6 Tanda Mac Sudah Harus Diganti

6-tanda-mac-sudah-haarus-diganti
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Meskipun Apple cukup terkenal dengan hardware-nya yang tahan lama, ada masanya Anda harus memutuskan untuk berpisah dengan Mac kesayangan dan menggantinya dengan yang baru., terutama alau sudah muncul beberapa tanda yang penting untuk diperhatikan berikut.

Tanda-tanda ini memang tidak berarti Anda wajib mengganti Mac dan beberapa sifatnya tidak urgent, tetapi perlu untuk dijadikan pertimbangan karena menyangkut maslaah keamanan data dan juga meningkatnya risiko Mac untuk mati total.

1. Sudah Tidak Bisa Upgrade OS

Setiap tahun sekitar bulan September / Oktober, Apple merilis versi baru macOS. Model Mac dari beberapa tahun terakhir biasanya masih mampu menjalankannya, tapi untuk beberapa seri Mac dari tahun-tahun sebelumnya sudah tidak lagi mendapatkan pembaruan.

Pada saat artikel ini ditulis, Mac baru saja meluncurkan MacOS terbaru mereka, Big Sur, dan beberapa seri ini akan masih mendapatkan pembaruan:

  • 2015 ke atas MacBook
  • 2013 ke atas MacBook Air
  • 2013 ke atas MacBook Pro
  • 2014 ke atas Mac mini
  • 2014 ke atas iMac
  • 2017 ke atas iMac Pro
  • 2013 ke atas Mac Pro

Jika Mac Anda tidak ada dalam daftar itu, berarti Mac milik ANda sudah termasuk ke dalam kaegori obsolete dan sebaiknya mulai pertimbangkan untuk menggantinya. Meskipun begitu, Anda masih dapat menggunakan komputer apa adanya untuk sementara waktu.

2. Sering Kehabisan Ruang Penyimpanan

Seiring kemajuan teknologi, aplikasi dan file terus mengambil lebih banyak ruang. Hal ini menyebabkan munculnya kesulitan untuk mengosongkan ruang nyaris setiap saat.

BACA JUGA  3 Cara Menyembunyikan Folder dan File di Windows 10

Jika Anda memiliki 128GB atau bahkan 256GB SSD di MacBook Anda, Anda mungkin harus menghapus atau memindahkan file-file untuk membebaskan ruang secara terus-menerus, yang sebenarnya masih bisa diatasi dengan Hard disk Eksternal.

Tetapi, kalau Anda lelah melakukannya, coba pertimbangkan untuk membeli Mac baru dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

3. Komponen yang Sudah Tidak Mumpuni

Selain membutuhkan ruang yang lebih besar, ada beberapa software baru yang juga membutuhkan spesifikasi yang tinggi, atau di era multitasking seperti sekarang, akan terlihat konyol kalau Mac Anda hanya bisa membuka sedikit aplikasi di saat bersamaan.

Umumnya, solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan meng-upgrade RAM, tetapi kalau Mac Anda memiliki RAM dari generasi yang sudah terlampau jauh, misalnya saat ini RAM sudah DDR4 tapi Mac Anda masih DDR3, maka nantinya Anda akan kesulitan sendiri mencari komponen untuk upgrade.

Apalagi kalau berbicara soal komponen lain seperti CPU, yang tidak mungkin Anda upgrade pada Mac, berbeda dengan PC, yang semakin memutlakkan fakta bahwa Anda harus mengganti Mac, atau mau tidak mau bertahan dengan komponen lawas yang akan semakin tidak mumpuni.

4. Kerusakan pada Hardware

Layar retak, baterai bocor, Mac sering overheat dan mati sendiri, adalah beberapa tanda hardware yang Anda miliki mengalami kerusakan.

Ini berlaku untuk semua perangkat elektronik, semua kerusakan yang awalnya terlihat kecil dan sepele makin lama akan semakin meluas dan kondisi komponen akan semakin memburuk, jadi antara harus segera di servis atau diganti dengan yang baru.

5. Software Sering Bermasalah

Mac yang kedaluwarsa juga dapat terlihat tanda-tandanya melalui masalah yang terjadi pada perangkat lunak. Misalnya Anda sering mengalami freeze, di mana semuanya menjadi tidak responsif. Masalah umum lainnya termasuk gangguan visual dan shutdown acak.

BACA JUGA  Menggunakan SteamOS Untuk PC Gaming Berbasis Linux

Ketika Anda mengalami ini, Anda harus memastikan Anda memiliki ruang yang cukup seperti yang dibahas sebelumnya. Jika SMC dan PRAM reset tidak memperbaiki masalah, Anda harus mencoba menginstal ulang macOS dan melihat apakah masalah Anda masih ada, meskipun kadang solusi-solusi ini hanya bersifat sementara terutama kalau MacOS Anda sudah tidak didukung.

6. Cari Waktu yang Tepat

Mungkin Anda siap untuk meng-upgrade Mac Anda, tetapi Anda masih bisa tolerir masalah apa pun yang ada dan tidak perlu membelinya segera. Dalam hal ini, Anda harus menunggu waktu yang tepat untuk mendapatkan Mac baru.

Apple merilis model-model baru untuk sebagian besar mesin Mac setiap tahun. Jadi sebaiknya jangan membeli Mac beberapa saat sebelum model baru diluncurkan, karena Anda bisa menunggu sedikit lebih lama untuk mendapatkan mesin baru yang akan bertahan lebih lama dengan harga yang sama.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan