Apa Fungsi Slot PCI Express pada Motherboard ?

fungsi-slot-pci-express-pada-motherboard
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai Apa Fungsi Slot PCI Express pada Motherboard secara lengkap sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Fungsi Slot PCI Express

Peripheral Component Interconnect Express, lebih dikenal dengan PCI Express (dan disingkat PCIe atau PCI-E) dan telah menjadi standar pada Motherboard modern sebagai penghubung dengan kartu ekspansi komputer.

PCI-E digunakan sebagai perangkat koneksi dengan motherboard dan juga sebagai antarmuka kartu ekspansi.

Standar baru untuk komputer pribadi disebut PCIe 3.0 yang merupakan salah satu peningkatan dibandingkan pendahulunya dengan menggunakan topologi baru yang memungkinkan transfer data lebih cepat.

Teknologi PCI-E 3.0 baru berbeda dari papan PCI, PCI-X dan AGP sebelumnya dalam banyak hal, antara lain:

  • Komunikasi terdiri dari lalu lintas data dan pesan status yang dipaketkan dan di-depacket.
  • Data dikirim melalui tautan serial point-to-point berpasangan, yang disebut jalur, memungkinkan perpindahan data di kedua arah secara bersamaan dan memungkinkan lebih dari satu pasangan perangkat untuk berkomunikasi secara bersamaan.
  • Slot PCI-E tersedia dari satu hingga 32 jalur dengan kekuatan 2 (1, 2,4, 8 dll). Setiap “jalur” adalah sepasang jalur transfer data, satu untuk transmisi dan satu untuk menerima, dan terdiri dari 4 kabel. Jumlah lajur dalam slot dilambangkan dengan x sebelumnya, mis. x16 menunjuk kartu PCI-E 16 jalur.
  • Bandwidth yang lebih tinggi disediakan oleh pengelompokan saluran – menggunakan beberapa jalur untuk satu perangkat.
  • Serial bus mentransmisikan data lebih cepat daripada bus paralel karena keterbatasan yang terakhir membutuhkan data untuk tiba secara bersamaan di tempat tujuan (Ini berkaitan dengan frekuensi dan panjang gelombang bit tunggal). Dengan bus serial tidak ada persyaratan untuk sinyal datang secara bersamaan.
  • PCI-E mengikuti protokol berlapis yang terdiri dari 3 lapisan: lapisan transaksi, lapisan tautan data, dan lapisan fisik.

Berikut ini adalah laju transmisi dan bandwidth untuk berbagai bus PCI-E. Tarif ini untuk transmisi total di kedua arah, 50% berada di kedua arah:

  • PCI Express 1x 500 MB / s
  • PCI Express 2×1000 MB / s
  • PCI Express 4x 2000 MB / s
  • PCI Express 8x 4000 MB / s
  • PCI Express 16x 8000 MB / s (kartu x16 adalah ukuran terbesar yang umum digunakan.)
  • PCI Express 32×16000 MB / s

Sebagai perbandingan, kartu PCI memiliki bandwidth 132 MB / s; AGP 8x: 2.100 MB / s; USB 2.0: 60 MB / s; IDE: 100 hingga 133 MB / s; SATA: 150 MB / s; SATA II: 300 MB / s; Gigabit Ethernet: 125 MB / s; dan Firewire 800: sekitar. 100 MB / s.

Semoga penjelasan kami mengenai Apa Fungsi Slot PCI Express pada Motherboard ini akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami bahas pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan