Apa fungsi Mouse pada Komputer dan Laptop ?

fungsi-mouse
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini Computory akan menjelaskan mengenai Apa fungsi Mouse secara mendalam sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Apa itu Mouse

Mouse komputer adalah perangkat input perangkat keras genggam yang mengontrol kursor dalam GUI dan dapat memindahkan dan memilih teks, ikon, file, dan folder.

Untuk komputer desktop, mouse diletakkan pada permukaan yang rata seperti alas mouse atau meja dan diletakkan di depan komputer Anda. Gambar di sebelah kanan adalah contoh dari mouse komputer desktop dengan dua tombol dan roda.

Mouse awalnya dikenal sebagai Indikator Posisi X-Y untuk Sistem Display dan diciptakan oleh Douglas Engelbart pada tahun 1963 saat bekerja di Xerox PARC. Namun, karena kurangnya keberhasilan Alto, aplikasi mouse yang pertama digunakan secara luas adalah dengan komputer Apple Lisa. Saat ini, perangkat penunjuk ini ada di hampir setiap komputer.

Fungsi Mouse

Di bawah ini adalah daftar masing-masing fungsi mouse komputer yang membantu pengguna menggunakan komputer mereka dan memberi Anda gambaran tentang semua hal yang mampu dilakukan oleh mouse.

  • Pindahkan kursor mouse – Fungsi utama adalah untuk memindahkan pointer mouse di layar.
  • Buka atau jalankan program – Setelah Anda memindahkan pointer ke ikon, folder, atau mengklik objek lain atau mengklik dua kali objek itu membuka dokumen atau menjalankan program.
  • Pilih – Mouse juga memungkinkan Anda memilih teks atau file atau menyorot dan memilih beberapa file sekaligus.
  • Seret-dan-jatuhkan – Setelah sesuatu dipilih, ia juga dapat dipindahkan menggunakan metode seret-dan-jatuhkan.
  • Hover – Memindahkan kursor mouse ke objek dengan informasi hover tambahan dapat membantu menemukan fungsi setiap objek di layar. Misalnya, arahkan mouse di atas tautan melayang untuk melihat contoh.
  • Gulir – Saat bekerja dengan dokumen yang panjang, atau melihat halaman web yang panjang, Anda mungkin perlu menggulir ke atas atau ke bawah. Untuk menggulir, gunakan roda mouse, atau klik dan seret bilah gulir.
  • Lakukan fungsi lain – Banyak mouse desktop juga memiliki tombol tambahan yang dapat diprogram untuk menjalankan fungsi apa pun.

Sebagai contoh, banyak mouse memiliki dua tombol samping di bagian ibu jari mouse, tombol yang paling dekat dengan telapak tangan dapat diprogram untuk kembali ke halaman web.

Semoga penjelasan kami mengenai Apa fungsi Mouse akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami bahas pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan