Apa Fungsi SATA pada Motherboard ?

fungsi-sata-pada-motherboard
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini Computory akan menjelaskan mengenai Apa Fungsi SATA pada Motherboard secara lengkap sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Fungsi SATA

Serial Advanced Technology Attachment (serial ATA, SATA atau S-ATA) adalah antarmuka komputer pada Motherboard yang digunakan untuk menghubungkan adaptor bus host dengan perangkat penyimpanan massal seperti drive optik dan hard disk serta SSD.

Antarmuka ini biasanya digunakan untuk menghubungkan hard disk ke sistem host seperti motherboard komputer.

SATA adalah pembaruan untuk standar pensinyalan paralel (parallel ATA atau PATA) tahun 1980-an yang digunakan untuk elektronik drive terintegrasi yang disempurnakan (Enhanced Integrated Drive Electronics / EIDE)  dan drive elektronik terintegrasi (Integrated Drive Electronics / IDE) sebelumnya .

Serial ATA diperkenalkan pada tahun 2005, dan kemudian pada tahun 2010, diperbarui untuk menggunakan kabel data dengan tujuh konduktor yang terdiri dari tiga kabel dan empat dua pasang jalur data aktif dengan konektor wafer di setiap ujungnya.

SATA menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan ATA dan PATA. Fitur yang paling ditingkatkan adalah pertukaran panas dan kecepatan transfer data yang lebih cepat. Hot swapping adalah kemampuan untuk mengganti komponen sistem komputer tanpa harus mematikan sistem.

Sistem yang lebih lama harus dimatikan sebelum mengganti atau memasang modul sistem SATA. Kecepatan transfer data 6 Gbps SATA juga jauh lebih cepat daripada ATA dan PATA.

Antarmuka standar untuk SATA adalah antarmuka pengontrol host tingkat lanjut (AHCI), yang mencakup fitur-fitur inovatif seperti hot swapping dan antrian perintah asli.

Jika motherboard atau chipset tidak mendukung AHCI, SATA biasanya akan berjalan dalam mode emulasi IDE, yang tidak mendukung fitur-fitur canggih.

SATA juga memungkinkan Native Command Queueing (NCQ). Teknologi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dengan membiarkan hard disk menambah urutan penerapan perintah baca / tulis. NCQ memungkinkan beberapa perintah untuk dijadwal ulang dan memungkinkan tuan rumah untuk mengirim lebih banyak perintah ke hard disk drive sambil mencari data untuk perintah lain.

NCQ juga memungkinkan drive untuk mentransfer data menggunakan operasi akses memori langsung tanpa gangguan dari CPU.

Semoga penjelasan kami mengenai Apa Fungsi SATA pada Motherboard ini akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami bahas pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan