Umum

7 Aktivitas Sosial Media UMKM dan Manfaatnya

Manfaat sosial media memang tidak sedikit. Media yang awalnya dibuat untuk tujuan interaksi antar manusia ini, belakangan sudah bergeser menjadi salah satu media untuk marketing atau pemasaran.

Coba perhatikan, di antara konten-konten yang muncul di sosial media, pasti terselip satu iklan dari berbagai brand. Ini hanyalah salah satu contohnya.

Pengertian dan Jenis Sosial Media

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai manfaat sosial media serta aktivitas yang tepat untuk UMKM sebaiknya pahami dulu pengertiannya.

Sosial media atau biasa disebut sosmed bisa diartikan sebagai media yang dipakai untuk berinteraksi serta bersosialisasi antara satu orang dengan orang lainnya secara online tanpa dibatasi oleh waktu, ruang, dan jarak.

Perlu diketahui bahwa sosial media ternyata terbagi menjadi beberapa jenis. Lebih detailnya bisa dilihat pada daftar berikut.

  1. Media sharing networks: fokus menunjukkan sisi visual, konten yang ada di dalamnya adalah foto dan video. Contohnya antara lain Youtube, Tiktok, dan Instagram.
  2. Social networking: membantu para pengguna untuk saling terhubung serta memungknkan untuk berbagi informasi di dalamnya. Contohnya adalah Linkedin, Twitter, dan Facebook.
  3. Social blogging networks: memungkinkan para penggunanya membagikan konten yang bisa dicari melalui search engine. Kebanyakan tulisannya berupa tulisan atau artikel. Contohnya adalah Medium.
  4. Discussion forum: forum yang dipakai untuk berdiskusi. Contohnya Kaskus, Quora, dan Reddit.
  5. Live stream social media: para penggunanya bisa membagikan video live streaming dan ditonton oleh pengguna lainnya. Twitch adalah salah satu contohnya.
  6. Social audio networks: sama seperti sosial media lain, namun konten yang dibagikan berupa audio. Salah satu contoh yang sempat populer adalah Clubhouse.
  7. Review networks: sosial media yang fokus pada konten review produk, perusahaan, jasa, dll. Contohnya seperti Glassdoor dan Yelp.

Aktivitas Sosial Media UMKM untuk Marketing yang Efektif

Untuk dapat menggunakan media sosial, tentunya kita memerlukan koneksi internet UMKM yang stabil. Penggunaan sosial media akan efektif jika dikelola dengan benar. Lakukan 7 langkah di bawah ini untuk memaksimalkannya.

1. Memilih Sosial Media yang Tepat

Pelajari target pasar yang akan dituju supaya bisa memilih sosial media yang tepat. Misalnya Instagram lebih cocok untuk anak muda, sedangkan Facebook punya basis pengguna dari berbagai kalangan usia.

2. Tentukan Brand Personality

Tentukan brand personality yang akan dipakai sebagai pedoman saat menyajikan konten nanti. Brand personality bisa disesuaikan dengan target pasar. Apakah akan menjadi brand yang santai atau serius.

3. Susun Strategi Konten

Buat konten yang berkualitas dan seirama dengan brand personality. Copy adalah kunci. Pelajari copywriting untuk membuat konten yang sesuai dengan target pasar.

4. Tentukan Strategi Promosi

Selain konten, strategi promosi juga harus direncanakan sejak awal. Jangan promo setiap hari. Selingi dengan konten yang informatif atau menghibur agar audiens tidak bosan.

5. Posting Konten secara Rutin

Buat jadwal yang rutin untuk posting konten. Sebisa mungkin upload konten setiap hari agar tidak dilupakan oleh audiens.

6. Kerja Sama dengan Influencer (Endorsement)

Untuk mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas, tidak ada salahnya untuk bekerja sama dengan influencer. Pastikan memilih influencer yang tepat dan audiensnya sesuai target pasar. Selain itu, perhitungkan juga budgetnya

7. Jalin Komunikasi dengan Audiens

Aktivitas terakhir yang harus selalu dilakukan di sosial media adalah berkomunikasi dengan audiens. Caranya bisa bermacam-macam, mulai dari membalas komentar, menanggapi DM yang masuk dengan cepat, atau membuka sesi Q&A.

Dengan mempraktikkan semua aktivitas di atas, manfaat sosial media akan didapatkan dengan maksimal. Namun hasilnya juga tidak instan, tetap butuh waktu untuk bisa berkembang.

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock