Apa itu SSD M.2 ?

apa-itu-ssd-m2
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut akan Computory berikan apa yang dimaksud dengan SSD M.2 mulai dari definisi hingga fungsinya.

SSD M.2 atau M2 adalah salah satu jenis SSD (solid-state drive) yang berbentuk persegi panjang dengan ukutan yang cepat. SSD ini umumnya lebih cepat tetapi harganya akan lebih mahal dibandingkan SSD  2,5 inci.

Laptop tipis saat ini sudah mulai banyak yang menggunakan SSD M.2 karena ukurannya yang tidak sebesar SSD 2,5 inci atau hard drive tersebut.

SSD M.2 tersedia hingga 2TB dalam ukuran penyimpanan. Hal ini tergolong masih kecila apabila dibandingkan dengan kapasitas HDD atau SSD 2,5 yang dijual di pasaran.

Untuk menggunakan SSD M.2 di PC desktop atau laptop, Anda membutuhkan motherboard dengan slot M.2. Beberapa motherboard memiliki dua atau lebih slot M.2, memungkinkan Anda untuk menjalankan SSD di RAID.

Sementara SSD 2,5 inci menggunakan bus SATA, yang memulai debutnya pada tahun 2000 dan pada awalnya diarahkan ke hard drive, SSD M.2 bisa menggunakan SATA ataupun slot PCI Express (PCIe) , tergantung pada tipe produknya.

Jadi SSD M.2 dapat berbasis SATA, berbasis PCIe dengan dukungan NVMe, atau berbasis PCIe tanpa dukungan NVMe. SSD M.2 dengan dukungan NVMe menawarkan bandwidth hingga lima kali lebih banyak daripada model SATA M.2, menghadirkan kinerja yang lebih baik dalam tugas-tugas utama, seperti transfer file, mengedit video atau foto, transcoding, kompresi dan dekompresi.

Kebanyakan SSD M.2 berukuran 22 x 80mm (Lebar x Panjang), tetapi bisa lebih pendek atau lebih panjang. Anda dapat mengetahui ukuran SSD M.2 dengan membaca angka empat atau lima digit pada namanya atau pada papan sirkuit tercetak (PCB). Dua angka pertama adalah lebarnya, sedangkan yang lain panjangnya (contoh: M.2 Tipe-2280).

BACA JUGA  Apa Fungsi Clock Speed pada Processor ?

Jenis SSD M.2

Di bawah ini adalah ukuran SSD M.2 yang umum:

  • M.2 Tipe-2280 (22 x 80mm)
  • M.2 Tipe-2230 (22 x 30mm)
  • M.2 Tipe-2242 (22 x 42mm)
  • M.2 Tipe-2260 (22 x 60mm)
  • M.2 Type-22110 (22 x 110mm)

Baca juga artikel lainnya:

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan