Apa fungsi Hard Disk pada Komputer dan Laptop

fungsi-hard-disk
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai apa fungsi Hard Disk pada komputer dan laptop secara lengkap sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Fungsi Hard Disk

Hard disk drive (HDD) adalah perangkat penyimpanan komputer yang berisi cakram magnetik atau piringan yang berputar dengan kecepatan tinggi.

Ini adalah perangkat penyimpanan sekunder Non-Volatile yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen, yang mana memori akses acak / Random Access Memory (RAM) menjadi perangkat memori utama. Non-volatile berarti data disimpan ketika komputer dimatikan.

Hard disk drive juga dikenal sebagai hard drive.

Hard drive pas di dalam case komputer dan terpasang dengan kuat dengan menggunakan kawat gigi dan sekrup untuk mencegahnya tersentak saat berputar.

Biasanya berputar pada 5.400 hingga 15.000 RPM. Disk bergerak pada kecepatan yang dipercepat, memungkinkan data diakses dengan segera.

Sebagian besar hard drive beroperasi pada antarmuka kecepatan tinggi menggunakan serial ATA (SATA) atau teknologi terpasang serial. Ketika piring-piring berputar, lengan dengan kepala baca / tulis meluas melintasi piring-piring.

Lengan menulis data baru ke piring-piring dan membaca data baru dari mereka. Sebagian besar hard drive menggunakan elektronik drive terintegrasi yang disempurnakan (EIDE) termasuk kabel dan konektor ke motherboard. Semua data disimpan secara magnetis, memungkinkan informasi untuk disimpan ketika daya dimatikan.

Hard drive memerlukan papan pengontrol read only memory (ROM) untuk menginstruksikan kepala baca / tulis bagaimana, kapan dan di mana harus bergerak melintasi piringan.

Hard drive memiliki disk yang ditumpuk bersama dan berputar bersamaan. Kepala baca / tulis dikendalikan oleh aktuator, yang secara magnetis membaca dari dan menulis ke piring-piring.

Kepala baca / tulis melayang di atas film udara di atas piring-piring.

Kedua sisi piring digunakan untuk menyimpan data. Setiap sisi atau permukaan dari satu disk disebut kepala, dengan masing-masing dibagi menjadi sektor dan trek.

Semua trek memiliki jarak yang sama dari pusat disk. Secara kolektif mereka terdiri dari satu silinder. Data ditulis ke disk mulai dari trek terjauh.

Kepala baca / tulis bergerak ke dalam ke silinder berikutnya setelah silinder pertama diisi.

Hard drive dibagi menjadi satu dari lebih banyak partisi, yang dapat dibagi lagi menjadi drive logis atau volume.

Biasanya master boot record (MBR) ditemukan di awal hard drive dan berisi tabel informasi partisi.

Setiap drive logis berisi catatan boot, tabel alokasi file (FAT) dan direktori root untuk sistem file FAT.

Semoga penjelasan kami mengenai apa fungsi Hard Disk pada komputer dan laptop akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami bahas pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan