Tips Menjaga Kebersihan Komputer

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Jika komputer Anda banyak digunakan dan tetap menyala berjam-jam, adalah ide yang baik untuk membersihkannya sesekali. Bagaimana caranya?

Salah satu masalah utama pada komputer adalah debu. Membersihkan debu ini dapat memperpanjang usia komputer Anda dan membuatnya tetap bekerja lebih cepat dan lebih tenang.

Jika Anda memiliki komputer desktop maka tempat debu utama terakumulasi adalah di sekitar unit CPU dan area kipas. Untuk mencegah prosesor Anda dari panas berlebih, ada kipas yang terhubung ke unit pendingin yang terletak di atas prosesor untuk menyebarkan panas.

Kipas ini meniupkan udara ke pendingin untuk mendinginkannya saat panas dilewatkan dari CPU. Karena kipas terus-menerus meniupkan udara, ia juga meniupkan partikel debu di udara ke dalam pendingin, lama-kelamaan ini dapat menyumbat pendingin komputer yang mengurangi efektivitasnya.

Karena debu, kipas Anda mungkin harus bertiup lebih cepat sehingga lebih keras dan lebih boros listrik untuk dijalankan. Biasanya Anda dapat melihat apakah kipas tersumbat hanya dengan membuka komputer Anda dan melihatnya.

Jika kipas pendingin Anda benar-benar tersumbat oleh debu dan kotor, itu ide yang baik untuk membersihkannya. Saat berurusan dengan bagian dalam komputer Anda atau apa pun listrik, pastikan daya dimatikan dan dicabut dahulu.

Cara terbaik untuk membersihkan bagian dalam komputer Anda adalah dengan menggunakan sekaleng udara bertekanan (Air compressor) dan nozzle khusus, Anda dapat membelinya dari toko komputer yang bagus. Nozzle semprotan berguna untuk masuk ke tempat-tempat sulit. Saat menyemprotkan udara bertekanan ke komputer Anda, pastikan Anda tidak menyemprotkannya selama kondensasi dapat membentuk beberapa tetes air.

Setelah menghanyutkan debu dari pendingin komputer Anda, lap dengan lembut menggunakan kain anti-statis. Anda juga dapat menggunakan udara tekan untuk membersihkan unit daya dan keyboard Anda.

BACA JUGA  3 Cara Menyembunyikan Folder dan File di Windows 10

Membersihkan bagian dalam komputer Anda tidak butuh waktu lama asalkan Anda memiliki peralatan yang benar, dan setelah selesai Anda segera melihat peningkatan kinerja komputer Anda.

Kipas tidak perlu bertiup dengan keras sehingga akan lebih tenang dan berkat prosesor yang bekerja pada suhu yang lebih dingin, seluruh komputer Anda umumnya harus berjalan lebih cepat. Disarankan untuk mencoba membersihkan komputer setiap 4 atau 5 bulan agar tetap beroperasi secara efisien.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

One Response

  1. Ping-balik: 6 Cara Merawat Layar Laptop | Computory

Tinggalkan Balasan