Sejarah Netscape, Browser Internet Pertama yang Akhrnya Punah

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Kembali ke masa-masa awal, internet adalah makhluk yang jauh berbeda dari sekarang. Bagi sebagian besar, ini tidak dapat dikenali, terutama terdiri dari sistem papan buletin tanpa multimedia selain dari beberapa gambar inline beresolusi rendah. Sistem ini berbeda dan harus disambungkan secara terpisah.

Internet berubah secara drastis dengan munculnya World Wide Web. Semua sistem yang sebelumnya terpisah itu terhubung, tetapi dunia membutuhkan cara untuk “menjelajahinya” —sebuah “browser web” yang teratur. Pada bulan April 1994, Marc Andreessen dan Jim Clark mendirikan Mosaic Communications Corporation. Mosaic adalah nama perangkat lunak yang memungkinkan pengguna mengakses konten berbeda di web. Andreessen telah mengerjakan proyek tersebut saat dia bekerja di National Center for Supercomputing Applications (NCSA) di University of Illinois.

Clark, yang sebelumnya bekerja di Silicon Graphics, membawa serta beberapa rekan kerjanya untuk mengerjakan Mosaic. Demikian pula, Andreessen mengajak beberapa rekannya dari NCSA untuk bekerja di perusahaan tersebut. Pada Oktober 1994, tim telah merilis Mosaic Netscape 0.9. Pada bulan Desember, mereka mengganti nama perusahaan Netscape Communications dan meluncurkan Netscape Navigator versi 1.0.

Sebagai visioner sejati, pendiri Netscape memahami bahwa browser web akan menjadi alat revolusioner dan menjadi preseden penting. Navigator tersedia secara gratis untuk pengguna individu, akademis dan penelitian.

“Dengan membuat Netscape tersedia gratis bagi individu untuk penggunaan pribadi, perusahaan membangun tradisi produk perangkat lunak untuk Internet yang ditawarkan secara gratis.” baca siaran pers tahun 1994.

“Netscape adalah alat Internet pertama yang memungkinkan pengguna rata-rata dengan modem 14,4 kb bekerja dengan Internet secara interaktif”

Pengguna komersial seharusnya membeli lisensi browser dengan harga $ 99 per pengguna, yang termasuk garansi dan dukungan pelanggan, tetapi itu tidak bertahan lama. Demikian juga, Anda dapat menemukan versi kotak Netscape di toko ritel di beberapa titik dijual seharga $ 40 per salinan.

Untuk semua tujuan praktis, pada saat itu Navigator adalah satu-satunya peramban web yang tersedia untuk umum, sehingga ia menikmati periode kompetisi yang hampir nol.

Pada 9 Agustus 1995, Netscape go public dengan IPO-nya dijual dengan harga $ 28 per saham. Saham itu seharusnya ditawarkan dengan harga $ 14 per saham, tetapi diputuskan untuk menggandakan harga pada menit terakhir. Selama hari pertama perdagangan, saham naik menjadi $ 75 per saham, mencapai kapitalisasi pasar $ 3 miliar, keuntungan hari pertama yang luar biasa. IPO Netscape memulai investasi luas di perusahaan internet yang kemudian menciptakan gelembung dot-com.

BACA JUGA  Cara Menjalankan Software Windows di Mac

Saat itu adalah saat yang ajaib, penjualan komputer rumahan sedang booming dan jika Anda cukup beruntung, PC Anda akan dilengkapi dengan modem untuk akses Internet dial-up. Anda akan mendengar suara saluran telepon yang menghubungkan Anda dengan dunia. Meluncurkan Netscape dan menatap animasi berdenyut sementara satu halaman web dimuat.

Namun, tanpa sepengetahuan siapa pun, Microsoft telah mengerjakan browsernya sendiri. Hanya beberapa hari setelah penawaran umum perdana Netscape, Netscape merilis Windows 95 bersama dengan Internet Explorer 1.0. Persaingan sengit karena kedua perusahaan tersebut bersaing ketat selama tahun depan, dengan Microsoft selalu selangkah di belakang.

Itu sampai Internet Explorer 3.0 dirilis pada Agustus 1996. Microsoft akhirnya berhasil menyusul Netscape dalam hal teknologi browser. Perlahan tapi pasti, Redmond mencuri pangsa pasar terutama melalui pra-instalasi Internet Explorer di setiap sistem Windows.

Tahukah Anda? Bahasa pemrograman JavaScript (JS) lahir di Netscape karena mereka mencoba menambahkan interaktivitas ke halaman web. JS pertama kali dikirim dengan Navigator pada September 1995.

Pangsa pasar Netscape Navigator : 1994 – 2007

Netscape terus bekerja pada browser Navigator dan Communicator meskipun bundling dan perubahan nama terus membingungkan pengguna. Pada awal 1998, perusahaan mengumumkan rencana untuk merilis kode sumber Communicator, yang mendorong pembentukan proyek Mozilla, sebuah usaha sumber terbuka yang kemudian menjadi Firefox.

Perkembangan browser Netscape melambat setelah merilis kode sumbernya, tetapi Microsoft tidak berhenti. Pada akhir 1999, Microsoft telah memenangkan sebagian besar pasar. Pergeseran preferensi browser ini menandai dimulainya kematian spiral yang panjang untuk Netscape (dan akhirnya Internet Explorer juga).

Pada saat Internet Explorer 5.0 diluncurkan, jelas bahwa Microsoft telah mengembangkan peramban yang unggul. Situs web menjadi lebih intensif secara grafis, kecepatan internet lebih cepat, tetapi teknologi broadband baru akan muncul beberapa tahun lagi. Browser Netscape lebih banyak bug, lebih lambat, dan lebih sering crash.

Menurut catatan waktu itu, Microsoft menghabiskan lebih dari $ 100 juta setiap tahun untuk mengembangkan IE di akhir 1990-an, dengan lebih dari 1000 orang mengerjakannya.

Pada tahun 1998, mantan raja internet itu mengalami kesulitan. AOL, sebelumnya dikenal sebagai America Online, melihat potensi dalam menyelamatkan browser yang gagal dan mengeluarkan $ 4,2 miliar dalam pembelian pada November 1998. Namun, kesempatan itu disia-siakan.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Tes Hardisk Rusak atau Tidak ?

Pengembangan browser Navigator / Communicator, yang sekarang disebut Netscape, berjalan lambat. Bahkan dengan bantuan dari kemajuan yang diperoleh dalam proyek Mozilla, AOL tidak dapat merilis Netscape 6 hingga tahun 2000, membuatnya tertinggal dalam perang browser. Selama dua tahun lagi, browser akan berjuang dalam kematian terakhirnya.

Kepunahan Netscape

Pada bulan Agustus 2002, Netscape 7 dirilis dan itu adalah awal dari perpisahan yang akan datang. Tahun berikutnya, AOL menutup divisi Netscape dan memberhentikan sebagian besar staf. Pengembangan berlanjut selama beberapa tahun lagi menggunakan kemajuan dalam kode sumber Firefox, tetapi tidak ada hal penting yang dirilis di bawah merek tersebut.

Pada tahun 2005, AOL menyerahkan tugas pengembangan ke perusahaan luar Kanada bernama Mercurial Communications. Mercurial merilis “Netscape Browser 8” pada Mei 2005. Beberapa iterasi terjadi selama dua tahun berikutnya, dengan versi 8.1.3 menjadi update terakhir Mercurial yang dikeluarkan pada April 2007.

AOL kembali mengembangkan in-house development untuk Netscape, yang mengubah nama browser tersebut kembali ke Netscape Navigator dan meluncurkan versi 9 pada Oktober 2007. AOL kemudian melanjutkan dukungan hanya untuk beberapa bulan lagi sebelum akhirnya melepaskannya.

Pada tanggal 20 Februari 2008, perusahaan meluncurkan iterasi terakhir Netscape Navigator (versi 9.0.0.6). Browser secara resmi dihentikan dan dengan bantuan beberapa alat Anda dapat memindahkan data Anda ke Flock dan Firefox untuk sementara waktu setelah itu.

Bagi yang penasaran, Netscape Navigator 9 masih tersedia di web dari berbagai arsip. Namun, perlu diingat, ini bukan Navigator dahulu kala. Ini kurang lebih adalah Firefox yang diganti namanya dengan tema Netscape. Satu-satunya hal yang membedakannya dari browser yang menjadi dasarnya adalah “link pad”, dan browser mini yang ada di sidebar.

Jika Anda lebih penasaran tentang build sebelumnya dan bagaimana rasanya menjelajahi internet di “masa lalu”, OldVersion.com menyimpan arsip versi stabil yang kembali ke Netscape 1.0, tetapi periksa kompatibilitasnya sebelum mencoba menginstal apapun yang setua itu.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan