JaringanLANSejarah

Hawaii Bukan Cuma Tempat Liburan, Tapi Juga Tempat Kelahiran Ethernet!

It’s time to pack your bag, Dear Friends! Waktunya untuk kita liburan bareng! Seperti biasa, liburan kita bukan cuma sekedar liburan. Liburan ini akan bersifat edukatif sehingga kita akan mendapatkan ilmu baru dari kegiatan ini.

Karena saat ini pandemi global masih berlangsung, kita berlibur dari rumah dulu, ya. Destinasi liburan virtual kita kali ini, adalah salah satu wilayah Amerika Serikat yang dikenal dengan pantai tropisnya. Tak lain dan tak bukan, destinasi liburan virtual kita kali ini adalah Hawaii!

Kalau kamu mendengar nama Hawaii, apa sih yang terlintas di benak kamu? Laut biru, angin sepoy-sepoy, udara asin, ombak yang bergulung, hingga pohon kelapa yang menjulang. Semua itu dapat kita temukan di Hawaii. Sehingga tak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di kancah internasional.

Tapi ternyata, Hawaii bukan cuma pantainya aja, loh. Sebagai salah satu negara bagian Amerika Serikat, Hawaii juga memiliki sistem pendidikan yang memadai. Salah satunya adalah sebuah universitas negeri bernama University of Hawaii yang terletak di Honolulu. Universitas yang didirikan pada tahun 1907 ini memiliki banyak sekali lulusan yang terkenal. Bahkan, orang tua dari Presiden AS ke-44 Barack Obama, Barack Obama Sr. dan Ann Dunham pertama kali bertemu di kelas Bahasa Rusia yang digelar di universitas ini, loh!

Alumni yang hebat ini bukan cuma sekedar nama, namun juga menghasilkan beragam penemuan dan studi yang masih digunakan hingga saat ini. Salah satu yang paling berpengaruh di era serba teknologi sekarang adalah penemuan ALOHA pada tahun 1960 yang penemuannya dipimpin oleh Norman Abramson. Penemuan ini didasari oleh kebutuhan pihak kampus untuk menghubungkan setiap perangkat komputer yang dimiliki ke dalam satu jaringan.

Namun, tim pengembang ALOHA saat itu menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya adalah wilayah kampus yang cukup luas sehingga cukup sulit untuk menghubungkan semua perangkat. Namun, pada akhirnya ALOHA berhasil diciptakan oleh Abramson dkk!

Png;base64,iVBORw0KGgoAAAANSUhEUgAAAYYAAADcAQMAAABOLJSDAAAAA1BMVEUAAACnej3aAAAAAXRSTlMAQObYZgAAACJJREFUaIHtwTEBAAAAwqD1T20ND6AAAAAAAAAAAAAA4N8AKvgAAUFIrrEAAAAASUVORK5CYII=

Lalu, apa hubungannya dengan Ethernet? Pada tahun 1975, perusahaan asal Amerika Serikat bernama Xerox menciptakan teknologi ethernet paling pertama di muka bumi. Penemuan ini dimulai dari salah satu karyawan Xerox bernama Robert Metcalfe yang sedang mempersiapkan disertasi untuk gelar PhD nya. Teknologi Ethernet ini berhasil menghubungkan 100 buah komputer dalam satu buah jaringan berkecepatan 2,94 Mbps dengan menggunakan kabel sepanjang 1 km. Dan ternyata, penemuan yang ia lakukan ini terinspirasi dari ALOHA yang telah dikembangkan lebih dulu di University of Hawaii.

Perkembangan Ethernet ini tidak hanya sampai di situ saja. Teknologi ini terus mengalami pembaruan agar dapat semakin mutakhir. Hingga akhirnya saat ini, sudah tersedia teknologi Metro Ethernet yang dapat kita gunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat komputer di satu wilayah kota ke dalam sebuah jaringan. Teknologi ini sangat cocok untuk digunakan pada kegiatan bisnis yang dijalankan agar proses bisnis dapat berjalan dengan lancar. Metro Ethernet juga menawarkan kecepatan yang terbaik, keamanan yang terjamin, hingga dapat diandalkan dalam semua proses bisnis.

Dari cerita singkat di atas, dapat kita simpulkan bahwa Hawaii bukan cuma sekadar pantai yang indah saja. Hawaii merupakan salah satu tempat dengan universitas yang keren banget! Hawaii juga merupakan titik awal di mana teknologi ethernet ditemukan. Teknologi hebat yang memberikan impact positif pada kehidupan manusia saat ini.

Itu dia liburan virtual kita kali ini. Terima kasih sudah bersedia bergabung dalam liburan edukatif kali ini. Semoga liburan ini memberikan pengalaman menyenangkan, serta memperluas wawasan kita, ya! Untuk liburan edukatif selanjutnya, kira-kira kita mau kemana lagi, nih?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock