Cloudflare WAF-Web Application Firewall

cloudflare-waf-web-application-firewall
Apa itu Cloudflare WAF (Web Application Firewall)
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Telah dilbaca sebanyak: 12 views

Apakah anda memiliki aplikasi atau website sendiri yang anda gunakan untuk bisnis anda? Jika iya, maka anda memerlukan sebuah proteksi atau perlindungan yang anda perlukan untuk website atau aplikasi anda tersebut. Hal ini tentu dapat mencegah data-data anda keluar ataupun melindunginya dari eksploitasi web umum. Salah satu yang harus anda lakukan untuk melindungi akun bisnis anda tersebut ialah dengan memberikan proteksi seperti web application firewall. Berikut ini tim Indonesian Cloud akan berbagi informasi menarik seputar salah satu jenis dari web application firewall yaitu Cloudflare WAF.

Cloudflare WAF

Cloudflare WAF ialah sebuah aplikasi yang menjadi salah satu jenis dari web application firewall dimana memiliki peran untuk memberikan perlindungan kepada aplikasi web ataupun API yang anda miliki. Perlindungan ini ialah perlindungan dari adanya eksploitasi web umum dimana akibat dari eksploitasi ini adalah dapat mempengaruhi ketersediaan, mengganggu keamanan ataupun memakai sumber daya yang sudah berlebihan.

Dengan adanya Cloudflare WAF ini maka akan memberikan suatu kontrol kepada anda terkait bagaimana aktifitas suatu lalu lintas yang menjangkau aplikasi atau web milik anda dan akan memungkinkan anda untuk memberikan sebuah pengaturan keamanan yang dapat memblokir adanya serangan umum. Serangan umum yang dimaksud contohnya ialah injeksi SQL ataupun skrip lintas situs serta berbagai aturan yang memfilter pola lalu lintas khusus yang dapat anda tetapkan sendiri.

Pengaturan-pengaturan tersebut dapat anda mulai dengan sangat mudah dan cepat dengan cara menggunakan aturan terkelola untuk Cloudflare WAF. Ini merupakan sebuah rangkaian dari suatu aturan yang terkonfigurasi serta dikelolaa oleh AWS ataupun penjual di AWS Marcketplace. Tool dari aturan terkelola yang ada di Cloudflare ini digunakan untuk WAF dan menangani berbagai permasalahan seperti yang sudah di list oleh OWASP mengenai 10 resiko keamanan teratas. Aturan-aturan tersebut selalu diperbarui secara berkala ketika munculnya suatu permasalahan baru. Dengan adanya API yang ada di Cloudflare WAF, maka anda dapat melakukan pembuatan secara otomatis, penerapan serta pemeliharaan dan aturan keamanan WEB.

BACA JUGA  Cara Melihat dan Mengedit Shortcut Keyboard di Gmail

Pembayaran Cloudflare WAF

Untuk pembayaran, Cloudflare WAF ini tidak akan mencekik penggunanya. Pasalnya, total pembayaran yang muncul adalah hasil penggunaan fitur-fitur yang anda gunakan saja. Sehingga ini tidak terkesan boros karena adanya pembayaran fitur lain yang tidak terpakai. Harga benar-benar didasarkan pada jumlah aturan yang anda terapkan di akun anda. Selain itu, dihitung juga dari seberapa banyak permintaan web yang anda terima di web anda. Anda juga tidak perlu membayar biaya komitmen di muka.

Untuk menerapkan Cloudflare WAF ini anda bisa menggunakan jasa dari Indonesian Cloud sebagai bagian dari solusi untuk kepentingan anda.

Keuntungan Penggunaan Cloudflare WAF

Perlindungan Tangkas Terhadap Serangan Web

Penggunaan Cloudflare WAF ini tidak memerlukan waktu yang lama karena anda dapat dengan cepat melakukan penyebaran aturan serta pembaruan kurang lebih dalam waktu satu menit. Dengan waktu tersebut, anda sudah bisa memperbarui keamanan dari web atau aplikasi anda di seluruh lingkungannya saat terjadi suatu masalah. Selain kecepatannya WAF juga bisa mendukung berbagai aturan-aturan dimana ia dapat melakukan pemeriksaan di setiap bagian dari berbagai permintaan-permintaan di web. Ia juga dapat meminimalisir dampak latensi minimal terhadap lalu lintas masuk.

Aturan-aturan yang anda buat dapat melakukan perlindungan website atau aplikasi anda dari adanya serangan lalu lintas. Anda dapat mengaturnya sendiri misalnya ketika anda ingin melindungi web anda seperti alamat IP, isi HTTP, header HTTP, ataupun string URL. Dengan aturan-aturan yang anda buat tersebut, maka anda dapat melakukan blokir dari serangan aman, seperti serangan skrip lintas situs ataupun injeksi SQL.

Hemat Waktu dengan Aturan Terkelola

Anda juga bisa mulai melindungi aplikasi web atau API anda dari berbagai serangan umum dengan waktu yang cepat menggunakan aturan terkelola untuk Cloudflare WAF. Berbagai jenis aturan dapat anda pilih untuk pengaplikasiannya. Contoh aturan yang dapat anda gunakan ialah aturan-aturan yang menangani masalah seperti 10 resiko keamanan teratas dari the open web application security project atau yang biasa disebut OWASP. Selain itu anda juga bisa menggunakan aturan yang ancamannya spesifik yaitu content management system atau CMS. Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk melakukan pembangunan suatu aplikasi.

Kemudahan dalam Penerapan serta Pemeliharaan

Cloudflare WAF ini memiliki banyak sekali manfaat jika digunakan untuk keperluan website ataupun aplikasi anda. Keuntungan berikutnya adalah ketika anda menggunakan ini, maka anda dapat memiliki kemudahan untuk mengaplikasikannya. Pemeliharaan website ini pun juga sangat mudah sehingga anda tidak perlu bersusah-susah untuk mempelajarinya. Anda juga dapat secara terpusat untuk menentukan serta melakukan pengelolaan untuk aturan anda dengan adanya integrase AWS Firewall Manager. Anda juga bisa menggunakan kembali aturan ini secara menyeluruh di aplikasi ataupun web yang ingin anda lindungi.

BACA JUGA  Daftar Router Wi-Fi Terbaik Saat Ini

Peningkatan Visibilitas Lalu Lintas Web

Apakah anda ingin membuat aturan baru ataupun peringatan yang baru? Maka, dengan Cloudflare WAF anda bisa memiliki visibilitas real-time ke lalu lintas dari web anda. Anda sangat mungkin untuk melakukan pemantauan terhadap aplikasi atau web anda dari tingkat aturan hingga seluruh lalu lintas masuk karena anda memiliki kontrol yang menyeluruh tentang pengeluaran metric anda. Cloudflare WAF juga menawarkan keuntungan lain yaitu logging yang komprehensif. Hal ini dapat anda lakukan dengan pengambilan data header yang lengkap dari permintaan web yang biasanya digunakan untuk tujuan analisis, audit serta automasi keamanan.

Perlindungan Aplikasi Web yang Hemat Biaya

Di part sebelumnya kita sudah mengabarkan bahwa ketika anda menggunakan Cloudflare WAF ini anda hanya akan diminta untuk melakukan pembayaran berdasarkan tools yang digunakan saja. Terdapat penawaran berupa layanan mandiri yang bisa dikustomisasi serta penetapan biayanya juga didasarkan pada banyaknya permintaan web yang diterima oleh aplikasi dari web anda. Anda juga tidak perlu untuk membayar biaya komitmennya di muka ataupun membayar biaya minimum.

Kemanan yang Terintegrasi

anda konfigurasikan di setiap fitur yang ada di Cloudflare WAF. Ketika mereka mengembangkan aplikasi, maka dengan Cloudflare WAF ini anda dapat menetapkan aturan spesifik pada aplikasi serta meningkatkan keamanannya. Dengan hal ini, maka anda bisa menempatkan beberapa titik untuk meningkatkan keamanan web. Hal ini berfungsi dalam rantai pengembangannya seperti saat awal penulisan kode, penerapan perangkat lunak oleh DevOps, dan yang terakhir ialah ketika administrator keamanan melakukan penerapan dari satu perangkat aturan pada seluruh organisasi.

Itulah informasi terkait Cloudflare Web Application Firewall yang perlu anda ketahui dimana hal ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan pada aplikasi ataupun website anda. Apabila anda membutuhkan pengaplikasian dari Web Application Firewall, maka anda bisa menggunakan jasa dari Indonesian Cloud.

Artikel Terkait

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments