Merakit PC Gaming yang Setara dengan XBOX One X

pc-gaming-vs-xbox-one-x
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Kalau anda sedang berencana ingin membangun PC Gaming yang setara dengan XBOX One X baik itu dari segi spek, performa, dan tentunya kemampuan bermain game, pada artikel kali ini akan Computory akan mencoba membantu dengan memberikan beberapa informasi terkait hal tersebut.

Tentunya ada alasan tersendiri bagi anda untuk lebih memilih merakit PC / Komputer dibandingkan membeli konsol game, misalnya karena komputer bisa digunakan untuk beragam fungsi mulai dari mengetik, desain, editing video, urusan pekerjaan, dan tentunya bermain game, sementara konsol hanya sebatas hiburan Multimedia dan Gaming saja.

Meskipun konsol game juga tentunya memiliki keunggulannya juga, seperti desainnya yang lebih ringkas, daya listrik yang lebih kecil, dan kekhususan dalam kegunaannya yang memang menjadi nilai jual utamanya.

Tapi, kalau anda memang penasaran, sekedar ingin tahu, atau bahkan memang sedang mencari informasi mengenai cara merakit PC Gaming yang kemampuannya setara dan bahkan melampaui XBOX One X, baca artikel ini sampai habis ya.

Spesifikasi XBOX One X

Sebelum mulai membahas spek PC Gaming yang akan dirakit, tentunya kita wajib mengetahui terlebih dahulu apa saja isi jeroan dari XBOX One X tersebut, supaya bisa kita cari padanannya yang setara.

Berikut ini adalah spesifikasi dari XBOX One X:

  • Custom 8 Core x86 CPU (Codename: Jaguar) @2,3 GHz
  • Custom GPU, mendukung 4K Ultra HD, HDR10
  • 8GB Flash Memory
  • 1 TB Hard disk
  • 12 GB GDDR5 Memory (RAM) dengan bandwidth sebesar 326 GB/s
  • DTS 5.1, Dolby 5.1, PCM 2.0,  Windows Sonic, Spatial Audio
  • Wifi dan Infrared
  • 2x HDMI port, 3x USB 3.0 port, IR Out, S/PDIF, Ethernet port
  • Kompatibel dengan game XBOX One
  • Kompatibel untuk 1080p TV
  • Bisa menggunakan aksesoris XBOX One

Bisa dibilang spesifikasi di atas sangat powerful meskipun masih bisa diimbangi oleh beberapa hardware yang tersedia untuk PC.

Harga jual XBOX One X sendiri saat ini apabila dilihat di marketplace seperti Toped dan sejenisnya adalah sekitar 5,5jt hingga 6jutaan, kira-kira bisa apa tidak membangun PC Gaming yang setara dengan anggaran di kisaran itu?

Spesifikasi PC Gaming yang Mengimbangi XBOX One X

Setelah mengetahui spek dari konsol tersebut, sekarang kita akan mencoba mencari padanan hardware yang sekiranya bisa menyamai kemampuan XBOX One X, mulai dari processor, GPU, RAM, dan lain sebagainya.

Kalau benar-benar ingin menyamai apple-to-apple dari masing-masing komponen, anggaran yang diperlukan untuk merakit PC Gaming tentunya akan sangat jauh lebih besar, terutama pada faktor CPU dan Memory (RAM) dari XBOX One X yang sangat-sangat powerful, dan ini belum berbicara soal kualitas suara yang mereka miliki.

BACA JUGA  Merakit PC Gaming yang setara dengan Playstation 4 Pro

Ditambah lagi pada PC/Komputer yang memiliki banyak kegunaan, itu juga berarti kinerja hardware akan terbagi-bagi pada beberapa hal saat kita bermain game, misalnya untuk keperluan OS, software, dan aplikasi.

Tapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan, terutama sejak AMD mengeluarkan CPU seri Ryzen yang disebut-disebut sangat baik performa serta integrasi GPUnya sehingga pada beberapa kasus anda tidak memerlukan VGA card lagi untuk bermain game dengan settingan yang lumayan.

1. CPU

Untuk memilih CPU yang tepat, ada beberapa alternatif yang bisa anda coba, diantaranya AMD seri Ryzen, minimal sekali adalah Ryzen 3 1200 atau 2200, atau kalau anda fans dari intel bisa mencoba minimal Intel Core i5-9400F.

2. Motherboard

Kemudian untuk motherboard, anda bisa lebih leluasa memilih selama socket CPU yang anda pilih sesuai dengan processor pilihan, dan juga akan lebih baik apabila memilih yang sudah dilengkapi minimal dengan sound card 5.1 dan slot RAM yang cukup.

3. RAM / Memory

Bicara soal RAM, sangat disarankan untuk memasang RAM minimal 8 GB (4GB x 2) DDR4 guna dapat menandingi memory bawaan XBOX One X yang memiliki kapasitas 12 GB GDDR5 dengan bandwidth sebesar 326 GB per detik.

Akan lebih baik pula apabila anda memilih RAM dengan performa tinggi, seri OC, atau yang memang dirancang khusus gaming.

4. Kartu Grafis

Meskipun anda memilih CPU seri Ryzen, bukan berarti anda tidak memerlukan kartu grafis sendiri karena akan sangat sulit menyamai spek dari XBOX One X yang menyajikan tampilan grafis 4K Ultra HD dengan HDR.

Spek minimal yang disarankan adalah seri Radeon RX 580 8 GB untuk hasil yang sekiranya dapat mengimbangi, meskipun tidak bisa menyajikan kualitas 4K tapi setidaknya tidak akan kewalahan saat memainkan game dengan settingan grafis ultra atau high.

Pada kartu grafis inilah sebagian besar anggaran anda akan dihabiskan karena harganya yang cukup tinggi, di mana RX 580 dijual dengan harga sekitar 2,5jt – 2,9jt an.

Untuk penggemar NVIDIA juga bisa memilih minimal seri GTX 1660 6 GB yang menyajikan kualitas gaming terbaik di layar 1080p, dengan harga jualnya saat artikel ini ditulis adalah sekitar 3juta-an.

BACA JUGA  6 Motherboard AMD AM4 di Bawah 1 Juta

5. Hard Disk

Untuk hard disk, anda bisa membeli yang berkapasitas sama yaitu 1 TB atau berapapun sesuai kebutuhan, dengan kecepatan minimal 7200rpm, dan apabila ada dana lebih juga bisa menggunakan SSD pada drive C atau untuk kebutuhan booting OS yang cepat.

6. Lainnya

Sisanya anggaran anda akan digunakan untuk menyajikan komponen lainnya seperti Power Supply, Blu-Ray Drive (ini opsional), dan juga memilih casing PC sesuai dengan selera anda masing-masing.

Dari kesemua komponen tersebut yang paling tidak boleh anda sepelekan adalah Power Supply (PSU) yang sangat berpengaruh dalam menjaga kestabilan arus listrik ke masing-masing komponen, dan disarankan memilih PSU dengan daya minimal 450watt (pure), jadi jangan pilih merk yang tidak jelas.

Aliran listrik yang stabil ke masing-masing komponen akan memastikan setiap komponen tersebut berfungsi dengan optimal dan berjalan lancar, serta berfungsi untuk menjaga keawetan dari masing-masing komponen tersebut.

Berapa Anggarannya ?

Bicara soal anggaran tentunya mahal dan murah itu sifatnya relatif sehingga akan kembali lagi ke diri anda masing-masing, namun apabila anda ingin menyamai harga dari XBOX One X, berikut beberapa contoh kombinasi spek komponen yang bisa anda coba:

Spek A (sekitar 6-8 jutaan):

  • Processor / CPU: Ryzen 3 2200g (3.5GHz, 4-core), integrated GPU 8 core
  • Motherboard: ASRock A320M-HDV (Micro-ATX)
  • RAM: Corsair Vengeance 8GB DDR4 (2x4GB)
  • Kartu grafis: Radeon RX 580 8GB
  • Hard Disk: Western Digital 1TB Caviar Blue 3.5” 7200RPM HDD
  • Optical Drive: Samsung SH-B123L/BSBP
  • Power Supply: Corsair CX550M 550W
  • Casing: bebas

Spek B (sekitar 10 jutaan):

  • Processor / CPU: Intel Core i5-9400F (tidak ada GPU)
  • Motherboard: Gigabyte Z390 UD
  • RAM: Corsair Vengeance 8GB DDR4 (2x4GB)
  • Kartu grafis: NVIDIA GTX 1660
  • Hard Disk: Western Digital 1TB Caviar Blue 3.5” 7200RPM HDD
  • Optical Drive: Samsung SH-B123L/BSBP
  • Power Supply: Corsair CX550M 550W
  • Casing: bebas

Dengan anggaran yang menyamai dan bahkan melebihi pun sebenarnya tidak bisa dibilang cukup untuk mengungguli spek dari XBOX One X, tapi dari sisi performa dan dengan sedikit utak-atik pada settingan, bermain overclock, penggunaan komponen tambahan seperti CPU Cooler dan pasta thermal yang berkualitas, sangat mungkin untuk bisa mengejar performa dari XBOX One X.

Semoga panduan mengenai cara merakit PC Gaming yang setara dengan XBOX One X ini bisa membantu anda ya, selamat merakit dan mencoba sendiri.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

3 Responses

  1. Ping-balik: FIFA 21 Akan Hadir di Steam, Butuh RAM Minimal 8GB | Computory
  2. Ping-balik: Dapatkah PC Saingi Playstation 5 dan Xbox Series X ?
  3. Ping-balik: Merakit PC Gaming yang setara dengan Playstation 4 Pro

Tinggalkan Balasan