HardwareKabel

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Kabel DisplayPort?

Apa saja kelebihan dan kekurangan kabel DisplayPort? Pada tulisan kali ini, Computory akan memberikan secara lengkap mengenai hal tersebut, supaya Anda lebih dapat memahaminya.

Setelah sebelumnya Computory telah memberikan gambaran umum mengenai apa itu kabel DisplayPort, termasuk beberapa kelebihan dan kekurangannya, pada artikel kali ini, Computory akan membahas lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan kabel DisplayPort tersebut, beserta rekomendasi merek terbaik yang bisa Anda jadikan tambahan referensi sebelum membeli kabel jenis ini.

Kelebihan Kabel DisplayPort

Kabel DisplayPort adalah salah satu kabel video digital yang populer digunakan dalam industri teknologi saat ini. Kabel ini menawarkan sejumlah kelebihan yang membedakannya dari kabel video digital lainnya, seperti HDMI atau DVI. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari kabel DisplayPort tersebut:

1. Bandwidth yang Tinggi

Salah satu kelebihan utama dari kabel DisplayPort adalah bandwidth yang tinggi. Kabel ini dapat mentransfer data hingga 77,36 Gbps (Kabel Displayport 2.1 yang rilis pada tahun 2022), yang memungkinkan kabel DisplayPort untuk mendukung resolusi video yang lebih tinggi dan frame rate yang lebih tinggi. Bandwidth yang tinggi ini juga memungkinkan kabel DisplayPort untuk mentransfer data audio secara digital dengan kualitas yang tinggi.

2. Resolusi Tinggi

Kabel DisplayPort mendukung resolusi video yang lebih tinggi daripada kabel HDMI atau DVI. Kabel DisplayPort dapat mendukung resolusi 4K pada 60 Hz dan bahkan mendukung resolusi 8K pada 60 Hz. Kabel HDMI, di sisi lain, hanya dapat mentransfer resolusi 4K pada 30 Hz, sedangkan DVI hanya dapat mentransfer resolusi 1080p pada 60 Hz. Dengan dukungan resolusi yang lebih tinggi, kabel DisplayPort adalah pilihan yang lebih baik untuk profesional yang membutuhkan tampilan yang jelas dan akurat.

3. Fitur Multi-Stream

Kabel DisplayPort memiliki fitur multi-stream, yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan beberapa monitor ke satu port DisplayPort pada kartu grafis mereka. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan konten yang sama pada beberapa monitor atau menampilkan konten yang berbeda pada setiap monitor. Fitur multi-stream ini sangat berguna untuk para profesional seperti desainer grafis atau gamer yang membutuhkan beberapa layar untuk meningkatkan produktivitas dan pengalaman.

4. Dukungan untuk High Dynamic Range (HDR)

Kabel DisplayPort mendukung High Dynamic Range (HDR), teknologi yang memungkinkan tampilan video untuk memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi, warna yang lebih kaya, dan kontras yang lebih baik. Dukungan untuk HDR membuat kabel DisplayPort lebih cocok untuk menghadirkan konten video premium seperti film dan game.

5. Konektivitas yang Fleksibel

Kabel DisplayPort juga menawarkan konektivitas yang fleksibel. Kabel ini dapat digunakan dengan banyak jenis perangkat, seperti laptop, PC, kartu grafis, monitor, dan TV. Kabel DisplayPort juga dapat digunakan dengan adapter, yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat yang tidak memiliki port DisplayPort. Kabel ini juga mendukung plug and play, yang memudahkan pengguna untuk menghubungkan perangkat mereka tanpa harus mengatur pengaturan khusus.

6. Jarak Jangkauan yang Lebih Panjang

Kabel DisplayPort memiliki kemampuan untuk mengirimkan sinyal video dengan kualitas yang sama pada jarak yang lebih jauh daripada kabel HDMI atau DVI. Kabel DisplayPort dapat mengirimkan sinyal video hingga 15 meter tanpa mengalami penurunan kualitas, sedangkan kabel HDMI hanya dapat mengirimkan sinyal hingga 10 meter dan kabel DVI hanya dapat mencapai jarak sekitar 5 meter. Oleh karena itu, kabel DisplayPort adalah pilihan yang lebih baik jika Anda memerlukan kabel video digital yang lebih panjang.

7. Konsumsi Daya yang Lebih Efisien

Kabel DisplayPort menggunakan teknologi yang lebih efisien dalam penggunaan daya dibandingkan dengan kabel video digital lainnya. Kabel DisplayPort dapat mengurangi konsumsi daya hingga 50% dibandingkan dengan kabel HDMI atau DVI. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi perangkat seperti laptop atau perangkat portabel lainnya yang memiliki sumber daya terbatas.

8. Tidak Ada Batasan DRM

Dalam beberapa kasus, HDMI dan DVI memiliki batasan yang mengatur hak digital (DRM) dalam konten video. Batasan ini dapat membatasi kemampuan pengguna untuk merekam atau menyalin konten video. Kabel DisplayPort tidak memiliki batasan ini, sehingga memungkinkan pengguna untuk merekam atau menyalin konten video dengan bebas.

9. Penggunaan yang Luas

Kabel DisplayPort digunakan secara luas dalam industri teknologi. Kabel ini digunakan oleh produsen perangkat seperti Apple, Dell, HP, Lenovo, dan banyak lagi. Kabel DisplayPort juga digunakan dalam industri game dan film, di mana tampilan yang akurat dan tajam sangat penting.

Kekurangan Kabel DisplayPort

Sementara kabel DisplayPort menawarkan banyak keuntungan dan keunggulan dibandingkan kabel video digital lainnya, seperti HDMI dan DVI, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

1. Keterbatasan Ketersediaan

Meskipun kabel DisplayPort digunakan secara luas dalam industri teknologi, kabel ini belum sepenuhnya diterima secara umum. Sebagian besar perangkat komputer dan laptop yang dijual saat ini masih dilengkapi dengan port HDMI dan VGA, bukan DisplayPort. Hal ini dapat membuat sulit untuk menemukan kabel DisplayPort di toko-toko lokal atau dalam stok pribadi Anda.

2. Keterbatasan Kompabilitas

Selain keterbatasan ketersediaan, kabel DisplayPort juga memiliki keterbatasan kompabilitas dengan beberapa perangkat. Beberapa monitor dan TV yang lebih tua mungkin tidak memiliki port DisplayPort, yang membuat sulit untuk menghubungkan perangkat yang dilengkapi dengan kabel DisplayPort. Di sisi lain, ada juga beberapa perangkat yang tidak mendukung resolusi atau fitur yang tersedia dengan kabel DisplayPort.

3. Biaya yang Lebih Tinggi

Sementara kabel DisplayPort menawarkan kualitas tampilan video yang sangat baik, biaya kabel ini juga lebih tinggi daripada kabel video digital lainnya. Hal ini dapat menjadi masalah jika Anda membutuhkan banyak kabel untuk proyek atau perangkat Anda. Harga kabel DisplayPort mungkin juga lebih tinggi di beberapa wilayah daripada kabel HDMI atau DVI.

4. Perangkat Tambahan yang Diperlukan

Untuk menggunakan kabel DisplayPort, Anda memerlukan perangkat yang dilengkapi dengan port DisplayPort. Jika perangkat Anda tidak dilengkapi dengan port ini, Anda harus membeli adaptor atau dongle untuk menghubungkan perangkat Anda dengan kabel DisplayPort. Hal ini dapat menambah biaya dan kompleksitas yang terkait dengan penggunaan kabel DisplayPort.

5. Keterbatasan Panjang Kabel

Meskipun kabel DisplayPort dapat mengirimkan sinyal hingga 10 meter, ada keterbatasan pada panjang kabel yang dapat digunakan. Kabel DisplayPort yang lebih panjang dapat mengalami penurunan kualitas sinyal atau ketidakstabilan. Jadi, jika Anda memerlukan kabel yang sangat panjang, Anda mungkin perlu mempertimbangkan solusi tambahan seperti penggunaan penguat sinyal.

6. Tidak Mendukung Audio Murni

Meskipun kabel DisplayPort mendukung audio, kabel ini tidak mendukung audio murni seperti yang tersedia dengan kabel HDMI. Ini dapat menjadi masalah jika Anda memerlukan kualitas suara yang sangat baik untuk keperluan seperti produksi film atau game. Jika ini menjadi masalah, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan kabel audio tambahan untuk menangani audio yang lebih baik.

Rekomendasi Merk Kabel DisplayPort Terbaik di Indonesia

Memang saat membeli kabel, kebanyakan dari kita terkadang hanya mementingkan faktor harga saja dan tidak terlalu memandang merk. Tapi, tentunya, kinerja dan ketahanannya akan jauh berbeda dibandingkan kabel yang diproduksi oleh produsen berkualitas.

Bagi Anda yang sedang kebingungan dalam memilih produsen kabel Displayport yang berkualitas, berikut ini beberapa merk kabel DisplayPort yang bisa dipertimbangkan dan Computory rekomendasikan:

1. Vention

Salah satu merk yang harganya cukup terjangkau namun memiliki kualitas yang bisa dibilang premium adalah Vention. Perusahaan asal Hong Kong ini telah berdiri sejak tahun 2002, dan masuk ke Indonesia pada tahun 2016 di bawah bendera perusahaan PT Indo Pro Teknologi yang bermarkas di Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Ada banyak varian kabel DisplayPort Vention yang bisa Anda pilih berdasarkan jenis dan juga panjang kabel, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Vention Kabel DisplayPort (DP) Male to Male – Mendukung 4K dan 8K HDR Adaptive-Sync untuk kebutuhan Gaming – BELI DI TOKOPEDIA
  2. Vention Kabel DisplayPort (DP) Male to Male Premium – Mendukung [email protected] hingga [email protected] yang juga cocok untuk kebutuhan gaming – BELI DI TOKOPEDIA
  3. Vention Kabel Fiber Optic DisplayPort (DP) High Speed – Mendukung resolusi hingga [email protected], Dynamic HDR, 32-bit Audio, dengan total bandwidth mencapai 32,4 Gbps – BELI DI TOKOPEDIA

2. Lindy

Merk lainnya yang kami rekomendasikan (yang juga lebih mahal dibandingkan Vention) adalah Lindy, perusahaan yang didirikan di Mannheim, Jerman, yang telah berkecimpung dalam industri teknologi sejak tahun 1932. Di Indonesia sendiri, Lindy sendiri berada di bawah bendera PT. LINDY Technik Indonesia yang hadir sekitar tahun 2017.

Beberapa jenis kabel DisplayPort yang ditawarkan Lindy antara lain adalah:

  1. LINDY DisplayPort (DP) 1.2 yang mendukung resolusi UHD hingga 4096×216[email protected], 4K, 3D, dan memiliki bandwidth hingga 21,6 Gbps – BELI DI TOKOPEDIA
  2. LINDY 36292 DisplayPort (DP) 1.4 yang mendukung resolusi [email protected] hingga [email protected], dengan kecepatan transfer data (bandiwdth) sebesar 32,4 Gbps – BELI DI TOKOPEDIA

Kesimpulan

Meskipun kabel DisplayPort menawarkan banyak keuntungan dan keunggulan, seperti bandwidth yang tinggi, dukungan untuk resolusi tinggi dan fitur multi-stream, dan konsumsi daya yang lebih efisien, kabel ini juga memiliki beberapa kekurangan dan keterbatasan.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kabel DisplayPort menawarkan kualitas tampilan yang sangat baik, terutama untuk resolusi tinggi dan perangkat yang memerlukan kecepatan transfer data yang tinggi. Kabel DisplayPort juga menjadi pilihan yang lebih baik untuk beberapa proyek, seperti produksi film atau game, di mana detail dan kualitas tampilan sangat penting.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kabel DisplayPort, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan Anda dan memeriksa apakah perangkat Anda mendukung kabel ini. Jika perangkat Anda tidak dilengkapi dengan port DisplayPort, Anda mungkin perlu membeli adaptor atau dongle untuk menghubungkannya dengan kabel DisplayPort. Pastikan juga untuk memeriksa ketersediaan dan biaya kabel DisplayPort di wilayah Anda.

Secara keseluruhan, kabel DisplayPort adalah pilihan yang sangat baik untuk pengguna yang membutuhkan kualitas tampilan yang sangat baik dan kecepatan transfer data yang tinggi. Namun, kabel ini mungkin tidak menjadi pilihan yang tepat untuk semua pengguna, terutama jika perangkat Anda tidak mendukung kabel ini atau jika Anda memerlukan biaya yang lebih rendah untuk proyek atau penggunaan sehari-hari.

Demikianlah penjelasan yang bisa Computory berikan terkait apa saja kelebihan dan kekurangan kabel DisplayPort yang diharapkan bisa membuat Anda semakin memahami tentang hal tersebut, dan bisa dijadikan referensi sebelum memilih mana jenis kabel yang tepat untuk Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock