Cara Mengatasi Error “File Is Open in Another Program” di Windows 10

mengatasi-error-file-open-another-program-windows-10
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Telah dilbaca sebanyak: 7 views

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai cara mengatasi error “File Is Open in Another Program” di Windows 10 guna menambah pengetahuan dan informasi.

Saat menggunakan Windows 10, Anda mungkin telah mencoba menghapus file atau memindahkannya ke lokasi lain dan mengalami error yang menyatakan “Action Cannot Be Completed Because The File is Open in Another Program,,” padahal Anda belum membuka file tersebut di program apapun.

Ada beberapa alasan mengapa error ini dapat muncul, dan berikut adalah beberapa perbaikan yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

Apakah File Terbuka di Komputer Lain?

Jika komputer Anda terhubung ke jaringan lokal, baik di rumah atau di kantor, maka kemungkinan file yang ingin Anda tutup terbuka di tempat lain di jaringan (bahkan mungkin secara tidak sengaja!).

Jika Anda menduga bahwa file tersebut mungkin terbuka di komputer lain di jaringan, cobalah melakukan hal berikut ini untuk memastikannya:

Klik Start, lalu cari dan buka Computer Management

Buka File Di Program Lain Windows Putuskan Buka File

Di jendela yang terbuka, klik panah drop-down di sebelah System Tools, panah drop-down di sebelah Shared Folders, lalu pilih Open Files.

Melakukan ini akan menampilkan semua file yang dibagikan (shared files) yang terbuka di jaringan lokal. Anda dapat mengklik kanan file tersebut lalu menutupnya atau mengklik ruang kosong dan pilih “Disconnect All Open Files.”

Cari File di Task Manager

Gunakan shortcut Ctrl + Shift + ESC untuk membuka Task Manager.

BACA JUGA  10 Game PC Gratis Terbaik di Tahun 2020
Kesalahan File Pengelola Tugas Akhir Tugas

Cari file di tab Processes yang menunjukkan semua aplikasi yang sedang digunakan, baik dengan atau tanpa sepengetahuan Anda.

Pilih file dan ketuk opsi “End Task” di dekat bagian bawah jendela Task Manager untuk menghentikan file agar tidak digunakan oleh suatu program.

Kembali ke file dan coba hapus lagi. Jika masih tidak berhasil, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Mulai ulang File Explorer melalui Task Manager

Sekali lagi, buka Task Manager dan buka tab Processes.

Gulir ke bawah sampai Anda menemukan proses Windows Explorer. Klik kanan, lalu klik “End Task.

Buka File Di Program Lain Tugas Akhir Windows

Buka File di bagian atas jendela Manajer dan pilih “Run New Task.”

Di jendela baru yang terbuka, ketik “explorer.exe” dan tekan Enter.

Kesalahan File Mulai Tugas Baru

Proses ini akan memulai ulang Windows Explorer untuk menyelesaikan masalah dengan memori atau file cache yang mungkin menyebabkan masalah.

Sekali lagi, buka file dan coba hapus, dan jika masih tidak berhasil, lanjutkan ke cara berikutnya.

Matikan Caching Thumbnail di File thumbs.db tersembunyi

Microsoft telah mengakui di masa lalu bahwa cache thumbnail yang berkaitan dengan file dan folder dapat menyebabkan error File is Open In Another Program, jadi menangani cache thumbnail dapat membantu menyelesaikan error.

1. Tekan Win (logo windows) + R.

2. Ketik gpedit.msc, lalu tekan Enter.

Kesalahan File Jalankan Tugas Gpedit

3. Di jendela baru yang muncul, buka “User Configuration -> Administrative Template -> Windows Component -> File Explorer.”

Kesalahan File Editor Grup Kebijakan Lokal

4. Pergi ke panel kanan dan klik dua kali pada “Turn off the caching of thumbnails in hidden thumbs.db files

Kesalahan File Matikan Caching Thumbs

5. Pilih tombol di sebelah Enabled dan kemudian Apply, diikuti oleh OK.

BACA JUGA  Daftar Motherboard Intel B360 Terbaik

Semua thumbnail di File Explorer sekarang akan dinonaktifkan, memungkinkan Anda untuk melakukan tindakan yang diinginkan pada file. Setelah itu, kemudian Anda dapat mengaktifkan kembali thumbnail dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mengubah kebijakan kembali ke “Not Configured.”

Hapus File Sementara

File sementara disimpan di komputer Anda setiap kali Anda memodifikasi file dengan cara apa pun. File-file sementara ini banyak yang mencegah Anda memindahkan atau menghapus file terkait. Berikut adalah bagaimana Anda dapat menyingkirkan file-file sementara dari penyimpanan komputer Anda.

1. Tekan Win + R.

2. Ketik %temp% ke bilah input dan tekan Enter.

Kesalahan File Jalankan Tugas File Temp

3. Di folder baru yang terbuka berisi semua file sementara yang disimpan di File Explorer Anda, tekan Ctrl + A untuk memilih semua file dan menghapusnya bersama-sama.

Kesalahan File Hapus File Temp

4. Mungkin masih ada file sementara yang disimpan di lokasi lain. Sekali lagi, tekan Win + R, Ketikkan temp dan tekan Enter.

Kesalahan File Tugas File Temp Lainnya

5. Sekali lagi, pilih semua file sementara di folder yang terbuka dan hapus semuanya.

Lakukan scan virus pada folder

Akhirnya, jika tidak ada metode di atas yang berhasil, masalahnya mungkin lebih serius. Mungkin ada virus yang terkait dengan file yang mencegah Anda membuat perubahan pada file. Jalankan file melalui perangkat lunak antivirus Anda untuk menemukan virus atau malware yang mungkin ada di dalamnya.

Jika hal ini terjadi, karantina file menggunakan perangkat lunak antivirus Anda dan hapus file tersebut sebelum dapat menginfeksi file lain.

Artikel Terkait

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments