Kenapa RAM Memiliki Garansi Seumur Hidup?

kenapa-ram-garansi-seumur-hidup
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Penasaran kenapa RAM memiliki garansi seumur hidup? Berikut ini Computory akan coba berikan penjelasan selengkapnya untuk Anda ketahui.

Umumnya, RAM alias Memory memang diklaim memiliki garansi seumur hidup (lifetime warranty), tapi biasanya ini dalam bentuk penggantian dengan produk sejenis dan bukan uang kembali.

Banyak produsen RAM yang berani memberikan garansi ini dikarenakan menurut mereka, RAM memang produk yang tahan lama, dan sebagai bagian dari strategi pemasaran dan promosi mereka saja, serta disertai dengan beragam embel-embel syarat dan ketentuan untuk mengklaim garansi tersebut.

Anda salah beli RAM? tenntunya tidak bisa klaim garansi. Tidak punya kwitansi? tidak bisa juga. Ini termasuk membeli RAM bekas milik orang lain yang sudah hilang nota pembeliannya. Bahkan ada juga yang dengan jelas tidak menerima klaim atas RAM yang dibeli dari tangan kedua yang bukan distributor resmi, misalnya.

Sudah dipakai bertahun-tahun (bahkan belasan tahun atau puluhan tahun) dan tiba-tiba rusak? Ini bisa jadi sangat rumit meng-klaim garansi dan bisa saja tidak dilayani klaim seperti itu, karena anggapannya adalah RAM rusak akibat dari penggunaan Anda dan bukan karena kesalahan dari produk mereka.

Kecuali RAM yang benar-benar baru Anda beli atau masih dalam waktu dekat, kemungkinan besar tidak akan ada juga yang seniat itu untuk mengklaim garansi.

Sebagian besar RAM tidak diklaim garansi oleh penggunanya karena:

  • Terlalu banyak kesulitan bagi pelanggan untuk mengajukan klaim. Pelanggan masih harus membayar biaya pengiriman dan harus dengan hati-hati mengemasnya untuk menghindari kerusakan dalam perjalanan, termasuk penanganan statis / anti-statis.
  • Komputer dan RAM sudah usang/lawas, jadi penggantian tidak akan berguna.
  • Sebagian besar RAM gagal pada awal masa hidupnya (cacat kualitas) dan tingkat kegagalan menurun seiring waktu untuk setiap batch produk.
  • Nota pembelian sudah hilang entah kemana
  • RAM rusak karena penggunaan, atau pasokan daya yang kurang baik, mengakibatkan garansi void alias tidak berlaku.
BACA JUGA  Apa fungsi Flash Disk ?

Karena alasan itulah, yang juga sudah dipertimbangkan oleh produsen, mereka berani memberi embel-embel garansi seumur hidup supaya RAM yang mereka jual memiliki “nilai tambah” yang mungkin sebenarnya semu dan memang produknya awet saja.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan