Dapatkah PC Bersaing Dengan Playstation 5 dan Xbox Series X ?

pc-vs-ps5-vs-xsx
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Dua konsol generasi terbaru telah tiba. Sony dan Microsoft baru-baru ini meluncurkan konsol andalan mereka masing-masing, yaitu Sony Playstation 5 dan Microsoft Xbox Series X., yang digadang-gadang spek-nya akan sulit untuk ditandingi oleh PC.

Walaupun secara nama dan desain kedua konsol tersebut banyak mendapat kritik dan bahkan cacian, namun tidak bisa dipungkiri spek yang tertanam di dalam keduanya adalah yang terbaik dan pantas dijuluki sebagai generasi baru konsol.

Sebelum kita membahas poin-poin utama dan mengambil kesimpulan terlalu cepat, berikut adalah tabel yang akan menguraikan spesifikasi utama dari setiap konsol, bersama dengan PC kelas atas yang disusun sebagai perbandingan,:

Hardware PS5 Xbox Series X
CPU 8x Zen 2 Cores at 3.5GHz (variable frequency, with SMT) 8x Zen 2 Cores at 3.8GHz
(3.6GHz with SMT)
GPU 10.28 TFLOPs,
36 CUs at 2.23GHz (variable frequency)
12.16 TFLOPs,
52 CUs at 1.825GHz
Arsitektur GPU Custom RDNA 2
w/ hardware RT support
Custom RDNA 2
w/ hardware RT support
Memory 16GB GDDR6 16GB GDDR6
Memory Bandwidth 448GB/s 10GB at 560GB/s,
6GB at 336GB/s
Internal Storage Custom 825GB NVMe SSD 1TB Custom NVMe SSD
IO Throughput 5.5GB/s (Raw),
8-9GB/s (Compressed)
2.4GB/s (Raw), 4.8GB/s (Compressed)
Expandable Storage NVMe SSD Slot 1TB Expansion Card
External Storage USB HDD Support USB HDD Support
Optical Drive 4K UHD Blu-ray Drive 4K UHD Blu-ray Drive
HDMI 2.1 (4K/120Hz, 8K, VRR) 2.1 (4K/120Hz, 8K, VRR)

Seperti pada artikel sebelumnya mengenai cara merakit PC yang setara dengan PS4 Pro dan XboX One X, Computory akan membahas satu persatu pada setiap komponen utama dan memberikan alternatif komponen untuk PC.

Table of Contents

CPU

Dari segi CPU, Playstation 5 (PS5) dan Xbox Series X (XSX) akan mengusung chip 8x Zen 2 core, dengan basis frekuensi berbeda, yaitu 3,5GHz dan 3,8GHz.

Untuk menandinginya, pada PC bisa menggunakan seri intel i5 9600K 3,7GHz yang sangat mumpuni untuk gaming atau bisa juga menggunakan i5 10600K 4,8 GHz untuk hasil yang lebih maksimal, meskipun tentunya CPU saja tidak akan cukup untuk menandingi konsol.

RAM

Selanjutnya adalah pada RAM yang agak sulit untuk disamakan, karena kedua konsol sudah menggunakan DDR6 sementara kebanyakan motherboard dan RAM untuk PC hanya tersedia versi DDR4 nya.

Kedua konsol akan menyematkan RAM 16GB DDR6, sehingga untuk menyamainya menggunakan DDR4, sebaiknya gunakan RAM khusus gaming kapasitas besar minimal 16-32GB dengan frekuensi minimal 3400-3200MHz.

GPU

Selanjutnya adalah faktor penentu utama dari menentukan apakah PC akan dapat menyaingi PS5 ataupun XSX, yaitu GPU alias kartu grafis.

PS5 memiliki 10,28 TFLOP, sementara XSX 12,16 TFLOP, sehingga pada PC juga memerlukan GPU dengan kualitas yang terbilang setara, misalnya Geforce RTX 2080Ti dengan 11GB DDR6 dan 14 TFLOP.

Tetapi, meskipun PC terlihat unggul, PS5 dan XSX menggunakan arsitektur AMD RDNA 2 terbaru yang belum tersedia alternatifnya untuk PC, sehingga belum dapat dipastikan PC akan lebih baik.

SSD

Kedua konsol kali ini akan menggunakan SSD dan bukan HDD, yang terutama pada Playstation 5, dengan kecepatan transfer datanya bisa mencapai 5,5GB/s, akan sangat sulit untuk disaingi karena pada PC belum banyak tersedia SSD yang kecepatannya bisa menyamai.

Dengan kecepatan sebesar itu, akan sangat membantu PS5 dalam mengungguli XSX dan bahkan PC, terutama soal bermain game yang terkadang membutuhkan waktu loading, yang bisa diperkirakan akan menghilang dalam sekejap apabila memainkan game di PS5.

Sayangnya kapasitas penyimpanan PS5 terkesan tanggung yaitu hanya sebesar 825GB sementara XSX menawarkan penyimpanan 1TB, dan pada PC bisa diupgrade hingga jumlah yang jauh lebih besar, yang mana hal ini akan mempengaruhi jumlah game yang bisa disimpan (tanpa memperhitungkan harddisk eksternal).

Kesimpulan

Sangat sulit untuk menyaingi kedua konsol generasi terbaru ini, terutama PS5 yang dari segi spek meskipun ada beberapa yang di atas kertas masih kalah dibandingkan XSX, tetapi kemungkinan besar pada kenyataannya performa PS5 akan dapat mengungguli.

PC sendiri bukannya kalah telak, tapi pertimbangkan biaya yang diperlukan untuk bisa menyamai spek dari konsol tersebut. Harga GPU misalnya, Geforce RTX 2080Ti saat ini dibanderol dengan harga Rp20-jutaan di pasaran, sehingga bisa dibayangkan berapa total biaya yang diperlukan untuk membangun PC tersebut.

Karena, meskipun belum diumumkan, bisa jadi Playstation 5 dan Xbox Series X sepertinya akan dijual di kisaran $400 atau sekitar 5-6 jutaan, yang tentunya sangat jomplang dibandingkan biaya total merakit PC gaming yang setara.

Artikel Lainnya

2 Responses

  1. Ping-balik: Perbedaan HDD dengan SSD | Computory
  2. Ping-balik: Apa itu SSD M.2 ? | Computory

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *