Hardware

Apa itu Kabel DisplayPort? Definisi dan Kegunaannya

Apa itu Kabel DisplayPort? Apa saja fungsi dan kegunaannya? Berikut ini akan Computory berikan penjelasannya secara rinci bagi Anda yang ingin tahu mengenai hal tersebut.

Kebutuhan untuk menampilkan tampilan perangkat ke layar monitor, TV, maupun projektor sudah banyak dilakukan sejak dulu. Dan, seiring berkembangnya teknologi, ada banyak jenis kabel yang terus dikembangkan agar dapat memberikan tampilan layar yang maksimal.

Di pasaran sendiri, ada beberapa jenis kabel yang dapat menghubungkan antara perangkat ke layar, yang dapat Anda coba dan gunakan.

Beberapa jenis kabel yang umum digunakan untuk menghubungkan perangkat ke layar monitor adalah sebagai berikut:

  1. HDMI (High Definition Multimedia Interface): HDMI adalah antarmuka digital yang populer digunakan untuk mentransmisikan sinyal video dan audio berkualitas tinggi dari perangkat sumber seperti komputer, laptop, konsol game, atau DVD player ke layar monitor. Kabel HDMI tersedia dalam berbagai versi yang mendukung resolusi dan refresh rate yang berbeda.
  2. DisplayPort: DisplayPort adalah antarmuka digital yang mendukung resolusi yang lebih tinggi, refresh rate yang lebih cepat, dan juga memungkinkan transfer data dan listrik secara simultan. Kabel DisplayPort biasanya digunakan pada perangkat seperti komputer atau laptop untuk menghubungkannya ke layar monitor.
  3. VGA (Video Graphics Array): VGA adalah antarmuka analog yang lama tetapi masih banyak digunakan pada layar monitor yang lebih tua. Kabel VGA biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat sumber seperti komputer atau laptop ke layar monitor.
  4. DVI (Digital Visual Interface): DVI adalah antarmuka digital yang umum digunakan pada layar monitor yang lebih tua. Kabel DVI digunakan untuk mentransmisikan sinyal video digital dari perangkat sumber seperti komputer atau laptop ke layar monitor.
  5. USB-C: USB-C adalah antarmuka digital yang mendukung transmisi data, video, dan listrik pada satu kabel. Kabel USB-C dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti laptop atau tablet ke layar monitor dengan port USB-C atau DisplayPort. Kabel ini juga dapat menghubungkan perangkat seperti smartphone ke layar monitor yang mendukung USB-C atau HDMI dengan menggunakan adaptor khusus.

Pada artikel kali ini, Computory akan menjelaskan secara rinci mengenai kabel DisplayPort, mulai dari definisi, fungsi dan kegunaan, serta kelebihan dan kekurangannya apabila dibandingkan dengan jenis kabel lain di pasaran.

Definisi Kabel DisplayPort

Kabel DisplayPort adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti komputer atau laptop ke monitor atau layar tampilan lainnya. Kabel ini menggunakan konektor DisplayPort pada kedua ujungnya.

DisplayPort adalah sebuah antarmuka digital yang dikembangkan oleh Video Electronics Standards Association (VESA) yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal video dan audio dari perangkat sumber ke layar tampilan. Antarmuka ini lebih canggih dibandingkan dengan antarmuka VGA atau DVI yang telah hadir jauh sebelumnya. Kabel DisplayPort mendukung resolusi yang lebih tinggi, refresh rate yang lebih cepat, dan juga memungkinkan transfer data dan kelistrikan secara simultan.

Kabel DisplayPort tersedia dalam beberapa versi yang mendukung fitur-fitur yang berbeda. Beberapa versi terbaru dari kabel DisplayPort juga mendukung teknologi seperti High Dynamic Range (HDR) dan Display Stream Compression (DSC) untuk kualitas gambar yang lebih baik. Kabel DisplayPort juga dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal seperti hard drive atau kamera dengan komputer atau laptop.

Cara Kerja Kabel DisplayPort

Kabel DisplayPort bekerja dengan menghubungkan perangkat sumber seperti komputer atau laptop ke layar monitor atau tampilan lainnya. Ketika perangkat sumber mengirimkan sinyal video dan audio melalui kabel DisplayPort, sinyal ini diubah menjadi bentuk digital dan ditransmisikan ke layar monitor.

Kabel DisplayPort bekerja dengan menggunakan paket data yang dikirimkan melalui kanal data utama (main link). Paket data ini berisi informasi mengenai sinyal video dan audio, serta informasi tambahan seperti status sinkronisasi dan informasi kontrol.

Kabel DisplayPort juga mendukung fitur-fitur seperti High Bit Rate (HBR) dan Multi-Stream Transport (MST), yang memungkinkan transmisi data dan audio dalam jumlah besar pada satu waktu. Fitur-fitur ini memungkinkan kabel DisplayPort untuk mentransmisikan sinyal video berkualitas tinggi pada resolusi yang lebih tinggi, refresh rate yang lebih cepat, dan juga memungkinkan penggunaan teknologi seperti High Dynamic Range (HDR) dan Display Stream Compression (DSC).

Sinyal video yang ditransmisikan melalui kabel DisplayPort juga dapat dikombinasikan dengan sinyal audio digital dalam satu kabel yang sama. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat sumber dan speaker atau perangkat audio lainnya ke layar monitor dengan satu kabel DisplayPort saja.

Kelebihan Kabel DisplayPort

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari kabel DisplayPort:

  1. Mendukung resolusi yang lebih tinggi: Kabel DisplayPort mendukung resolusi video yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel HDMI atau DVI. Kabel DisplayPort dapat mentransmisikan sinyal video hingga resolusi 8K pada refresh rate 60Hz dan bahkan hingga 16K pada refresh rate 60Hz dengan teknologi Display Stream Compression (DSC).
  2. Refresh rate yang lebih cepat: Kabel DisplayPort dapat mentransmisikan sinyal video pada refresh rate yang lebih cepat, sehingga memungkinkan tampilan gambar yang lebih lancar dan responsif pada layar monitor. Kabel DisplayPort mendukung refresh rate hingga 240Hz pada resolusi 1080p dan 144Hz pada resolusi 1440p.
  3. Transfer data dan listrik secara simultan: Kabel DisplayPort mendukung fitur Multi-Stream Transport (MST) yang memungkinkan mentransmisikan beberapa sinyal video dan audio secara bersamaan melalui satu kabel. Kabel DisplayPort juga dapat mengirimkan daya melalui kabel yang sama untuk mengisi daya perangkat yang terhubung.
  4. Kualitas gambar yang lebih baik: Kabel DisplayPort mendukung teknologi seperti High Dynamic Range (HDR) dan Display Stream Compression (DSC), yang memungkinkan kualitas gambar yang lebih baik dan mendetail.
  5. Dapat digunakan pada perangkat yang berbeda: Kabel DisplayPort dapat digunakan pada berbagai jenis perangkat seperti komputer, laptop, dan konsol game, serta layar monitor yang mendukung antarmuka ini.
  6. Lebih sedikit interferensi: Kabel DisplayPort memiliki lapisan pelindung yang lebih baik dan lebih ketat daripada kabel HDMI, sehingga mengurangi kemungkinan interferensi sinyal dan menghasilkan gambar yang lebih stabil.

Dengan kelebihan-kelebihannya ini, kabel DisplayPort menjadi pilihan yang ideal untuk digunakan pada perangkat yang membutuhkan tampilan gambar berkualitas tinggi dan responsif.

Kekurangan Kabel DisplayPort

Meskipun kabel DisplayPort memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  1. Kompatibilitas yang terbatas: Beberapa perangkat, terutama perangkat yang lebih lama, mungkin tidak mendukung kabel DisplayPort, sehingga memerlukan adapter atau konverter untuk menghubungkan perangkat sumber dan layar monitor.
  2. Biaya yang lebih mahal: Kabel DisplayPort memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kabel HDMI atau DVI, sehingga bisa menjadi pilihan yang kurang efisien bagi pengguna yang mempertimbangkan faktor biaya.
  3. Tidak banyak tersedia: Kabel DisplayPort mungkin tidak tersedia di toko-toko komputer lokal, sehingga pengguna harus mencarinya secara online atau melalui toko-toko khusus.
  4. Lebih sulit dipasang: Kabel DisplayPort memiliki bentuk port yang khas dan lebih sulit dipasang jika dibandingkan dengan kabel HDMI yang memiliki bentuk yang lebih umum dan mudah dipasang.
  5. Ukuran yang terbatas: Kabel DisplayPort cenderung memiliki panjang yang lebih pendek dibandingkan dengan kabel HDMI, sehingga memerlukan pengguna untuk lebih dekat dengan layar monitor atau menggunakan kabel perpanjangan tambahan.

Dengan mempertimbangkan kekurangan-kekurangan di atas, pengguna perlu memperhatikan kebutuhan mereka dan memilih kabel yang tepat untuk perangkat dan tampilan yang akan digunakan.

Kabel DisplayPort VS Kabel DVI

Perbedaan antara kabel DVI dan DisplayPort adalah sebagai berikut:

  1. Ketersediaan: DVI lebih umum digunakan pada perangkat-perangkat yang lebih lama, sedangkan DisplayPort umumnya lebih ditemukan pada perangkat-perangkat yang lebih baru.
  2. Resolusi dan Refresh Rate: DisplayPort mendukung resolusi dan refresh rate yang lebih tinggi daripada DVI. DisplayPort dapat mentransmisikan sinyal video hingga resolusi 8K dengan refresh rate 60Hz, sedangkan DVI hanya mendukung resolusi hingga 2K dengan refresh rate 60Hz.
  3. Bentuk Konektor: Konektor DVI biasanya berbentuk lebar dan datar dengan pin-pin kecil di dalamnya, sedangkan konektor DisplayPort lebih kecil dan lebih ramping.
  4. Kemampuan Audio: DisplayPort dapat mentransmisikan sinyal audio dan video, sedangkan DVI hanya dapat mentransmisikan sinyal video saja.
  5. Kemampuan Multi-Stream: DisplayPort dapat mengirimkan beberapa sinyal video melalui satu kabel, yang memungkinkan untuk menghubungkan beberapa monitor secara bersamaan. DVI tidak mendukung kemampuan multi-stream.

Namun, terlepas dari perbedaan ini, kedua kabel dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat video dengan monitor atau layar. Pilihan antara kabel DVI dan DisplayPort tergantung pada perangkat yang akan dihubungkan dan kebutuhan resolusi dan refresh rate yang diinginkan.

Kabel DisplayPort VS Kabel USB-C

Perbedaan antara kabel USB-C dan DisplayPort adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi Utama: USB-C adalah kabel serbaguna yang dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat, mentransfer data, dan menghubungkan perangkat ke layar atau proyektor. DisplayPort, di sisi lain, adalah kabel yang didesain khusus untuk mentransmisikan sinyal video dari perangkat ke layar.
  2. Resolusi dan Refresh Rate: DisplayPort dapat mendukung resolusi dan refresh rate yang lebih tinggi daripada USB-C. DisplayPort dapat mentransmisikan sinyal video hingga resolusi 8K dengan refresh rate 60Hz, sedangkan USB-C hanya mendukung resolusi hingga 4K dengan refresh rate 60Hz.
  3. Kemampuan Audio: DisplayPort dapat mentransmisikan sinyal audio dan video, sedangkan USB-C hanya dapat mentransmisikan sinyal video saja. Namun, beberapa varian USB-C seperti USB-C Thunderbolt 3 juga dapat mentransmisikan sinyal audio dan video.
  4. Bentuk Konektor: Konektor USB-C lebih kecil dan lebih ramping dibandingkan dengan konektor DisplayPort. Selain itu, USB-C juga memiliki kemampuan reversible, artinya kabel dapat disambungkan ke perangkat dengan kedua arah yang sama.
  5. Kemampuan Serbaguna: USB-C dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis perangkat, termasuk smartphone, laptop, dan tablet, sementara DisplayPort hanya dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat yang mendukung teknologi DisplayPort.

Rekomendasi Merk Kabel DisplayPort Terbaik di Indonesia

Memang saat membeli kabel, kebanyakan dari kita terkadang hanya mementingkan faktor harga saja dan tidak terlalu memandang merk. Tapi, tentunya, kinerja dan ketahanannya akan jauh berbeda dibandingkan kabel yang diproduksi oleh produsen berkualitas.

Bagi Anda yang sedang kebingungan dalam memilih produsen kabel Displayport yang berkualitas, berikut ini beberapa merk kabel DisplayPort yang bisa dipertimbangkan dan Computory rekomendasikan:

1. Vention

Salah satu merk yang harganya cukup terjangkau namun memiliki kualitas yang bisa dibilang premium adalah Vention. Perusahaan asal Hong Kong ini telah berdiri sejak tahun 2002, dan masuk ke Indonesia pada tahun 2016 di bawah bendera perusahaan PT Indo Pro Teknologi yang bermarkas di Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Ada banyak varian kabel DisplayPort Vention yang bisa Anda pilih berdasarkan jenis dan juga panjang kabel, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Vention Kabel DisplayPort (DP) Male to Male – Mendukung 4K dan 8K HDR Adaptive-Sync untuk kebutuhan Gaming – BELI DI TOKOPEDIA
  2. Vention Kabel DisplayPort (DP) Male to Male Premium – Mendukung [email protected] hingga [email protected] yang juga cocok untuk kebutuhan gaming – BELI DI TOKOPEDIA
  3. Vention Kabel Fiber Optic DisplayPort (DP) High Speed – Mendukung resolusi hingga [email protected], Dynamic HDR, 32-bit Audio, dengan total bandwidth mencapai 32,4 Gbps – BELI DI TOKOPEDIA

2. Lindy

Merk lainnya yang kami rekomendasikan (yang juga lebih mahal dibandingkan Vention) adalah Lindy, perusahaan yang didirikan di Mannheim, Jerman, yang telah berkecimpung dalam industri teknologi sejak tahun 1932. Di Indonesia sendiri, Lindy sendiri berada di bawah bendera PT. LINDY Technik Indonesia yang hadir sekitar tahun 2017.

Beberapa jenis kabel DisplayPort yang ditawarkan Lindy antara lain adalah:

  1. LINDY DisplayPort (DP) 1.2 yang mendukung resolusi UHD hingga 4096×216[email protected], 4K, 3D, dan memiliki bandwidth hingga 21,6 Gbps – BELI DI TOKOPEDIA
  2. LINDY 36292 DisplayPort (DP) 1.4 yang mendukung resolusi [email protected] hingga [email protected], dengan kecepatan transfer data (bandiwdth) sebesar 32,4 Gbps – BELI DI TOKOPEDIA

Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa perangkat dapat menggunakan kabel USB-C untuk mentransmisikan sinyal video melalui teknologi seperti USB-C DisplayPort Alt Mode atau USB-C HDMI Alt Mode. Karena itu, pilihan antara kabel USB-C dan DisplayPort tergantung pada jenis perangkat yang akan dihubungkan dan kebutuhan resolusi dan refresh rate yang diinginkan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock