Umum

Membangun Keunggulan Kompetitif Sebagai Kunci Keberhasilan Perusahaan

Persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi, sudah banyak menciptakan perubahan yang mempengaruhi sistem dalam kehidupan di hampir semua bidang. Tentu dengan adanya situasi seperti ini, perusahaan tersebut perlu merespon dan memutar otak supaya perusahaannya dapat bertahan di tengah persaingan dengan membangun strategi keunggulan kompetitif.

Keunggulan kompetitif merupakan poin utama yang harus dimiliki perusahaan dalam memahami persaingan pasar untuk memaksimalkan kinerja perusahaan. Inti dari sebuah keunggulan kompetitif dapat dikembangkan berdasarkan manfaat atau nilai yang ditumbuhkan perusahaan bagi pelanggannya.

Pada umumnya perusahaan yang sudah bisa membuktikan, bahwa perusahaan mereka dapat menghasilkan profit dan kinerja yang melampaui target dibandingkan dengan pesaingnya di dalam dunia bisnis, seraya memanfaatkan kompetensi beserta asetnya sudah bisa dikatakan memiliki keunggulan kompetitif itu sendiri.

Keunggulan kompetitif semacam itu juga harus diimbangi oleh karakteristik sebagai berikut:

  1. Berkelanjutan: Perusahaan harus memimpin pesaingnya secara berkelanjutan atau bertahan dalam waktu yang agak lama, dan akan berakhir ketika pesaing berhasil meniru keunggulan kompetitif yang sama;
  2. Keunikan: Perusahaan perlu memiliki kompetensi yang hanya dimiliki oleh sejumlah kecil perusahaan.
  3. Kekukuhan: Perusahaan perlu memimpin perusahaan pesaing dengan gap yang signifikan. Sebuah perusahaan dengan keunggulan kompetitif perlu menawarkan nilai pelanggan yang lebih baik dan/atau dengan harga yang lebih murah, sehingga dapat memperoleh pangsa pasar dan kinerja finansial yang lebih tinggi.

Dari penjelasan karakteristik keunggulan kompetitif di atas, perusahaan-perusahaan bisa mendapatkan gambaran bagaimana cara untuk memulai dan menetapkan ide-ide serta inovasi keunggulan kompetitif seperti apa yang akan diimplementasikan pada bisnis perusahaannya.

Ide dan inovasi yang tercipta dapat menjadi kunci keberhasilan perusahaan untuk mampu bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat. Inovasi produk untuk membangun keunggulan kompetitif bisa dimulai dari menciptakan nilai melalui pengenalan peluang usaha, memilih pengambilan resiko yang tepat sesuai dengan peluang yang ada, kemudian melalui keahlian komunikasi dan manajemen menggerakkan sumber daya manusia, keuangan, dan bahan yang dibutuhkan untuk keberhasilan usaha.

Semua penjelasan di atas tentunya dapat dicapai dan direalisasikan dengan bantuan dari Mobile Consumer Insight (MSIGHT). MSIGHT adalah layanan telekomunikasi data besar (telco big data) yang menyediakan informasi wawasan pelanggan dan pasar yang spesifik, mulai dari segmentasi pelanggan berdasarkan profil demografi dan psikografi spesifik, perilaku digital pelanggan, pola pergerakan pelanggan antara lokasi, dan perilaku pelanggan terhadap produk atau jasa tertentu. Layanan ini membantu perusahaan terlindungi dengan peningkatan sistem otentikasi. Tingkatkan kesuksesan bisnismu bersama MSIGHT sekarang!

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock