannya secara lengkap untuk diketahui dan dipahami.

Pada PC atau Komputer, penggunaan RAM dual channel adalah hal yang lumrah, terutama bagi Anda yang memiliki PC rakitan dan bukannya PC built-up yang lebih rumit untuk dilakukan modifikasi. Tetapi, apakah Laptop juga bisa menggunakan RAM Dual Channel?

Jawabannya: Mungkin. Karena, sama seperti pada PC atau komputer, penggunaan RAM dual channel pada laptop akan ditentukan oleh beberapa faktor, yang menjadi syarat utama supaya laptop tersebut bisa menggunakan teknologi RAM dual channel tersebut.

Syarat agar RAM Dual Channel bisa digunakan di Laptop

Beberapa syarat yang menentukan apakah laptop bisa dual channel RAM antara lain adalah sebagai berikut:

Jumlah Slot pada Motherboard

Jumlah slot tentunya akan menentukan apakah RAM bisa menggunakan Dual CHannel atau tidak, karena ada beberapa laptop yang hanya memiliki satu slot RAM, jadi sebaiknya ditanyakan ke penjual atau pastikan memahami spesifikasinya.

Spesifikasi Motherboard

Kemungkinan akan ada motherboard laptop yang tidak mendukung Dual Channel, meskipun apabila slot RAM yang disediakan lebih dari satu maka kemungkinan besar sudah bisa memakai jenis RAM tersebut, tapi sebaiknya dipastikan terlebih dahulu sebelum membeli RAM.

Spesifikasi RAM yang digunakan

Untuk memenuhi persyaratan dual channel, RAM laptop (SODIMM) harus memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Kapasitas RAM sama (misalnya sama-sama 4GB atau sama-sama 8GB),
  • Merk produsen yang sama (misalnya sama-sama Hynix, atau Kingston, dsb), meskipun kadang tidak selalu.
  • Kecepatan yang sama (misalnya sama-sama 1600MHz, dsb), apabila ada dua RAM dengan kecxepatan berbeda yang akan digunakan untuk keduanya adalah mengikuti kecepatan terendah.

Periksa juga menggunakan software seperti CPU-Z dan lihat pada tab Memory dan periksa kolom Channel apakah tertulis dual atau tidak.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock