HardwareKeyboardLaptopPanduan

8 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Berikut ini beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi bagi yang sedang mengalami masalah tersebut, yang diharapkan akan membantu mengatasinya.

Keyboard laptop yang tidak berfungsi, terutama apabila terjadi saat digunakan, pastinya akan sangat mengganggu pekerjaan yang sedang kita lakukan pada laptop tersebut. Terlebih lagi apabila laptop yang kita miliki dan gunakan itu tidak memiliki layar jenis touch-screen yang membuat peran keyboard menjadi semakin krusial.

Sebagai alat input utama di samping mouse, keyboard sendiri memiliki banyak fungsi yang sebagian besar terkait dengan pengetikan, baik itu mengetik dokumen, mengetik password untuk login ke sistem operasi, mengetik baris kode atas program yang sedang kita buat, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan keyboard pada PC / komputer desktop yang bisa dilepas-pasang dan dapat dengan mudah diganti dengan yang baru, keyboard laptop terintegrasi ke dalam badan casing utama laptop, dan untuk menggantinya tidak semudah membeli yang baru.

Keyboard laptop yang tiba-tiba tidak berfungsi itu tidak selalu berarti ada kerusakan fisik pada keyboard tersebut, karena bisa saja yang mempengaruhinya adalah sistem operasi, software, atau game yang sedang kita jalankan.

Lalu, bagaimana cara untuk memperbaiki keyboard yang menjadi tidak berfungsi tersebut?

8 Cara Ampuh Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Sebagai catatan, untuk pembahasan kali ini, fokus utama kami adalah laptop yang menggunakan sistem operasi Windows dan bukan Mac atau Linux, meskipun ada beberapa metode yang nantinya juga bisa dicoba, terutama yang tidak berhubungan dengan sistem operasi.

Untuk pembahasan mengenai cara memperbaiki keyboard Mac dan Linux akan kami berikan pada artikel mendatang.

Restart / Reboot Laptop

Terkadang solusi atas semua kendala yang sering terjadi pada laptop. PC, dan perangkat sejenis itu bisa diatasi dengan cara yang paling mudah dan sederhana.

Cobalah restart atau reboot laptop Anda apabila keyboard tiba-tiba tidak berfungsi dan lihat apakah keyboard dapat digunakan kembali seperti sedia kala.

Cara ini juga bisa dicoba apabila Anda memiliki masalah keyboard pada Macbook ataupun laptop berbasis Linux.

Pastikan apakah masalah disebabkan oleh hardware atau software

Kendala pada keyboard laptop ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada hardware atau software yang terinstall pada sistem operasi. Karenanya, Anda harus dapat mengeliminasi dan menentukan sendiri faktor manakah yang menjadi penyebabnya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Restart/Reboot laptop,
  2. Masuk ke dalam BIOS dengan menekan tombol F1, F2, Esc, Del, atau tombol lainnya sesuai dengan jenis laptop.
  3. Apabila tidak bisa masuk ke BIOS padahal sudah menekan tombol yang benar (dan waktu yang tepat), maka bisa hampir dipastikan kendalanya adalah pada fisik keyboard itu sendiri (hardware),
  4. Tetapi apabila masih bisa masuk ke BIOS, maka kendalanya kemungkinan besar adalah pada software

Apabila waktu loading terlalu cepat akibat fitur “fast boot” atau “fast startup” pada Windows 10 diaktifkan sehingga kesulitan masuk ke BIOS dengan tepat, maka sebelumnya kamu harus mematikan fitur tersebut pada WIndows dengan cara berikut ini:

  1. Buka keyboard virtual (menu Settings > Ease of Access > Keyboard > Nyalakan (On) Use the on-screen keyboard
  2. Klik kanan pada logo Windows, lalu pilih Run
  3. Ketikkan powercfg.cpl lalu tekan Enter
  4. Pilih Choose what the power buttons do
  5. Klik pada Change settings that are available
  6. Hapus centang di samping tulisan Turn on fast startup

Untuk langkah ke-2 dan ke-3, bisa juga diganti dengan meng-klik kanan pada logo Windows, lalu pilih menu Power Options, lalu pilih Additional Power Settings yang ada di kolom sebelah kanan, jadi tidak perlu membuka virtual keyboard/on-screen keyboard.

Update, Uninstall, dan atau Install ulang driver keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi lainnya adalah dengan meng-update atau menginstal ulang driver dari keyoard yang terinstall pada Windows 10.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada logo Windows, lalu pilih Device Manager,
  2. Pilih Keyboards pada daftar, klik pada tanda panah (>) untuk membuka isinya,
  3. Klik kanan pada nama perangkat yang terbuka di bawah Keyboards, lalu pilih Update driver untuk memperbarui driver, atau Uninstall device untuk menghapus perangkat,
  4. Apabila memilih Uninstall, nantinya kamu harus me-restart/reboot laptop dan masuk kembali ke sistem operasi Windows, yang mana nantinya driver akan otomatis diinstall ulang oleh Windows.
  5. Apabila ada ikon berlogo tanda seru dengan latar belakang kuning di samping daftar nama perangkat keyboard, itu tandanya memang ada masalah pada driver keyboard tersebut, sehingga memang perlu diinstall ulang atau diperbarui.

Bersihkan keyboard Laptop

Cara selanjutnya bisa dicoba bagi Anda yang menggunakan laptop Windows, Macbook, ataupun laptop berbasis Linux, yaitu dengan membersihkan tombol-tombol keyboard yang kemungkinan sudah sangat kotor terutama pada sela-selanya.

Untuk menjalankan cara ini disarankan kamu memiliki kuas khusus untuk membersihkan keyboard dan juga pompa angin manual untuk meniup debu yang ada d sela-sela tombol keyboard.

Ingat, matikan laptop terlebih dahulu dan lepas kabel power atau perangkat USB apapun yang menempel sebelum membersihkan keyboard.

Kamu juga bisa mengangkat dan membalikkan laptop, lallu tepuk bagian bawah laptop (yang saat dibalikkan posisinya menjadi di atas) secara pelahan supaya debu yang menempel di sela-sela tombol akan turun berhamburan.

Selain itu, tiuplah sela-sela keyboard dengan mulut serta selipkan dan gesekkan jari-jarimu di sepanjang tombol keyboard untuk membuang debu yang menempel.

Jangan menggoyang-goyang laptop dengan keras karena dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan hardware atau lepasnya sambungan soket yang menempel di dalam hardaware atau motherboard laptop.

Periksa paket bahasa atau pengaturan regional pada Windows

Apabila hanya beberapa karakter seperti “@” atau “Shift” yang bermasalah, bisa jadi masalahnya adalah pada paket bahasa yang terinstal pada Windows, atau pada pengaturan regional, yang bisa disetel ulang.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada logo Windows
  2. Pilih menu Settings lalu pilih Time & Language > Language
  3. Klik pada Add a Language lalu pilih opsi bahasa yang benar atau sesuai yang diinginkan,
  4. Klik Next > Install dan tunggu hingga proses instalasi bahasa keyboard selesai dijalankan,
  5. Setelah terinstal, ganti bahasa yang ada pada menu Region dan Language dengan bahasa yang baru saja diinstal
  6. Periksa kembali apakah karakter berhasil muncul saat diketik

Periksa pengaturan keyboard

Pada pengaturan keyboard, terkadang fitur Filter keys bisa menimbulkan kendala pada karakter yang diketikkan melalui keyboard. Untuk memperbaikinya Anda bisa melakukan cara berikut:

  1. Klik kanan pada logo Windows
  2. Pilih menu Settings > Ease of Access > Keyboard
  3. Matikan tombol di bawah opsi Use Filter Keys menjadi Off
  4. Periksa kembali apakah keyboard masih tidak berfungsi dengan baik

Jalankan SFC Scan

Cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi lainnya adalah dengan menjalankan SFC Scan, yang fungsinya adalah untuk memperbaiki kerusakan pada file-file sistem operasi Windows. Ini terutama kalau kamu sudah memastikan kendalanya adalah pada software dan bukan hardware.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka On-screen keyboard
  2. Klik kanan pada logo Windows
  3. Pilih menu WIndows PowerShell (admin)
  4. Copy tulisan ini sfc /scannow lalu klik kanan pada jendela PowerShell yang telah terbuka, nanti tulisan akan otomatis ter-paste, atau ketikkan langsung tulisan perintah tersebut pada PowerShell lalu tekan Enter
  5. Biarkan proses berjalan hingga selesai (akan memakan waktu yang lama)
  6. Nantinya segala kerusakan pada file sistem akan dicoba untuk diperbaiki oleh Windows.

Setel ulang, ganti keyboard dengan yang baru, atau gunakan keyboard eksternal

Apabila penyebab keyboard laptop tidak berfungsi sudah dipastikan akibat kerusakan hardware, maka mau tidak mau kamu harus menggantinya dengan yang baru dengan cara membawanya ke pusat perbaikan resmi (sesuai merek laptop kamu), melepas dan menggantinya sendiri, atau mencoba bantuan teknisi laptop yang kamu percaya untuk memperbaikinya (kedua cara terakhir tidak terlalu disarankan dan risiko silahkan ditanggung sendiri).

Harga keyboard baru bisa sangat mahal, dan belum tentu tersedia untuk jenis laptop yang Anda miliki.

Tidak selalu masalah pada hardware keyboard ini diselesaikan dengan mengganti yang baru, namun bisa saja konektor keyboard ke motherboard laptop yang bermasalah, terlepas, atau tidak tersambung dengan benar, yang mana hal ini akan bisa dilihat saat reparasi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock