JaringanLinuxRouterSoftware

Apa itu Mikrotik dalam Jaringan Komputer?

Ingin tahu apa yang dimaksud dengan Mikrotik dalam jaringan komputer agar Anda bisa lebih memahami mengenai hal tersebut.

Sebuah jaringan adalah sekumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal, atau perangkat lain yang terhubung untuk memungkinkan berbagi data. Contoh jaringan adalah Internet , yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia.

Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain untuk tujuan komunikasi data secara elektronik. Selain secara fisik menghubungkan komputer dan perangkat komunikasi, sistem jaringan memiliki fungsi penting untuk membangun arsitektur kohesif yang memungkinkan berbagai jenis peralatan untuk mentransfer informasi dengan cara yang hampir mulus (seamless).

Definisi Mikrotik

Mikrotik adalah produsen peralatan jaringan Latvia . Perusahaan ini mengembangkan dan menjual router jaringan kabel dan nirkabel, sakelar jaringan, titik akses, serta sistem operasi dan perangkat lunak tambahan.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1996 dengan fokus menjual peralatan di pasar negara berkembang. Pada Agustus 2019, situs web perusahaan melaporkan sekitar 280 karyawan.

Pada tahun 2021, dengan nilai EUR 1,24 miliar, Mikrotik adalah perusahaan terbesar ke-3 di Latvia dan perusahaan swasta pertama yang melampaui nilai EUR 1 miliar di Latvia.

Kegunaan dan Fungsi Mikrotik

Berikut ini beberapa kegunaan dan fungsi Mikrotik dalam jaringan komputer yang penting untuk Anda ketahui.

Sistem operasi dan perangkat lunak Mikrotik bisa digunakan untuk menjadikan sebuah PC atau komputer sebagai router network yang handal.

Didalam routernya tadi, PC juga bisa mencangkup banyak fitur unggulan seperti IP Network jaringan wireless, provider warnet dan hotspot.

Apa itu MikroTik RouterOS ?

MikroTik RouterOS adalah sistem operasi dari perangkat keras MikroTik RouterBOARD. OS berbasis Linux ini juga dapat diinstal pada PC dan akan mengubahnya menjadi router dengan semua fitur yang diperlukan – perutean, firewall, manajemen bandwidth, titik akses nirkabel, tautan backhaul, gateway hotspot, server VPN, dan banyak lagi.

RouterOS adalah sistem operasi yang berdiri sendiri berdasarkan kernel Linux v2.6, dan tujuan kami di MikroTik adalah untuk menyediakan semua fitur ini dengan instalasi yang cepat dan sederhana serta antarmuka yang mudah digunakan.

Kesimpulan

Demikianlah yang bisa kami jelaskan tentang Mikrotik, yang diharapkan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda terkait hal tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock