PanduanSoftwareWindows

Cara Download dan Instal Windows 11

Berikut ini Computory akan berikan bagaimana cara download dan instal Windows 11, yang diperkirakan akan menjadi sistem operasi terbaru keluaran dari Microsoft.

Microsoft secara resmi mengadakan acara yang mengumumkan peluncuran Windows 11 yang merupakan versi berikutnya dari sistem operasi mereka. Walaupun begitu, Microsoft sendiri tampaknya belum benar-benar mempromosikan OS ini.

Windows 11 nantinya akan memperbarui ikon sistem operasi (dengan sudut membulat) dan grafik yang juga baru, pembaruan dari Microsoft Store, Taskbar baru, fitur Windows Snap baru, dan banyak lagi.

Bisakah PC Anda Menjalankan Windows 11?

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memastikan PC Anda dapat menjalankan Windows 11. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah processor yang digunakan harus mendukung TPM (Trusted Platform Module) versi 2.0. Untuk memeriksanya akan kami jelaskan pada artikel mendatang.

Kemudian, untuk mengetahui apakah PC Anda memenuhi persyaratan spek minimum, Anda perlu mengunduh dan menjalankan aplikasi bernama Windows PC Health Check yang bisa digunakan untuk memeriksa kesehatan situs, dan juga untuk melihat apakah PC/laptop milik Anda memenuhi syarat atau tidak.

Pemeriksaan Kesehatan Windows 11

Tetapi jika Anda mendapatkan pesan yang mengatakan tidak memenuhi persyaratan, Anda tidak perlu khawatir. Microsoft mengakui bahwa aplikasi tersebut masih membutuhkan beberapa revisi, pembaruan, dan akan segera meluncurkan versi yang diperbarui.

Poin terpentingnya adalah apakah CPU Anda memiliki Trusted Platform Module (TPM) 2.0 atau tidak. Tetapi bahkan jika CPU Anda memiliki TPM versi 1.2, maka PC akan tetap dapat menjalankan Windows 11.

Cara Instal Windows 11

Jika Anda ingin mendapatkan Windows 11 lebih awal, Anda harus bergabung dengan Program Insider Windows. Namun, perlu diingat bahwa Program Insider berisi versi awal (beta) dari OS. Jadi hanya instal di PC sekunder atau mesin virtual – bukan komputer produksi utama Anda.

Untuk bergabung dengan program Insider dari mesin Windows 10 Anda, buka Start > Settings > Update & Securities > Windows Insider Program. Perhatikan bahwa Anda harus mengaktifkan Optional Diagnostic Data untuk bergabung dengan program.

Masuk dengan akun Microsoft yang ingin Anda gunakan untuk program Insider, lalu pilih saluran yang ingin Anda buat. Anda dapat memilih Dev (build paling awal) atau Release Preview (build sedikit lebih lama tetapi lebih stabil).

Png;base64,iVBORw0KGgoAAAANSUhEUgAAAYYAAADcAQMAAABOLJSDAAAAA1BMVEUAAACnej3aAAAAAXRSTlMAQObYZgAAACJJREFUaIHtwTEBAAAAwqD1T20ND6AAAAAAAAAAAAAA4N8AKvgAAUFIrrEAAAAASUVORK5CYII=

Catatan: Selalu download dari link resmi Microsoft dan jangan menggunakan sembarang link download yang beredar di Internet, karena ditakutkan link tersebut akan disematkan virus Malware, Dpyware, dan sejenisnya.

Perlu diingat kembali bahwa versi Windows 11 ini belum final dan belum disebarkan secara luas untuk tujuan komersil, jadi fitur-fitur dan desain UI yang ada di dalamnya pun belum final.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock