Cara Memperbaiki Monitor Tidak Menyala Setelah Sleep

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Telah dilbaca sebanyak: 649 views

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Memperbaiki Monitor Tidak Menyala Setelah Sleep supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Monitor yang masuk ke dalam mode Sleep umumnya akan otomatis menyala pada saat PC atau laptop dinyalakan kembali. Namun terkadang dalam beberapa kasus monitor tetap tidak  mau menyala.

Sayangnya, tidak ada penyebab yang pasti untuk masalah ini, jadi tidak ada solusi yang sifatnya universal. Meskipun begitu, bukan berarti masalah ini tidak memiliki solusi, karena ada beberapa cara memperbaiki monitor tidak menyala setelah sleep yang bisa Anda coba.

Nonaktifkan Deep Sleep (Khusus Monitor Dell dan Sejenisnya)

Monitor Dell (dan mungkin beberapa merek monitor lainnya) memiliki fitur khusus yang disebut Deep Sleep, yang akan menurunkan penggunaan daya monitor bahkan lebih daripada mode standby biasa. Daya yang digunakan akan berada di antara mematikan monitor dan saat standby.

Dalam kebanyakan kasus, fitur ini tidak terlalu berguna karena monitor tidak akan ikut menyala bersamaan dengan PC yang sudah diaktifkan dari mode Sleep.

Ini berarti Anda harus menyalakan monitor Anda secara manual saat Deep Sleep diaktifkan. Untuk menonaktifkan mode Deep Sleep ini, hidupkan On-Screen Display di monitor Anda, pilih “Others -> Monitor Deep Sleep,” lalu nonaktifkan di menu tersebut.

Perbaiki Monitor Tidak Bangun Tidur Dell Deep Sleep

Perhatikan bahwa merek monitor lain mungkin juga memiliki fitur ini, jadi lihat pengaturan monitor Anda untuk melihat apakah fitur tersebut ada di dalamnya, lalu nonaktifkan jika Anda mau.

Nonaktifkan PLL Overvoltage (Motherboard ASUS)

Asus memprodukai banyak motherboard yang berkualitas cukup baik, tetapi ada beberapa fitur pada mereka yang dapat menyebabkan hal-hal menjadi kurang mengesankan.

BACA JUGA  29 Pesan Error dan Blue Screen Hardisk Rusak Beserta Penjelasannya

Misalnya, kebanyakan motherboard Asus modern memiliki fitur yang disebut “PLL Overvoltage” yang diaktifkan secara default. Fitur ini membantu meng-overclock CPU Anda sedikit, jadi sangat membantu dalam menambah kecepatan CPU bawaan..

Tetapi, fitur ini memiliki efek samping yaitu menonaktifkan mode Sleep sehingga Anda tidak dapat menggunakan mode tersebut. Untuk mematikan PLL Overvoltage, cara-caranya adalah sebagai berikut:

Reboot PC Anda, lalu saat booting, tekan tombol Del (Delete) hingga layar BIOS muncul.

Meskipun tampilan dan opsi akan sedikit berbeda untuk setiap motherboard ASUS, tetapi umumnya opsi mematikan PLL Overvoltafe akan ada di menu “Advanced Mode” .

memperbaiki-monitor-tidur-pll-tegangan lebih

Selanjutnya, pilih “AI Tweaker” dari opsi di bagian atas layar, lalu klik drop-down di samping “Internal PLL Overvoltage” dan ubah ke OFF. Simpan pengaturan dan keluar dari BIOS.

Nonaktifkan Link State Power Management

Kadang-kadang opsi daya yang bermanfaat di Windows itu dapat menjadi kelemahannya sendiri, karena secara tidak sengaja menjaga hal-hal tertentu dalam keadaan tidak aktif, bahkan ketika saat ingin diaktifkan. Berikut cara memastikan manajemen daya tidak mengganggu monitor Anda.

Buka “Control Panel -> Power Options,” lalu pilih “Change plan settings,” untuk power plan yang sedang Anda gunakan, dan “Change advanced power settings.”

Selanjutnya, gulir ke bawah ke “PCI Express,” klik ikon “+” di sebelahnya, dan di bawah “Link State Power Management,” ubah pengaturan ke “Off” dan klik “Save changes.”

monitor-tidak-bangun-tidur-power-mgmt

Nonaktifkan Deteksi Otomatis di Pengaturan Monitor

Pilihan yang satu ini tampaknya sederhana tapi sangat berguna. Saat monitor Anda berada dalam mode Sleep, koneksi antara monitor dan kabel yang menghubungkannya akan terputus.

Akan tetapi, dalam beberapa kasus, ketika koneksi tersambung kembali (saat Anda membangunkan monitor dari mode Sleep), terkadang monitor tidak dapat membangun kembali koneksi tersebut, meskipun kabel masih terpasang. ‘

BACA JUGA  Daftar Processor AMD Ryzen 4000 Renoir APU

Solusi yang mungkin untuk ini adalah dengan menggunakan tombol pada monitor Anda untuk mematikan opsi “deteksi otomatis”.

Artikel Terkait

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments