Tips dan Panduan Membeli microSD dan SD Card

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Jika Anda sudah lama tidak membeli memori flash portabel, Anda mungkin akan terkejut dengan ketersediaan kapasitas dan keterjangkauan harga dari microSD dan SD Card berkecepatan tinggi dan berkapasitas tinggi.

Umum digunakan untuk memperluas penyimpanan di perangkat mulai dari smartphone hingga drone, kartu microSD lebih sering dibeli daripada faktor bentuk SD lainnya, meskipun kartu berukuran penuh tetap populer di kalangan pemilik kamera profesional.

Dengan panduan ini, kami akan menguraikan arti dari semua kode dan peringkat yang berbeda, dan menawarkan pilihan terbaik untuk berbagai kategori.

  • Ukuran & Kapasitas
  • Kelas Kecepatan
  • Mana yang Harus Dibeli?

SD Card : Ukuran & Kapasitas

Semua kartu SD (kependekan dari Secure Digital), apa pun ukurannya, gunakan satu atau dua chip memori flash NAND kecil – mirip dengan yang ada di stik memori USB dan SSD – dan prosesor kecil untuk mengelola aliran data dan instruksi .

Ada 3 standar untuk dimensinya, dan keduanya tidak kompatibel satu sama lain. Dengan kata lain, pembaca kartu miniSD tidak akan bisa digunakan dengan kartu microSD (kecuali Anda menggunakan adaptor):

  • SD card: 32 x 24 x 2.1-1.4 mm
  • miniSD cards 21.5 x 20 x 1.4 mm
  • microSD cards 15 x 11 x 1 mm

Semua kartu SD standar dilengkapi dengan tombol pengunci kecil, yang mengaktifkan / menonaktifkan kemampuan untuk menulis atau menghapus data pada kartu; namun, kartu mini dan microSD tidak memiliki fitur ini. Ada juga 5 kategori lebih lanjut dalam kelas ukuran, yang menunjukkan sistem koneksi dan kapasitas data kartu:

  • SD atau SDSC (Secure Digital Standard Capacity): Kapasitas penyimpanan maksimal 2 GB
  • SDHC (Secure Digital High Capacity): Kapasitas penyimpanan mulai dari 2 hingga 32 GB
  • SDXC (Secure Digital Extended Capacity): Kapasitas penyimpanan mulai dari 32 GB hingga 2 TB
  • SDUC (Secure Digital Ultra Capacity): Kapasitas penyimpanan mulai dari 2 hingga 128 TB

Kategori kelima, Secure Digital Input Output (SDIO), sangat spesial karena mengandung lebih dari sekedar penyimpanan. Kartu ini menggunakan perangkat tambahan yang menyediakan fungsi tambahan, seperti Bluetooth atau penerima GPS. Karena ada perbedaan besar dalam ukuran penyimpanan, setiap kategori juga memiliki batasan format file yang digunakan.

SDSC dibatasi untuk FAT12, FAT16, dan FAT16B. SDHC hampir selalu FAT32 dan versi XC / HC menggunakan exFAT. Format file exFAT dirancang khusus untuk perangkat flash NAND dan kemungkinan akan tetap menjadi standar selama bertahun-tahun.

Kartu SDSC, SDHC, dan SDXC didukung di berbagai perangkat, seperti laptop, smartphone, drone, dan kamera digital. Kebutuhan akan peningkatan penyimpanan terus tumbuh, berkat game yang lebih besar, aplikasi yang lebih kompleks, dan kamera yang memiliki resolusi lebih tinggi – tetapi akan selalu ada kartu SD untuk kebutuhan dan anggaran setiap orang.

SDUC masih sangat baru, sehingga perlu beberapa waktu sebelum kita melihat produksi secara rutin mendukungnya; Penyimpanan 128 TB seharusnya cukup untuk sebagian besar pengguna di tahun-tahun mendatang!

Tabel di atas, yang diambil dari SD Association, menunjukkan bagaimana teknologi Secure Digital telah berubah selama dua dekade terakhir dan menyoroti seberapa cepat mereka tumbuh dalam kapasitas penyimpanan.

Anda mungkin juga telah memperhatikan bahwa ada lebih banyak kartu SD daripada hanya kapasitas: waktu untuk berbicara tentang kinerja.

Kinerja SD Card: Kelas Kecepatan

Semua kartu SD menggunakan kontak kuningan kecil di akhir paket untuk menerima dan mengirim informasi, dalam bentuk instruksi dan data. Antarmuka antara kartu dan perangkat pembaca telah berevolusi dengan setiap revisi spesifikasi – dalam beberapa kasus, sistem yang diperbarui hanya berjalan lebih cepat (yaitu jam bus lebih tinggi) tetapi dalam beberapa kasus, kartu SD memiliki kontak ekstra untuk menyediakan lebih banyak saluran untuk datanya.

BACA JUGA  Ryzen 7 2700X vs. Ryzen 7 3700X: Bagusan Mana ?

Perbedaan antara semua antarmuka dan kinerja ditetapkan dalam apa yang disebut kelas kecepatan, dan masing-masing umumnya diatur oleh throughput bus puncak. Ini adalah ukuran jumlah maksimum byte per detik yang dapat ditransfer antara kartu SD dan perangkat host.

Namun, tidak semua chip flash NAND sama, sehingga kelas kecepatan juga menunjukkan kecepatan tulis sekuensial minimum – kecepatan paling lambat di mana data dapat dimasukkan ke dalam chip memori dengan cara yang terstruktur, bukan acak.

Dengan begitu banyaknya kelas kecepatan yang harus dipelajari, mungkin sulit untuk mengetahui peringkat yang benar-benar Anda butuhkan. Pada tabel di bawah, kita dapat melihat perbandingan kasarnya.

Kelas Kecepatan (Speed Classes)

Speed Class Min. Seq. Writes (MB/s) UHS Speed Class Video Speed Class Ideal Workload
Class 2 (C2) 2 Standard definition recording and playback
Class 4 (C4) 4 720p/1080p video
Class 6 (C6) 6 Video Class 6 (V6) 720p/1080p, some 4K video
Class 10 (C10) 10 UHS Class 1 (U1) Video Class 10 (V10) 720p/1080p/4K video
30 UHS Class 3 (U3) Video Class 30 (V30) 1080p/4K video @ 60/120 fps
60 Video Class 60 (V60) 8K video @ 60/120 fps
90 Video Class 90 (V90) 8K video @ 60/120 fps

Asosiasi SD datang dengan sistem klasifikasi kecepatan untuk membantu membedakan kartu apa yang paling cocok untuk tujuan apa. Nomor Kelas sederhana adalah indikator paling cepat untuk kecepatan kartu SD, dengan kartu Kelas 2 (2 MB / dtk) berada di bagian bawah spektrum dan paling baik diarahkan untuk tugas-tugas yang tidak terlalu menuntut, seperti merekam video definisi standar.

Di ujung lain skala, kartu Kelas 10 (10 MB / dtk) mampu merekam atau memutar video hingga 4K, meskipun tidak pada kecepatan bingkai yang sangat tinggi.

Beberapa kartu SDHC dan SDXC juga akan mendukung klasifikasi Ultra High Speed (UHS), yang menawarkan kecepatan transfer data yang lebih baik. Ada 3 versi sistem ini dan versi pertama yang muncul (UHS-I dan UHS-II) menawarkan dua mode kecepatan: U1 dan U3. Yang pertama pada dasarnya sama dengan C10, tetapi U3 memberikan throughput tiga kali lebih besar pada 30 MB / dtk – cukup baik untuk video 4K pada frekuensi gambar tinggi.

Dengan Spesifikasi SD 5.0, asosiasi menyediakan sistem peringkat lain: Kecepatan Video. Klasifikasi ini lebih baik dalam menyampaikan informasinya, dengan Video Class 10 (V10), misalnya, berlaku untuk kartu yang memiliki kecepatan tulis sekuensial minimal 10 MB / s, hingga Video Kelas 90 (V90 = 90 MB / s). Pada kecepatan itu, pemutaran dan perekaman video 8K pada 60 hingga 120 fps menjadi layak.

Pada tahun 2017, UHS-III yang lebih cepat dirilis, yang selanjutnya meningkatkan kinerja bus data, dan pada tahun 2018, Asosiasi SD mengumumkan spesifikasi SD Express – versi ini menggunakan hingga 2 jalur PCI Express untuk memberikan peningkatan besar dalam hasil.

SD Card Bus Speeds

Bus system Peak throughput (MB/s) PCI Express type SD card supported
Default speed (DS) 12.5 Not used All
High Speed (HS) 25 Not used All
Ultra High Speed I (UHS-I) 50 104 Not used SDHC, SDXC, SDUC only
Ultra High Speed II (UHS-II) 156 312 Not used SDHC, SDXC, SDUC only
Ultra High Speed III (UHS-III) 312 624 Not used SDHC, SDXC, SDUC only
SD Express 985 1969 PCIe 3.1 (x1 or x2 lanes) SDHC, SDXC, SDUC only
SD Express 1969 3984 PCIe 4.0 (x1 or x2 lanes) SDHC, SDXC, SDUC only
BACA JUGA  Cara Menggunakan 2 Monitor pada 1 PC

Kartu UHS-I hanya memiliki satu set kontak untuk mengirim dan menerima informasi, jadi ketika berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi, bus akan berjalan dalam apa yang disebut mode Half Duplex: kartu SD hanya akan dapat menerima atau mengirim data, pada kapan saja.

Versi kontak ekstra olahraga UHS yang lebih baru, yang memungkinkan Dupleks Penuh (mengirim dan menerima bersama), keduanya terjadi pada waktu yang sama; namun, pada UHS-II hal ini mengakibatkan bus dipaksa untuk berjalan dengan kecepatan yang lebih lambat. UHS-III dan SD Express tidak mengalami masalah ini, dan selalu jalankan Full Duplex.

Saat ini, kartu SD yang menggunakan UHS-III atau SD Express tidak terlihat di mana pun di pasaran, meskipun teknologinya telah tersedia selama beberapa tahun. Tetapi ini karena kinerjanya hanya akan terbuka jika perangkat yang menggunakan kartu tersebut mendukung sepenuhnya. Tabel di bawah ini menunjukkan bagaimana berbagai kartu akan berfungsi di berbagai pembaca kartu UHS, dan menunjukkan bagaimana SD Express akan dibandingkan.

Tidak ditampilkan di tabel pertama adalah peringkat kategori lainnya. Peningkatan penggunaan kartu SD di smartphone dan tablet, di mana flash NAND tambahan dapat digunakan sebagai penyimpanan yang berfungsi, membutuhkan lebih dari sekadar throughput yang baik.

Kemampuan untuk menangani banyak instruksi data acak (diukur dalam IOP, operasi input / output per detik) adalah kunci untuk memastikan kinerja sistem yang konsisten, dan pada 2015 SD Association membuat dua standar lebih lanjut: Application Class A1 dan A2.

Kartu dengan peringkat A1 mampu bagus untuk kinerja pembacaan acak 1500 IOPS dan penulisan acak 500 IOPS, sementara A2 meningkatkannya secara signifikan, meskipun ini memang membutuhkan dukungan perangkat keras yang sangat spesifik. Selain itu, peringkat A1 / A2 juga berarti bahwa kartu tersebut menawarkan kecepatan tulis berurutan berkelanjutan yang setara dengan V10.

Class Min. Seq. Writes Min. Random Read Min. Random Write Ideal Workload
A1 10 MB/s 1500 IOPS 500 IOPS Editing and updating application data, not just storage
A2 10 MB/s 4000 IOPS 2000 IOPS Specialized uses of the above

Semua ini membuat sistem peringkat agak seperti ladang ranjau untuk dinavigasi, tetapi secara umum, ini dapat dipecah menjadi 3 kategori sederhana: penggunaan umum / nilai uang, kinerja terbaik, dan kapasitas penyimpanan maksimum.

Misalnya, smartphone hanya membutuhkan sesuatu dari kategori pertama, sedangkan kamera atau perekam video kelas atas, yang digunakan oleh fotografer profesional, ingin mempertimbangkan sesuatu dari dua kategori lainnya.

Rekomendasi SD Card dan microSD berdasarkan kelasnya

Untuk mempermudah, berikut ini beberapa produk SD Card dan microSD yang direkomendasikan beserta link/url afiliasi Computory ke halaman penjualan, yang telah dibagi berdasarkan kelas kategorinya.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan