Asus ROG Zephyrus G14 : Laptop Gaming AMD Terbaik?

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Intel selalu menguasai dunia laptop, tetapi AMD akhirnya balik melawan. Asus ROG Zephyrus G14 adalah salah satu notebook pertama yang menggunakan prosesor Zen 2, dan chip Ryzen 9 4900HS yang digunakan dalam laptop ini sangat menakjubkan dengan spesifikasi 8-core dan 16-thread.

Pasar laptop masih didominasi oleh chip seperti i7-9750H dan sekarang i7-10750H, tetapi Ryzen telah membawa AMD merebut kembali pangsa pasar pada desktop, sehingga kehadiran Zen 2 pada laptop sangat menarik untuk ditinjau.

Harga laptop ini sekitar Rp30juta-an dan setara dengan laptop gaming lainnya seperti Razer Blade 15 Advanced yang menggunakan intel i7-9750H.

Ryzen 9 4900HS memiliki kecepatan dasar 3GHz dan boost speed 4.3GHz, yang lebih rendah dibandingkan 3.3GHz dan 4.4GHz pada 4900H konvensional.

Namun, kecepatan yang sedikit lebih lambat tersebut memungkinkan 4900HS untuk beroperasi dengan TDP 35W, yang akan meningkatkan kinerja termal.

Fitur dan Desain

Zephyrus G14 dilengkapi dengan inti grafis GeForce RTX 2060 Max-Q, yang memiliki 30 RT core dan memori 6GB, tetapi kecepatan clock boost-nya telah melihat sedikit penurunan, dari 1.200MHz menjadi 1.185MHz, dan TDP telah turun dari minimum konvensional 80W ke 65W.

Model ini menyajikan 16GB dual-channel 3200MHz DDR4, 1TB Intel 660p SSD dan WiFi 6. Hadir dengan warna abu-abu Eclipse dari Asus, meskipun juga tersedia warna Moonlight White yang lebih berani. .

Varian lain tersedia, dengan model yang lebih murah (sekitar Rp22juta-an) yang menggunakan CPU Ryzen 7 4800HS, GPU GTX 1650 dan memori 8GB.

Desain G14 terlihat bagus secara keseluruhan, dan hanya beberapa laptop gaming terlihat lebih baik, meskipun Razer Blade 15 jelas lebih bersih dan lebih apik berkat logamnya yang lebih gelap dan desain yang lebih minim.

Asus memasangkan desain yang bagus dengan dimensi solid. Layar 14 “berarti bahwa mesin ini memiliki lebar 324mm sederhana, dan bodinya memiliki ketebalan 18mm dengan berat sekitar 1,5kg. Dimensi ramping membuatnya mudah untuk dibawa dalam perjalanan harian, dan body nya dilapisi dengan magnesium yang kokoh.

Tombol power Asus berfungsi ganda sebagai pembaca sidik jari, dan G14 memiliki fleksibilitas yang baik secara keseluruhan. Laptop ini memiliki port USB 3.2 Gen 2 Type-C yang mendukung DisplayPort 1.4, dan juga dapat mengisi daya laptop, meskipun pada tingkat yang lebih lambat. Ada konektor Tipe-konvensional kedua tanpa kemampuan untuk mengisi daya notebook.

G14 memiliki dua port USB 3.2 Gen 1 Tipe-A, output HDMI 2.0b dan jack headphone. Satu-satunya hal yang hilang adalah jaringan kabel, pembaca kartu, dan webcam.

Keyboard memiliki rollover n-key, dan tombol-tombolnya memberikan keseimbangan yang sangat baik antara kenyamanan yang dibutuhkan untuk sesi mengetik yang lama dan kecepatan yang dibutuhkan untuk bermain game.

Tombol-tombolnya halus dan nyaman, dan aksi pengetikannya konsisten. Anda juga akan menemukan beberapa tombol tambahan pada G14 – tiga untuk menangani tugas volume dan mikrofon, dan yang keempat untuk membuka utilitas perangkat lunak Armory Crate.

Untuk permainan mainstream, permainan kasual, dan mengetik, keyboard Asus sangat baik. Namun jika Anda memainkan judul esports atau game serba cepat, keyboard ini mungkin bukan yang paling memuaskan.

Trackpad G14 sedikit mengecewakan. Padnya akurat dan halus, dan tombolnya cepat, tetapi terasa kosong, dan tombol kiri sedikit menempel. Tentunya penggunaan mouse USB akan lebih penting untuk bermain game dibandingkan dengan trackpad.

Zephyrus juga memiliki layar 1080p dengan kecepatan refresh 120Hz dan dukungan untuk sinkronisasi adaptif (FreeSync). Rasio penyegaran ini cukup untuk permainan pemain tunggal yang mulus, dan itu juga cukup untuk memuaskan pemain esports dan juga pemain mainstream.

Walaupun begitu, refresh rate 120MHz bukan yang terbaik karena alternatifnya ada yang menawarkan 144MHz dan bahkan 240Hz.

Ketika datang ke kualitas, tampilan sangat mengesankan, dengan hanya beberapa kelemahan kecil.

Delta E rata-rata 2,32 dan suhu warna 6,750K sangat baik – cukup baik untuk memastikan tidak ada perbedaan warna.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki Mac yang Tidak Mau Boot Atau Mati Total

Level cakupan sRGB panel sebesar 93% layak, dan cukup tinggi untuk bermain game. Rasio kontras 1,330: 1 cukup tinggi untuk tampilan IPS. Tingkat hitam 0,2cd / m2 sangat mengesankan, dan membantu menciptakan kedalaman yang solid di area yang lebih gelap.

Satu-satunya masalah sebenarnya adalah tingkat kecerahan 266cd / m2. Untuk bermain game di dalam ruangan, itu bukan masalah – tetapi itu tidak dimaksudkan untuk bermain di luar ruangan.

Layar 14 “dipasangkan dengan empat speaker. Pasangan tweeter dan woofer sangat baik, dengan volume padat, high-end yang tajam dan rentang menengah yang terperinci – dan jumlah bass yang mengejutkan untuk mesin sekecil itu. Untuk game dan media, audio di sini cukup baik, meskipun headset akan lebih baik.

G14 dikelola oleh aplikasi Asus Armory Crate yang sudah dikenal. Layar utama utilitas memiliki informasi pemantauan sistem bersama opsi cepat untuk beralih antara mode Performance, Turbo dan Silent dan modul lainnya memungkinkan pengguna untuk menyimpan profil game, beralih di antara mode layar dan membebaskan memori. Mudah dinavigasi, tetapi tidak menawarkan sesuatu yang baru.

Kinerja

Chip AMD sangat mengesankan dan tetap unggul ketika diadu dengan pesaing terbaru Intel – i7-10750H enam-core dan 8-core i7-10875H.

Di Cinebench R20 dan Cinebench R15, chip AMD G14 membuka keunggulan atas kedua chip Intel.

Untuk beban kerja multi-utas, CPU Ryzen adalah pemenang yang meyakinkan. Pola itu berulang dalam tes encoding video Handbrake: Ryzen 9 4900HS melewati tes dalam 34,8 menit, sedangkan CPU Intel membutuhkan waktu 50,7 dan 43,5 menit.

Dan, tidak mengherankan, AMD terus mendominasi dalam tes kriptografi multi-threaded, juga di 7-Zip dan Adobe Premiere.

Chip AMD memimpin dalam tes lain, tetapi dengan margin yang lebih kecil. G14 memiliki keunggulan sederhana dalam beban kerja single-threaded PC Mark 10 yang lebih ringan – tidak mengejutkan ketika chip Intel lebih baik dalam tugas single-threaded.

Kedua chip Intel ini sedikit lebih cepat daripada bagian Ryzen dalam beban kerja ekspor Adobe single-threaded Adobe Acrobat, dan ada sedikit untuk memilih antara Intel dan AMD dalam uji Puget Photoshop.

Mengaktifkan opsi Turbo membuat hasil mesin Cinebench melonjak dari 4.104 menjadi 4.196, tetapi keuntungan kecil itu dibaregi dengan kebisingan kipas. Mode Silent mengurangi hasil Cinebench menjadi 3.182, dan laptop masih menghasilkan suara. Mode-mode itu juga tidak terlalu membantu dalam permainan – opsi Turbo hanya tersedia ketika laptop dicolokkan, dan itu hanya memberikan satu atau dua frame tambahan.

CPU AMD ini luar biasa, dengan laju produktivitas lebih dari chip Intel di sebagian besar skenario – jadi jika Anda membutuhkan notebook untuk bekerja dan bermain, mesin berbasis Ryzen adalah pilihan yang bagus.

SSD juga solid: drive Intel 660p mengembalikan kecepatan baca dan tulis 1.881MB / s dan 1.781MB / s. walaupun itu bukan drive PCIe tercepat di pasaran.

RTX 2060 Max-Q adalah GPU yang andal untuk gaming 1080p. Kemampuan gaming G14 memiliki kecepatan untuk menangani game pemain tunggal dan untuk mengatasi game e-sports apa pun dengan kecepatan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan layar 120Hz.

Framerate rata-rata terlemahnya datang di Control, di mana Asus mengelola 45,4fps, dan menduduki puncaknya di Resident Evil 2 di 127,3fps. G14 melampaui 60fps dalam tujuh pertandingan. Dalam tes 1% Rendah, RTX 2060 Max-Q selalu melampaui 30fps, tetapi hanya berjalan melampaui 60fps dalam empat judul.

Ada cukup kecepatan di sini untuk menjalankan permainan pemain tunggal di pengaturan tinggi tanpa masalah, dan meningkatkan RTX 2060 dengan kekuatan penuh tidak akan membuat perbedaan besar – itu hanya akan memberi Anda sedikit frame tambahan.

Untuk mendapatkan peningkatan yang lebih signifikan, Anda akan memerlukan laptop berbasis RTX 2070 yang kemungkinan akan datang dengan CPU Intel sampai kita dapat melihat lebih banyak mesin Ryzen menggunakannya.

BACA JUGA  9 Alasan Kenapa Windows Sering Crash

AMD Ryzen 9 4900HS mengungkapkan bagaimana G14 bersaing dengan mesin berbasis Intel. Beberapa tren muncul: chip AMD sering terbukti lebih cepat dari mesin berbasis Intel dalam tes rendah 1%, dan bagian AMD juga terbukti cepat dalam permainan intensif CPU. Sebaliknya, chip Intel tetap sedikit lebih cepat dalam tes frame rate rata-rata.

G14 tidak mengalami masalah suhu internal. Selama pengujian gaming, CPU dan GPU mencapai suhu puncak 81 derajat dan 72 derajat, yang mengesankan, lebih baik daripada banyak laptop yang lebih besar.

GPU tidak pernah mengalami masalah pelambatan, dan output kebisingan gaming puncak G14 sebesar 45db baik – sedikit lebih baik daripada mesin Razer Blade terbaru dan di antara hasil terbaik yang kami lihat dari notebook gaming yang lebih kecil.

Selama bermain game yang lama dan intens, bagian bawahnya menjadi hangat. Jika Anda bermain di meja maka itu tidak masalah, tetapi G14 akan mengganggu jika Anda ingin menggunakannya di pangkuan Anda.

Ventilasi udara di sisi kanan memompa udara panas dari mesin selama penggunaan intensif, yang bisa mengganggu jika Anda menggunakan tangan kanan menggunakan mouse USB.

output derau puncak G14 adalah 42db yang wajar. Dengan semua inti CPU yang ditekan, chip memang menunjukkan beberapa pelambatan – itu dimulai pada 3,7GHz dan memutar balik ke 3,1GHz. Selama tes single-core, CPU tidak memiliki masalah, dengan satu inti hanya mencapai 4,3GHz.

Satu hal yang benar-benar bagus, adalah usia baterai yang luar biasa.

G14 bertahan selama lebih dari delapan jam dalam tes pemutaran video, yang lebih lama dari banyak notebook gaming.

G14 bertahan untuk jumlah waktu yang sama dalam penelusuran web dan tes kerja sehari-hari, sehingga Anda dapat menggunakan mesin ini selama sehari di kantor.

Jika Anda benar-benar menggunakan komponen dalam perangkat lunak produktivitas maka masa pakai baterai G14 turun menjadi sekitar empat setengah jam, dan itu berlangsung selama dua jam dalam pengujian game. Tidak ada yang mengejutkan – seperti biasa dengan laptop gaming, Anda harus tetap terhubung ke outlet daya untuk mendapatkan hasil maksimal dari notebook ini.

Kesimpulan

Asus ROG Zephyrus G14 adalah mesin kerja / bermain yang luar biasa. AMD telah membuat lompatan yang signifikan dengan chip laptop Zen 2 ini.

Untuk beban kerja yang berat, prosesor AMD adalah pilihan terbaik. Jika Anda menginginkan laptop yang dapat menangani pengodean video, rendering, kompresi file, atau apa pun yang banyak kuncinya, 4900HS sangat fantastis.

Laptop ini juga lebih baik di banyak beban kerja berulir tunggal. Ini penting – karena banyak laptop gaming juga dibeli karena kemampuan produktivitasnya.

Inti grafis RTX 2060 Max-Q mampu menangani sebagian besar game dan mengungguli judul dengan frame rate yang bagus, dan komponen lainnya solid. Layar menawarkan gameplay yang halus dan reproduksi warna yang baik, dan keyboard memiliki jumlah snap yang layak. Speakernya bagus, daya tahan baterainya panjang, dan eksterior yang ringkas menyajikan kualitas bangunan yang kuat.

Trackpad biasa-biasa saja, dan keyboard tidak memiliki LED RGB. Tidak ada jaringan kabel, dan tidak ada webcam. Masalah ini seharusnya tidak menjadi pemecah masalah bagi sebagian besar – mereka adalah kompromi yang dapat diterima.

ROG Zephyrus G14 menawarkan nilai yang masuk akal dan ada banyak hal yang disukai tentang mesin ini.

Meskipun dimungkinkan untuk menemukan laptop yang lebih murah dengan daya penuh RTX 2060 GPU, mesin yang lebih tebal dan lebih berat tidak memiliki CPU AMD yang luar biasa.

Kami hanya mempertimbangkan untuk mencari di tempat lain jika Anda secara khusus mencari lebih banyak daya GPU, layar yang lebih besar, atau kecepatan refresh yang lebih tinggi. G14 adalah opsi yang menarik untuk bermain game dan produktivitas.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan