4 Ciri-ciri Power Supply rusak dan wajib diganti

ciri-power-supply-rusak

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Sama seperti hard drive di komputer, semua unit catu daya (atau singkatnya PSU) akhirnya akan rusak. Dan juga seperti hard drive, ini bukan masalah ‘jika’, tapi lebih kepada masalah ‘kapan’ dan ‘mengapa’.

Di dalam komputer, PSU adalah perangkat yang mengubah listrik alternatif (listrik dari outlet Anda, biasanya 110V) untuk mengarahkan arus ke komponen di dalam case. Melihat dari luar, itu adalah colokan tiga cabang yang dihubungkan ke soket Anda. Laptop hampir sama, kecuali eksternal: blok dan kabel yang menempel ke belakang dan dihubungkan ke dinding.

Setiap catu daya berbeda. Beberapa (biasanya untuk laptop) mungkin memiliki output rendah 65 watt, sementara yang lain mungkin menghasilkan 1.000 watt atau lebih. Beberapa hanya memiliki 10 amp, sementara yang lain menghasilkan 65 amp.

Kenapa Power Supply Rusak?

Kerusakan pada power supply itu bisa terjadi begitu saja. Kerusakan itu bisa dipicu oleh sesuatu yang telah Anda lakukan tetapi kadang-kadang, PSU memang sudah waktunya rusak. Di bawah ini adalah daftar faktor umum kenapa PSU komputer rusak:

  • Umur: Sebagian besar jaminan berlangsung dari 5-10 tahun, tapi itu bukan jaminan. Kehidupannya juga tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan komputer Anda.
  • Gangguan Listrik (petir, lonjakan listrik, dll.).
  • Kotoran / Zat Asing (asap rokok, debu rumah, dll).
  • Brown-Out: Penurunan voltase secara sengaja atau tidak disengaja. Misalnya terjadi karena dilakukan oleh PLN untuk menstabilkan jaringan listrik atau saat keadaan darurat.
  • Overheating dan / atau Kegagalan Ventilasi.

Alasan paling umum adalah overheating dan gangguan listrik. Namun, jika Anda seorang perokok atau komputer berada di lingkungan yang berdebu, kemungkinan Anda akan mengganti PSU lebih cepat.

BACA JUGA  2 Cara Memasang Hard Disk pada Komputer atau PC

Ciri-ciri Power Supply Rusak

Ketika PSU tidak lagi memberikan daya yang dibutuhkan komputer Anda, hal-hal mulai menjadi ngaco, Berikut ini beberapa ciri power supply rusak:

Daftar Isi

1. Muncul Suara Aneh

Suara-suara aneh akan terdengar dari bagian belakang kasing komputer tempat kabel PSU berada.

2. Komputer tidak mau nyala

Ketika komputer dihidupkan, tidak ada yang terjadi. Kadang-kadang ini mungkin bertepatan dengan lampu yang berkedip di bagian depan komputer atau indikator di bagian belakang PSU (jika tersedia).

3. Komputer nyala sebentar lalu mati

Komputer dinyalakan selama beberapa detik dan kemudian mati segera. Meskipun ini bisa menjadi masalah power supply / catu daya, ini mungkin juga mengindikasikan kerusakan pada motherboard.

4. Komputer mati di tengah-tengah aktivitas

Komputer hidup untuk sementara waktu, tetapi mungkin saat Anda sedang bermain game atau menggunakan aplikasi lain, komputer akan mati secara acak tanpa peringatan. Mungkin juga menampilkan BSOD (Blue Screen of Death).

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan