Perbedaan Internet Serat Optik dengan Wireless internet

fiber-optic-vs-wireless
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Telah dilbaca sebanyak: 7 views

Internet fiber atau serat optik dan Wireless internet tidak asing lagi didengar oleh pengguna jaringan internet. Kedua network tersebut merupakan jaringan internet yang memudahkan Anda untuk menelusuri dunia maya. Walaupun begitu, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dan dapat Anda temukan, jika memperhatikannya lebih baik lagi.

Ada beberapa perbedaan di antara kedua network tersebut. Perbedaan-perbedaan tersebut, bisa Anda jumpai pada pembahasan di bawah ini!

  • Internet serat optik merupakan teknologi yang memanfaatkan plastik atau benang kaca untuk transfer data. Sedangkan Wireless merupakan teknologi yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk mengganti kabel.
  • Wireless memiliki biaya pemasangan dan pemeliharaan yang jauh lebih murah daripada fiber. Mengapa? Hal tersebut karena tidak memiliki infrastruktur fisik berbeda halnya dengan fiber yang menggunakan kabel fisik.
  • Proses perbaikan yang dibutuhkan Wireless 50% lebih cepat daripada fiber. Bukan hanya itu saja, wireless memiliki kemungkinan rusak yang lebih kecil daripada fiber sehingga jarang melakukan perbaikan.
  • Transfer data yang dimiliki oleh fiber jauh lebih tinggi daripada Wireless. Jika Wireless membutuhkan 5.4 mikrodetik, sedangkan fiber membutuhkan 8.01 mikrodetik per mil.
  • Instalasi yang digunakan fiber lebih rumit, karena memerlukan teknisi untuk memasang kabel agar internet bisa terjangkau di seluruh rumah. Sedangkan untuk Wireless Anda bisa melakukannya secara mandiri dengan menggunakan aplikasi.
  • Alat yang digunakan oleh fiber umumnya disewakan bukan menjadi hak milik pelanggan dan mengakibatkan biaya tambahan. Sedangkan Wireless memberikan hak milik kepada pelanggan sehingga tidak ada biaya tambahan.
  • Biaya bulanan dikenakan oleh fiber karena untuk menggunakannya Anda harus menjadi langganan. Sedangkan Wireless tidak memiliki biaya bulanan, jadi jika Anda tidak menggunakannya selama seminggu, Anda akan bebas dari tanggungan.
BACA JUGA  Cloudflare WAF-Web Application Firewall

Dapat disimpulkan bahwa Internet serat optik dan Wireless memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Selanjutnya, Anda bisa menentukan sendiri untuk pemasangan di antara keduanya. Salah satu layanan untuk memasang internet yang sudah sangat terpercaya ialah IndiHome. IndiHome memiliki berbagai macam paket internet yang bisa Anda pilih. Jadi tunggu apalagi, yuk pasang internet pilihan Anda sekarang juga dan nikmati download game bola kesukaan Anda!

Artikel Terkait

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments