Apa Fungsi Socket CPU pada Motherboard ?

fungsi-socket-cpu
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai Apa Fungsi Socket CPU pada Motherboard secara rinci sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Fungsi Socket CPU

Soket CPU adalah konektor tunggal antara mikroprosesor dan motherboard. Soket CPU adalah jenis pemasangan yang hanya digunakan untuk CPU pada motherboard untuk memastikan pemasangan chip sirkuit yang benar.

Socket tersebut memfasilitasi akses CPU dan mencegah kerusakan ketika unit dimasukkan atau dilepas. Soket CPU juga memiliki kunci untuk mencegah pergerakan CPU, dan desainnya membantu mengamankan penempatan unit pendingin di atas CPU.

Sebagian besar PC dan berbagai sistem server memiliki soket CPU. Beberapa laptop dan jenis server tertentu tidak menggunakan soket CPU tetapi memiliki desain prosesor yang sama sekali berbeda. Umumnya, platform soket CPU dikunci untuk pemasangan yang benar.

Soket CPU juga dikenal sebagai slot CPU.

Soket dan prosesor CPU modern didasarkan pada arsitektur pin grid array (PGA). PGA adalah jenis kemasan yang digunakan untuk sirkuit terpadu (IC), seperti mikroprosesor. Ini pada dasarnya kotak dengan pin yang disusun di bawah kemasan. Pin berjarak sekitar 0,1 inci (2,54 mm) terpisah untuk menutupi sebagian atau seluruh bagian bawah paket.

Soket CPU berbentuk seperti kotak atau persegi panjang dan terbuat dari plastik dan kontak logam yang tahan lama dan tahan panas untuk pin atau tanah, di samping kait atau tuas logam. Ratusan lubang kecil menutupi permukaan casing plastik, dan warna plastik biasanya cokelat terang atau merah anggur, tergantung pada produsennya.

Chip dengan jumlah pin-out yang tinggi sering menggunakan soket land grid array (LGA) atau zero insertion force (ZIF).

Soket LGA menerapkan gaya yang kuat dengan pelat permukaan, dan soket ZIF menerapkan gaya kompresi dengan pegangan. Setiap metode memastikan bahwa pada saat pemasangan, pin tidak rusak atau patah.

Soket CPU dirancang khusus untuk CPU tertentu dan biasanya tidak dapat dipertukarkan dengan jenis prosesor lainnya. Dalam banyak kasus, pabrikan mengklasifikasikan soket ke dalam kelompok. Soket dapat diidentifikasi pada sisinya dengan nomor ID tiga-lima digit. Nomor ID memastikan bahwa CPU menggunakan soket CPU yang benar.

Semoga penjelasan kami mengenai Apa Fungsi Socket pada Motherboard ? akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami bahas pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan