Hardware

5 Penyebab Kerusakan Pada Hardisk

Berikut akan Computory berikan mengenai apa saja penyebab kerusakan pada hardisk yang penting untuk diketahui, terutama bagi Anda yang ingin menambah informasi terkait hal tersebut.

Hard Disk, Hard Drive, atau Hardisk adalah tempat media penyimpanan utama pada komputer. Apabila terjadi kerusakan pada hardisk maka akan berdampak fatal pada data-data yang ada di dalam komputer Anda, dikarenakan kerusakan pada hardisk akan berisiko menyebabkan terjadinya kehilangan data-data yang tersimpan di dalamnya.

Data pada komputer adalah informasi yang sangat berguna dan memang tujuan dari seseorang dalam menggunakan komputer yakni untuk menciptakan data yang akan digunakan nantinya. Jadi jika data tersebut hilang, sangat mengkhawatirkan. Biarlah hardisk rusak, namun data tidak hilang, namun bagaimana jika hardisk rusak dan datapun ikutan hilang?

Pada pembahasan kali ini, Computory akan membahas penyebab kerusakan pada hardisk, Berikut penjelasannya.

Panas Berlebih Pada Komputer

Penyebab pertama mengapa hardisk mengalami kerusakan adalah suhu panas pada komputer, panas yang berlebih pada komputer dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi tidak stabil. Begitupun dengan perangkat elektronik lainnya, jika suhu sudah terlalu panas sebaiknya matikan terlebih dahulu 15 sampai 30 menit, lalu nyalakan kembali agar komputer berfungsi dengan normal.

Usia Hard Disk Komputer

Penyebab rusaknya hardisk bisa terjadi karena usia hardisk yang sudah lama, bisa saja Anda sudah menggunakan hardisk atau komputer Anda yang tidak Anda ganti hardisk nya dalam waktu yang sudah lama, maka hal itu juga dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk pada komputer Anda.

Dalam mengantisipasi kerusakan hardisk yang mungkin terjadi, langkah terbaik bagi Anda yaitu dengan melakukan backup data jika dirasa hardisk Anda sudah lemah, Anda bisa memeriksanya dengan menggunakan perangkat lunak untuk memastikan hardisk dalam keadaan yang baik atau sudah lema.

Penggunaan Hardisk Yang Berlebihan

Komputer yang digunakan secara terus menerus dengan waktu yang sangat lama dapat menyebabkan komponen komputer yang ada didalamnya menjadi cepat rusak, termasuk hardisk yang dapat rusak sewaktu-waktu. Oleh karena itu, gunakanlah komputer Anda dengan bijak dan berikan jeda waktu komputermu untuk beristirahat mendinginkan suhu komputer.

Hardisk Terjatuh

Penyebab yang paling rasional memang apabila hardisk terjatuh, hal ini sudah dipastikan apalagi jika hardisk jatuh atau terbentur dengan keras, maka fungsi hardisk sudah terhenti. Hardisk memiliki cakram yang sangat sensitive yang apabila terjatuh maka akan menimbulkan kerusakan pada hardisk.

Instalasi Perangkat Lunak Yang Berlebihan

Instalasi perangkat lunak saat proses penginstalan tentunya akan melibatkan hardisk, dan hardisk akan bekerja keras pada proses penginstalan. Maka apabila Anda sedang menginstal sesuatu sebaiknya jangan terlalu dipaksakan alias jangan terlalu sering menginstal dan uninstal software, karena itu akan menyebabkan hardisk menjadi panas dan kemungkinan besar mengalami kerusakan. Biasakan juga untuk tidak membuka atau menggunakan software/aplikasi lain saat sedang menjalankan proses instalasi.

Demikian pembahasan yang Computory paparkan terkait apa saja yang menjadi penyebab hardisk rusak, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock