Lebih Baik Mana? RAM 1 Keping atau 2 Keping ?

ram-1-keping-atau-2-keping
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Masih bingung menentukan mana yang lebih baik antara RAM 1 keping atau 2 keping? Berikut akan Computory berikan penjelasannya.

Saat akan memilih RAM untuk PC Rakitan, terkadang kita akan dihadapkan dengan pertanyaan, lebih baik saya membeli satu keping RAM kapasitas besar atau dua keping RAM dengan total kapasitas serupa dengan satu keping tersebut?

Jawabannya tidak bisa dipastikan karena akan ada beragam faktor yang menjadi penentu antara mana yang lebih baik diantara konfigurasi satu keping RAM dengan dua keping RAM atau bahkan empat keping RAM.

Pertama-tama, kita mesti melihat apakah RAM dan Motherboad yang kita gunakan mendukung dual channel atau tidak (atau quad channel dalam kasus empat keping RAM). Apabila mendukung, maka umumnya lebih disarankan menggunakan dua keping RAM ketimbang satu.

Kenapa? Karena Dual Channel umumnya akan memberikan “bonus” kecepatan sehingga akan sayang apabila tidak dimanfaatkan. Signifikan atau tidaknya bonus tersebut akan tergantung dari tipe dan kualitas RAM itu sendiri, jadi bisa saja tidak akan terlalu kelihatan bedanya.

Bagus tidaknya kualitas RAM biasanya dilihat dari kecepatan clock nya (sekian MHz), kemudian latency nya (SPD dan Tested, makin kecil makin baik), serta fitur pendukung seperti ketersediaan Heat Spreader (Supaya panas lebih merata) dan Kipas.

Sementara kalau tidak mendukung Dual Channel, satu keping akan lebih baik karena jika nantinya ada anggaran lebih kita masih memiliki sisa satu slot (atau tiga slot) yang bisa kita gunakan untuk menambah kapasitas total RAM.

Tanpa adanya fitur Dual Channel (atau Quad Channel), maka menggunakan dua keping RAM hanya akan menjadi pemborosan slot saja sehingga lebih baik menggunakan satu keping seperti yang tadi dijelaskan.

BACA JUGA  Apa Fungsi Clock Speed pada Processor ?

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan