Apa fungsi Monitor Komputer

fungsi-monitor
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai apa fungsi Monitor Komputer secara lengkap sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Fungsi Monitor

Monitor adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menampilkan output video dari komputer. Monitor layar digunakan di banyak perangkat komputer, mulai dari komputer pribadi (PC) dan laptop hingga perangkat seluler kecil, seperti ponsel dan pemutar MP3.

Monitor juga dikenal sebagai layar komputer atau layar tampilan.

Monitor terdiri dari komponen berikut ini:

  • Modul tampilan: Seringkali tipe yang menggunakan teknologi transistor film tipis liquid crystal display (TFT-LCD)
  • Sirkuit
  • Casing atau penutup

Awalnya, monitor hanya ditemukan di perangkat komputer. Namun dikarenakan teknologi layar menjadi lebih kecil, lebih murah dan lebih kuat, monitor layar semakin banyak ditambahkan ke berbagai perangkat.

Sampai awal 2000-an, teknologi yang berlaku adalah cathode-ray tube (CRT), yang besar dan memiliki resolusi lebih kecil dan menggunakan lebih banyak daya.

Liquid crystal display (LCD) lebih tipis dan mengkonsumsi daya lebih sedikit tetapi harganya lebih mahal, sehingga sepanjang 1990-an, LCD hanya digunakan di laptop, di mana portabilitas menjadikannya sesuai dengan harganya.

Teknologi lain yang digunakan adalah plasma dan organic light-emitting diode (OLED).

Banyak perusahaan memberi merek monitor mereka sebagai “LED,” yang berarti bahwa LED digunakan untuk penerangan layar, dibandingkan dengan pencahayaan neon tradisional.

Kinerja monitor diukur berdasarkan faktor-faktor utama berikut:

  • Luminance: Kecerahan dalam candelas per meter persegi (cd / m2 atau Nits)
  • Rasio aspek: Rasio panjang vertikal dan horizontal seperti pada 4: 3, 16: 9, 16:10
  • Resolusi layar: Jumlah piksel per inci persegi
  • Refresh rate: Frekuensi tampilan berubah
  • Waktu respons: Waktu yang diperlukan untuk piksel untuk menjadi aktif (aktif) untuk tidak aktif (tidak aktif) dan sebaliknya. Diukur dalam milidetik.
  • Rasio kontras: Rasio luminositas warna paling terang (putih) ke paling gelap (hitam) yang dapat diproduksi oleh monitor
  • Konsumsi daya: Diukur dalam Watt

Semoga penjelasan kami mengenai Apa fungsi Monitor Komputer akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami berikan pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan