HardwareMonitorPanduan

Cara Membersihkan Monitor Komputer yang Aman & Benar

Apakah monitor komputer Anda sudah kotor dan kusam? Jika iya, mari Anda ikuti panduan cara membersihkan monitor komputer dengan benar dan aman yang telah kami rangkumkan. Sebab, menjaga komputer tetap bersih adalah kebiasaan yang perlu dilakukan.

Laptop yang sering digunakan juga dapat terkena debu, salah satunya pada bagian layar. Bila layar monitor terdapat kotoran, tentu akan mengganggu aktivitas Anda. Namun, salah membersihkan layar LCD juga bisa membuat laptop Anda rusak.

5 Cara Membersihkan Monitor Komputer

Pada saat membersihkan monitor, kita harus sangat berhati-hati dan tidak boleh asal gosok-gosok layar saja. Bahan kimia keras mungkin baik-baik saja untuk jendela dan meja dapur, tetapi tidak untuk monitor komputer karena dapat mengikis lapisannya.

Hindari kain lap, tisu dapur, kaos lama atau bahan apapun yang biasa Anda gunakan untuk membersihkan rumah. Layar monitor lebih halus daripada tampilannya.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara membersihkan dan merawat layar komputer dengan baik dan tepat. Silahkan simak ulasannya dibawah ini.

1. Kenali Jenis Layar Komputer Anda

Terdapat dua macam jenis layar laptop dan komputer yang biasa ditemukan, yaitu layar laptop/komputer tanpa lapisan kaca dan layar laptop/komputer berlapis kaca. Layar dengan lapisan kaca lebih kuat dan tahan terhadap kelembaban dari berbagai produk pembersih.

Sedangkan layar tanpa lapisan kaca akan lebih mudah rusak jika terkena produk pembersih tertentu. Misalnya, perangkat laptop yang telah dilapisi kaca bisa Anda bersihkan dengan alkohol isopropil 70 persen.

Untuk layar LCD, Anda bisa membersihkannya dengan memakai kain microfiber atau dengan tisu basah yang tidak merusak lapisan layar laptop.

2. Matikan Monitor

Sebelum ke cara membersihkan monitor komputer, pastikan Anda sudah mematikan laptop atau PC. Membersihkan monitor saat menyala dan semua piksel menyala dapat berpotensi menimbulkan sengatan listrik yang tidak menyenangkan.

3. Bersihkan dengan Kain Kering

Sebelum membersihkan layar laptop maupun layar PC dengan cairan tertentu agar seperti baru, sebaiknya Anda membersihkannya dengan kain kering dulu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di layar.

Anda bisa menggunakan kain microfiber yang kering sehingga debu-debu dapat terangkat dengan baik. Jangan lupa usapkan kain dengan arah memutar dan menekan.

4. Pakai Larutan Pembersih

Cara membersihkan monitor komputer berikutnya adalah dengan larutan pembersih. Namun perlu diingat, jangan menggunakan larutan larutan pembersih Abrasif. Jenis cairan ini mengandung peroksida dan pemutih yang akan merusak layar laptop Anda.

Cara pakainya mudah, Anda bisa celupkan spons pada cairan pembersih dan peras sampai spons tidak meneteskan air lagi. Lalu, usaplah monitor dengan spons tersebut secara hati-hati tanpa menyentuh bagian lubang-lubang pada layar yang berhubungan dengan sistem.

Jangan sekali-kali menyemprotkan air atau cairan pembersih lainnya langsung ke monitor,  karena dapat merusak komponen elektronik di dalamnya. Semprotkan cairan ke kain, peras kain tersebut, lalu seka layar dengan hati-hati menggunakan sapuan lebar.

5. Biarkan Monitor Mengering

Jika sudah selesai dengan membersihkannya secara hati-hati, keringkan monitor secara perlahan dengan kain microfiber yang bersih dan lembut atau biarkan mengering dengan sendirinya.

Kain microfiber merupakan jenis kain sintetis yang terbuat dari 80 persen bahan polyester, dan 20 persen polyamide. Untuk menghindari merusak listrik akibat kelembaban, pastikan layar benar-benar kering sebelum dinyalakan kembali.

Penutup

Itulah step by step cara membersihkan monitor komputer yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk yang membacanya dan selamat mencoba!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock